Manfaat Sehat Buah Semangka

Tidak Hanya Menyegarkan, Manfaat Sehat Buah Semangka Yang Sangat Istimewa. Semangka sebagian besar air sekitar 92 persen tetapi buah yang menyegarkan ini di lengkapi dengan berbagai nutrisi.


Manfaat Sehat Buah Semangka, Setiap gigitan berair memiliki kadar vitamin A, B6 dan C yang signifikan, banyak likopen, antioksidan, dan asam amino. Bahkan ada sejumlah kecil potasium. Plus, camilan musim panas yang bebas lemak, sangat rendah sodium dan hanya 40 kalori per cangkir.

"Makanan yang tinggi antioksidan dan asam amino memungkinkan tubuh Anda akan berfungsi secara optimal," kata Angela Lemond, ahli gizi dan juru bicara terdaftar dari Plano, Texas Academy of Nutrition and Dietetics. "Antioksidan membantu mencegah kerusakan, dan kanker. Asam amino adalah bahan pembangun dasar untuk protein, dan protein digunakan di hampir setiap fungsi vital dalam tubuh."

Para ilmuwan telah memperhatikan tingkat likopen semangka yang tinggi - sekitar 15 hingga 20 miligram per porsi 2 cangkir.

Lycopene adalah fitonutrien, yang merupakan senyawa alami dalam buah-buahan dan sayuran yang bereaksi dengan tubuh manusia untuk memicu reaksi sehat. Ini juga merupakan pigmen merah yang memberikan warna semangka, tomat, jeruk bali merah dan jambu biji.

Likopen telah dikaitkan dengan kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan pencegahan kanker prostat. Ini juga merupakan antioksidan kuat yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi, menurut Victoria Jarzabkowski, ahli gizi dengan Fitness Institute of Texas di The University of Texas di Austin.

Untuk memaksimalkan asupan likopen Anda, biarkan semangka Anda telah matang sepenuhnya. Semakin merah semangka Anda, semakin tinggi konsentrasi likopen. Kandungan beta-karoten dan fenolik antioksidan juga meningkat ketika semangka sudah matang. Beta karoten adalah antioksidan yang ditemukan dalam buah dan sayuran merah-oranye. Ini membantu dengan kekebalan, kulit, mata dan pencegahan kanker.

Sebuah studi 2011 dalam Journal of Food Composition and Analysis yang menyelidiki lima jenis semangka pada empat tahap pematangan menemukan bahwa semangka mentah dengan daging putih terutama memiliki hampir nol beta-karoten. Pada saat sudah sepenuhnya merah, buah telah menjadi sumber fitonutrien yang sangat baik.

Citrulline adalah asam amino berharga yang dikonversi menjadi asam amino arginin. Asam amino ini meningkatkan aliran darah, yang mengarah ke kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi, dan menurut penelitian di Texas A&M University, peningkatan disfungsi ereksi (Anda mungkin harus makan banyak buah untuk mendapatkan efek seperti Viagra) .

Studi terbaru telah menemukan bahwa biji semangka juga sangat bergizi, terutama jika mereka tumbuh dan dikupas. Mereka tinggi protein, magnesium, vitamin B dan lemak baik, menurut analisis oleh International Journal of Nutrition and Food Sciences.

Berikut adalah fakta nutrisi untuk 


Kandungan Nutrisi

Ukuran penyajian: 2 gelas potong dadu (10 oz / 280 g)

Kalori: 80 (Kalori dari Lemak 0)

Jumlah per penyajian (dan% DV *)

* Nilai Harian Persen (% DV) didasarkan pada diet 2.000 kalori.

Total Lemak: 0g (0%)

Total Karbohidrat: 21g (7%)

Serat Makanan: 1g (4%)

Gula: 20g

Kolesterol: 0mg (0%)

Sodium: 0mg (0%)

Kalium: 270mg (8%)

Protein: 1g

Vitamin A: (30%)

Vitamin C: (25%)

Kalsium: (2%)

Besi: (4%)

Manfaat Sehat Buah Semangka

1. Kesehatan jantung



Tingkat tinggi likopen semangka sangat efektif melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurut sebuah penelitian di Purdue University. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak semangka membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang gemuk.

Semangka mungkin sangat penting bagi wanita yang lebih tua. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Menopause menemukan bahwa wanita pascamenopause, kelompok yang diketahui mengalami peningkatan kekakuan aorta, yang mengonsumsi ekstrak semangka selama enam minggu mengalami penurunan tekanan darah dan kekakuan arteri dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ekstrak semangka. Para penulis penelitian mengaitkan manfaatnya dengan citrulline dan arginine.

Arginin dapat membantu meningkatkan aliran darah dan dapat membantu mengurangi akumulasi lemak berlebih.


2. Sifat anti-inflamasi 



"Likopen dalam semangka menjadikannya buah anti-inflamasi," kata Jarzabkowski. Likopen merupakan penghambat berbagai proses inflamasi dan juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas. Selain itu, semangka mengandung kolin, yang membantu menjaga peradangan kronis turun, menurut sebuah artikel 2006 yang diterbitkan dalam jurnal medis Shock.

Mengurangi peradangan tidak hanya baik untuk orang yang menderita radang sendi. "Ketika Anda sakit, Anda mengalami kerusakan sel, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk stres, merokok, polusi, penyakit, dan tubuh Anda menjadi meradang," kata Jarzabkowski. "Ini disebut 'peradangan sistemik.'" Dengan cara ini, makanan anti-inflamasi dapat membantu dengan kekebalan keseluruhan dan kesehatan umum.


3. Mencegah Dehidrasi



Semangka membantu dengan hidrasi keseluruhan, dan itu adalah hal yang hebat, "kata Lemond." Mereka mengatakan kita bisa mendapatkan 20-30 persen dari kebutuhan cairan kita melalui diet kita sendiri, dan makanan seperti ini tentu saja membantu. "Selain itu, jus mereka penuh elektrolit yang baik. Ini bahkan dapat membantu mencegah serangan panas.


4. Pencernaan



Semangka mengandung serat, yang mendorong saluran pencernaan yang sehat dan membantu Anda tetap teratur.


5. Manfaat kulit dan rambut



Vitamin A sangat baik untuk kulit Anda, dan hanya secangkir semangka mengandung hampir seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin A membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab, dan juga mendorong pertumbuhan kolagen dan sel elastin yang sehat, menurut Klinik Cleveland. Vitamin C juga bermanfaat dalam hal ini, karena mempromosikan pertumbuhan kolagen yang sehat.


6. Mencegah Nyeri otot & performa atletik



Atlet yang mencintai semangka beruntung: minum jus semangka sebelum latihan yang intens membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung pada hari berikutnya, menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Ini dapat dikaitkan dengan asam amino semangka citrulline dan arginine, yang membantu meningkatkan sirkulasi.


Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa citrulline semangka juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Partisipan studi yang menggunakan suplemen citrulline melihat peningkatan kinerja dengan produksi daya yang lebih banyak dalam latihan intensitas tinggi seperti bersepeda dan berlari.


7. Pencegahan kanker



Seperti buah-buahan dan sayuran lain, semangka dapat membantu mengurangi risiko kanker melalui sifat antioksidannya. Lycopene khususnya telah dikaitkan dengan mengurangi proliferasi sel kanker prostat, menurut National Cancer Institute.


Buah semangka Jika dimakan dalam jumlah yang wajar, semangka seharusnya tidak menghasilkan efek samping yang serius. Namun, jika Anda makan banyak buah setiap hari, Anda mungkin mengalami masalah karena terlalu banyak likopen atau kalium.


Konsumsi lebih dari 30 mg likopen setiap hari berpotensi menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan dan kembung, menurut American Cancer Society.


Orang dengan hiperkalemia serius, atau terlalu banyak kalium dalam darahnya, mungkin tidak boleh mengonsumsi lebih dari satu cangkir semangka sehari, yang mengandung kurang dari 140 mg kalium. Menurut National Institutes of Health, hiperkalemia dapat mengakibatkan detak jantung tidak teratur dan masalah kardiovaskular lainnya, serta berkurangnya kontrol otot.


Memasukkan makanan padat air seperti semangka bisa menggoda bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena semangka membantu Anda merasa kenyang. "Makan lebih banyak buah dan sayuran dalam bentuk apa pun secara alami membantu mengurangi keseluruhan kalori (energi) dari makanan, Kita tahu bahwa orang yang mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah lebih tinggi biasanya memiliki berat badan yang lebih sehat. Namun, tidak di anjurkan hanya makan semangka ... Anda akan menurunkan berat badan, tetapi berat itu sebagian besar adalah otot.


Para pecinta semangka untuk memperhatikan asupan gula mereka. "Meskipun gula semangka secara alami terjadi, [semangka] masih relatif tinggi gula.


Cara yang terbaik adalah selalu memvariasikan pilihan Anda. "Semangka adalah makanan yang menghidrasi dengan baik, jadi simpanlah bersama dengan makanan nabati lain yang menawarkan manfaat lain. Varietas selalu menjadi kunci."


Nah itulah tentang beberapa fakta manfaat semangka yang menyehatkan.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel