20 Shortcut Keyboard di Windows Yang Paling Sering Digunakan

Keyboard ShortCuts dibandingkan dengan menggunakan mouse atau menavigasi menu, satu pintasan keyboard mampu menghemat waktu tugas Anda. 


Itulah mengapa penting untuk mengetahui pintasan sebanyak mungkin untuk sistem operasi Anda. 

Coba perintah keyboard beberapa kali, dan Anda akan mengetahui seberapa bermanfaatnya melakukan perintah ini. 

Berikut adalah 20 cara pintas keyboard yang sangat diperlukan untuk komputer Microsoft Windows.

Tombol Short Cut Dasar

Ctrl + Z: Undo


Tidak peduli program apa yang Anda jalankan, Ctrl + Z akan memutar kembali tindakan terakhir Anda, apakah Anda baru saja menimpa seluruh paragraf di Word atau menghapus file yang tidak Anda maksudkan. Yang ini adalah penyelamat mutlak.

Ctrl + W: Close

Pintasan lain yang berfungsi di mana saja, Ctrl + W akan menutup apa pun yang Anda lihat. Tutup jendela File Explorer, tab browser, atau buka file gambar tanpa repot-repot mengasah pada tombol tutup.

Ctrl + A: Pilih semua


Perintah ini memungkinkan Anda menyorot semua teks dalam dokumen atau memilih semua file dalam folder. Menerapkan pintasan keyboard dapat menghemat waktu yang seharusnya Anda habiskan mengklik dan menyeret mouse Anda.

Alt + Tab: Beralih aplikasi


ini adalah salah satu cara pintas Windows klasik, dan ini bisa sangat berguna ketika Anda menjalankan banyak aplikasi. semua jendela dengan cepat dengan Alt + Tab.

Alt + F4: Menutup aplikasi


Jalan pintas lainnya, Alt + F4 mematikan atau menutup aplikasi yang aktif. Jangan khawatir kehilangan pekerjaan yang belum disimpan dengan perintah ini.

Ini akan meminta Anda untuk menyimpan dokumen Anda sebelum menutupnya.

Navigasi Windows

Win+D


Tampilkan atau sembunyikan desktop

keyboard ini meminimalkan semua jendela terbuka Anda, menjadikan layar beranda Anda terlihat. 

Jika Anda menyimpan baris dan baris file dan pintasan di desktop, itu akan memungkinkan Anda mengaksesnya dalam beberapa saat.

Win+left arrow atau Win+right arrow: 


hanya membuka layar di satu sisi layar (kiri atau kanan, tergantung pada panah yang Anda tekan). 

Ini memungkinkan Anda untuk membandingkan dua jendela berdampingan dan menjaga ruang kerja Anda teratur.

Win+Tab:
Buka tampilan Tugas

Seperti Alt + Tab, pintasan ini memungkinkan Anda berganti aplikasi, tetapi melakukannya dengan membuka pengalih aplikasi Windows yang diperbarui. Versi terbaru menunjukkan thumbnail dari semua program terbuka Anda di layar.

Tab dan Shift+Tab: 
Bergerak mundur dan maju melalui opsi

Saat Anda membuka kotak dialog, perintah-perintah ini akan meneruskan (Tab) atau mundur (Shift + Tab) melalui opsi yang tersedia, menghemat Anda klik. 

Jika Anda berurusan dengan kotak dialog yang memiliki banyak tab, tekan Ctrl + Tab atau Ctrl + Shift + Tab untuk beralih dari tab ke tab.

Ctrl+Esc:


Buka menu Start

Pintasan ini akan membuka menu Mulai tanpa mouse. Jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan keyboard, Anda juga dapat menavigasi menu Mulai dengan tombol kursor, Tab, dan Shift + Tab.

Trik lanjutan

Ingin mengganti nama file yang disorot? Cukup tekan F2 untuk mempercepat proses. 

Perintah ini juga memungkinkan Anda mengedit teks di program lain — ketuk F2 di Excel, misalnya, untuk mengedit konten sel saat ini.

Saat Anda menjelajahi baris tombol fungsi, lihat F5. Menekan tombol ini akan menyegarkan halaman, trik yang bagus ketika Anda menjalankan File Explorer atau browser web Anda. 

Setelah penyegaran, Anda dapat melihat versi terbaru dari halaman yang Anda lihat.

Win+L:
Kunci komputer Anda

Melangkah menjauh dari komputer Anda sebentar? Pintasan ini mengunci mesin dan mengembalikan Anda ke layar login. 

Pengintai akan membutuhkan kata sandi akun pengguna Anda untuk mendapatkan kembali akses.

Setiap kali Anda ingin mengkonfigurasi cara Windows bekerja, tekan pintasan keyboard ini untuk membuka dialog Pengaturan. 

Atau, gunakan Win + A untuk membuka panel Action Center, yang menampilkan pemberitahuan dan menyediakan akses cepat ke pengaturan tertentu.

Bilah tugas Windows memiliki kotak pencarian praktis yang memungkinkan Anda memilih aplikasi dan file yang disimpan. 

Langsung saja dengan pintasan keyboard ini, lalu ketikkan istilah pencarian Anda.

Win+PrtScn:


Simpan tangkapan layar

Tidak perlu membuka alat tangkapan layar khusus: Menangkan + PrtScn mengambil seluruh layar dan menyimpannya sebagai file PNG di folder Screenshot di dalam folder Pictures Anda. Pada saat yang sama, Windows akan menyalin gambar ke clipboard. Tidak ingin mengambil seluruh layar? Kombinasi Alt + PrtScn akan mengambil tangkapan layar hanya dari jendela yang aktif — tetapi itu hanya akan menyalin gambar ini ke clipboard, sehingga Anda tidak akan mendapatkan file yang disimpan.

Ctrl+Shift+Esc: 


Buka Task Manager

Task Manager adalah jendela Anda ke semua yang berjalan pada sistem Windows Anda, dari program terbuka hingga proses latar belakang. Pintasan ini akan memanggil Pengelola Tugas dari mana pun Anda berada dan aplikasi apa pun yang Anda gunakan.

Win+C: 


Mulai berbicara dengan Cortana

Pintasan ini menempatkan Cortana dalam mode mendengarkan, tetapi sebelumnya Anda harus mengaktifkannya: Buka Cortana dari kotak pencarian bilah tugas, klik ikon roda gigi, dan nyalakan pintasan keyboard. 

Setelah Anda mengaktifkan pintasan, tekan tombol Windows dan C setiap kali Anda ingin berbicara dengan asisten digital. Anda dapat melakukan ini alih-alih, atau sebagai tambahan, mengatakan, "Hei Cortana."

Win+Ctrl+D: 
Tambahkan desktop virtual baru

Virtual desktop membuat layar sekunder tempat Anda dapat menyimpan beberapa aplikasi dan jendela terbuka Anda, yang memberi Anda ruang kerja ekstra. 

Pintasan ini memungkinkan Anda membuat desktop virtual. Kemudian, untuk beralih dari satu desktop ke desktop lain, klik tombol Task View di sebelah kanan kotak pencarian bilah tugas. Atau tetap dengan pintasan: Win + Ctrl + panah akan beralih di antara desktop, dan Win + Ctrl + F4 akan menutup mana saja yang sedang Anda lihat (dan menggeser jendela dan aplikasi Anda yang terbuka ke desktop virtual yang tersedia berikutnya).

Win+X:

Buka menu tersembunyi

Windows memiliki menu Mulai yang tersembunyi, yang disebut menu Tautan Cepat, dengan akses ke semua area utama sistem. 

Dari sini, Anda dapat langsung beralih ke Pengelola Perangkat untuk meninjau dan mengkonfigurasi perangkat keras, seperti printer atau keyboard, yang saat ini terpasang pada sistem. 

Atau Anda dapat dengan cepat membuka jendela command prompt PowerShell untuk mengakses perintah Windows lanjutan. Untuk membuka menu Tautan Cepat, klik kanan pada menu Mulai — atau simpan beberapa saat dengan pintasan Win + X.

Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel