Cara Mengatasi Ponsel Smartphone Yang Lambat atau Lemot

Pasti sangat menyebalkan ketika ponsel yang kita beli dengan uang yang kita simpan tiba-tiba menjadi sangat lambat.


Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena di sini saya akan membagikan beberapa tips agar ponsel Android Anda tidak lambat atau lambat.

Setiap orang yang memiliki ponsel Android pasti mengalami masalah ini, di mana ponsel yang awalnya memiliki kinerja yang sangat baik, bahkan prosesnya sangat canggih dan cepat.

Tapi setelah sekian lamal terasa sangat lambat ya, ini sangat mengganggu kenyamanan Anda.

Biasanya ini terasa benar-benar ketika digunakan untuk membuka Facebook, BBM, line, menonton video di YouTube, berselancar atau menelusuri, terutama ketika bermain game sangat lambat.

Lalu bagaimana Anda mempercepat kinerja ponsel Android anda yang lambat?

Caranya cukup mudah, Anda harus melakukan beberapa cara yang akan saya berikan untuk mengatasi masalah Android yang lambat yang terbukti mempercepat kinerja Android di ponsel saya.

Tetapi sebelum kita memperbaiki ponsel android yang lambat, kita akan lihat dulu, mengapa ponsel Anda bisa sangat lambat.

meskipun saat pertama kali menggunakannya terasa ringan dan membuat Anda berpikir mengapa ponsel ini sangat lambat? Berikut adalah beberapa penyebab Android menjadi lambat.

Faktor Penyebab Ponsel Android menjadi Lambat

Ada banyak faktor yang membuat smartphone android kita lebih lambat. Baik itu karena faktor fisik / fisik maupun penggunaan Anda. Berikut beberapa alasannya:

1. Usia smartphone atau tablet Android sudah tua

Ini wajar saja jika ponsel menjadi sangat lambat karena memang semakin lama kita menggunakannya akan mengurangi "kinerja", apalagi jika ponsel yang kita beli adalah barang bekas.


2. Menginstal Terlalu Banyak Aplikasi

Ini sudah pasti, tidak peduli seberapa canggih ponsel atau tablet Anda ketika ada begitu banyak aplikasi yang diinstal, itu akan sangat memberatkan bagi sistem Anda, serta penggunaan sejumlah besar memori RAM.

Terlebih lagi jika semua aplikasi yang terinstal langsung dijalankan saat startup atau setelah boot, android pertama kali dihidupkan. Tentunya ponsel Anda akan sangat lambat.


3. Terlalu Banyak File Simpan di Memori Internal

Ini sama dengan poin nomor 2, tidak hanya aplikasi dan permainan, tetapi semua file termasuk gambar dari hasil jepretan kamera, video dari kamera, dan file yang diunduh juga biasanya disimpan dalam memori internal.

Ini membuat ponsel jadi lambat karena tidak ada ruang kosong bagi sistem Android untuk membuat kapasitas internal penuh.


4. Pesan SMS dan Log Panggilan Menumpuk

Ini sering kali kita anggap sepele, walaupun efeknya sangat diucapkan, ketika pesan yang masuk entah itu pesan pendek atau pesan multimedia, log panggilan keluar, kita biarkan ini banyak menumpuk.

5. File Data Cache Menumpuk

Ini mungkin banyak yang tidak tahu dan tidak peduli dengan file yang di-cache, walaupun ukurannya bisa sampai beberapa ratus megabite bahkan sampe beberapa giga, saya pernah mengalaminya.

Penyimpanan internal saya penuh, lalu saya lihat di pengaturan penyimpanan ternyata 1,8. Ukuran file cache GB. Tidak heran memori internal saya berwarna merah dan Android sangat lambat.

Oke setelah kita tahu apa yang menyebabkan ponsel android kita menjadi sangat lambat, sekaranglah saatnya kita menyelesaikan masalah dengan cara-cara berikut.

Cara Mengatasi Android yang lambat dengan Mudah

Saya telah menguji sejumlah cara untuk mengatasi android lambat di bawah ini di ponsel saya dan telah terbukti berhasil mempercepat kinerja android saya.

1. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi & Game di Saat Yang Sama

Ini adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan, jangan gunakan banyak aplikasi dan game secara bersamaan.

Hal ini akan menyebabkan Android melambat karena banyaknya proses aplikasi yang berjalan di ponsel Anda.

Terutama aplikasi yang menyedot memori RAM seperti Facebook, chrome, YouTube, dan game HD.

Namun terkadang kita terlalu asyik dengan aktivitas yang kita lakukan di ponsel Android kita.

Jadi bersemangat untuk membuka banyak aplikasi dan lupa untuk tidak menutupnya, segera tekan tombol home dan buka aplikasi lain.

Inilah yang paling sering membuat Android terasa lambat, jadi ketika Anda ingin menggunakan banyak aplikasi, tutup dan buka aplikasi satu per satu.

Boleh saja menggunakan banyak aplikasi dan game, tetapi hanya aplikasi sederhana. Jangan makan terlalu banyak ram yang Anda buka secara bersamaan.


2. Jangan Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi & Game

Ini seperti poin nomor 1, semakin banyak aplikasi yang diinstal juga akan menyebabkan android menjadi lambat.

Cukup pilih dan instal aplikasi atau game yang Anda butuhkan, jangan karena Anda ingin terlihat keren dengan berbagai aplikasi di ponsel Anda.

Maka Anda akan menginstal aplikasi yang terkadang Anda tidak benar-benar butuhkan. Saran saya hapus dan jangan instal jika Anda tidak membutuhkannya.


3. Jangan Simpan File di Memori Internal Android

Biasanya file tersebut adalah foto atau video dari kamera dan semua file diperoleh dari unduhan yang disimpan dalam folder Unduhan.

Anda dapat memindahkannya ke memori Kartu SD eksternal. Anda juga dapat mengatur kamera untuk disimpan ke memori eksternal.

Juga di browser android atau chrome untuk menyimpan hasil yang diunduh di SD Card.


4. Hapus Data Tembolok pada Memori Internal

Saya telah membahas di atas bahwa file cache pada memori internal sangat banyak, jadi jika diizinkan untuk mengambil ruang penyimpanan yang sangat banyak.

bagi Anda untuk selalu memeriksa dan menghapus cache Android Anda, cara membuka menu Pengaturan »Penyimpanan & USB» Penyimpanan Internal »Data cache» Hapus data cache? "BAIK. Selesai!


5. Jangan Biarkan SMS & Log Panggilan Menumpuk

Ini sudah dibahas di atas, jangan biarkan sms menumpuk hingga ratusan atau bahkan ribuan teks yang menumpuk di ponsel Anda.

Saya yakin Anda tidak pernah memikirkannya, jangan meremehkannya karena itu juga bisa membuat Android lambat.


6. Jangan Gunakan live wallpaper

Jangan aneh, jika itu membuat Android lambat, Anda tidak perlu menggunakan wallpaper animasi.

Itu memang terlihat lebih menarik dan keren, tetapi tanpa disadari, itu membuat kinerja Android lebih lambat.


7. Matikan GPS saat tidak digunakan

Jangan nyalakan GPS terus-menerus, karena selain menguras baterai, GPS juga membuat Android terasa panas dan lambat.

Aktifkan ketika Anda membutuhkannya, seperti saat bepergian untuk menemukan tujuan menggunakan GPS google maps


8. Jangan Menggunakan Rotasi Otomatis Saat Tidak Dibutuhkan

Fitur rotasi layar adalah mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan layar horizontal dan vertikal secara otomatis.

Namun, disarankan untuk tidak mengaktifkan fitur ini jika Anda jarang menggunakannya.

Anda hanya dapat mengaktifkan fitur putar otomatis jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Namun, jika Anda tidak benar-benar membutuhkan fitur ini, maka fitur ini harus dinonaktifkan untuk membantu mempercepat kinerja perangkat Android Anda.


9. Jangan Menggunakan Kecerahan Otomatis

Fitur kecerahan otomatis ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan sensor cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda.

Dengan fitur Auto Brightness, intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya yang ada di sekitar kita. Selain bisa membuat Android lebih lambat.

Kelemahan lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.

Jadi, jangan menginstal banyak widget di ponsel Anda. Cukup lampirkan yang penting. Kalau saya pribadi malah tidak menggunakan widget sama sekali. Dengan begitu proses pemuatan data akan lebih cepat.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

2 Responses to "Cara Mengatasi Ponsel Smartphone Yang Lambat atau Lemot"

SABILISLOW said...

penting menjaga kesehat hp

Satria said...

Terimakasih sudah mampir gan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel