Tips Cara menjadi seorang pelaut

Tentang tips-kali ini saya akan menjelaskan bagi agan-agan atau aganwati yang ingin menjadi seorang pelaut.
Mungkin sewaktu kecil ada yang bercita cita menjadi pelaut yang ingin menjelajahi lautan luas ini.
Mungkin ada juga cita cita nya menjadi Nahkoda kapal.jarang juga yang mempunyai cita cita seorang Engineer di kapal.
Semua itu kembali kepada diri masing-masing.

Tapi perlu di ingat untuk menjadi seorang pelaut atau menjadi seorang perwira tidak semudah yang di bayangkan.harus melalui beberapa proses dan pengalaman.

Saya hanya membahas menjadi seorang pelaut lewat jalur umum bukan Taruna dari akademi.
Karena kalo lewat jalur akademi di perlukan biaya yang sangat besar.ya seperti itulah sekiranya.
Memang semua itu ada nilai plus minus nya.jika dari akademi ketika lulus akan menjadi seorang perwira langsung.kalo dari jalur umum harus memulai dari beberapa tahapan seperti menjadi jabatan paling rendah yaitu:
-Wiper/classi
-Oiler/juru minyak
-juru mudi
-Bosun/mandor
Setelah itu jika mempunyai pengalaman kurang lebih 2 tahun sekolah ambil ijasah Att-5 atau Ant-5 dan seterusnya sampai Ant atau Att tingkat 4,3,2,1.
Yang paling tinggi ijasah nya yaitu tingkat 1,2,3.


Baiklah sertifikat yang harus di punyai yaitu:
-Buku pelaut
-Bst
-Scrb
-Mfa
-Aff
-Sat
-Sdsd
-Paspor
Dan sertifikat pendukung lainnya.
Sertifikat tersebut bisa di ambil melalui diklat di kampus:
Pip,Bp2ip,Pertamina-mtc.


  • Cukup sekian informasi dari saya semoga bermanfaat jika ada salah kata harap di maklumi....


Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Tips Cara menjadi seorang pelaut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel