Manfaat Sehat Buah Manggis

Manggis kaya akan antioksidan dan xanthones, dan manfaat kesehatan yang kuat dari buah tropis termasuk kemampuannya untuk melawan kanker dan meningkatkan kesehatan jantung.


Manfaat Sehat Buah Manggis, Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang kuat, yang membantu dalam memberikan bantuan dari diare, disentri, sariawan, dan infeksi saluran kemih. Manggis juga membantu mengatur siklus menstruasi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Apa itu Manggis?


Manggis adalah buah ungu kemerahan atau gelap dengan daging putih berair, yang populer di Thailand. Hal ini dikenal sebagai ratu buah karena rasanya yang enak. Tanaman manggis (Garcinia mangostana) mungkin berasal dari Thailand atau Myanmar (sebelumnya Burma). [1] Selama bertahun-tahun, telah dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Singapura, Sri Lanka, dan India. Buah ini memiliki sifat melawan kanker dan di banyak negara Asia Tenggara, kulit kayu dan daun tanaman serta kulit buah yang kaya pektin juga digunakan untuk manfaat pengobatan mereka.

Kandungan Nutrisi Buah Manggis:

Ukuran Porsi: 100 g

Nilai Nutrient Air [g] 80,94 

Energi [kkal] 73 

Protein [g] 0,41 

Total lipid (lemak) [g] 0,58 

Karbohidrat, dengan perbedaan [g] 17,91

Serat, makanan total [g] 1.8 

Kalsium, Ca [mg] 12 

Besi, Fe [mg] 0,3 

Magnesium, Mg [mg] 13
Fosfor, P [mg] 8
Kalium, K [mg] 48 

Sodium, Na [mg] 7 

Seng, Zn [mg] 0,21

Sumber: USDA


Fakta Gizi Manggis

Manggis adalah buah yang kaya antioksidan, terutama dikenal karena kehadiran xanthones dalam pulp putihnya. Xanthone adalah polifenol, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik, menurut penelitian yang dilakukan oleh The Ohio State University, Columbus, AS. Seperti vitamin A, vitamin B6, tiamin, niasin, riboflavin, folat, vitamin C, kalium, dan seng sesuai dengan Database Nutrien Nasional USDA. Mineral lain seperti kalsium, magnesium, natrium, fosfor, karoten, dan cryptoxanthin juga ditemukan di dalamnya. Jus manggis merupakan sumber antioksidan yang kaya dan seringkali memiliki minuman anti penuaan.

Manfaat Sehat Buah Manggis:

Ratu buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan, yang terbaik disebutkan di bawah ini.

 1. Anti kanker.



Pericarps manggis mengandung xanthone yang menunjukkan efek anti-kanker, anti-inflamasi, dan anti-bakteri. Santon menghambat pertumbuhan sel pada kanker usus besar manusia dan sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, mereka menunjukkan potensi untuk dikembangkan sebagai agen untuk mencegah kanker atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat anti-kanker untuk efek menguntungkan.

2. Mengobati Diare & Disentri.



Buah dan kulit manggis efektif dalam memberikan bantuan dari gangguan lambung seperti diare dan disentri. Obat tradisional untuk diare adalah merendam kulit buah dalam air semalaman. Ramuan ini diberikan kepada orang dewasa dan anak-anak yang mengalami diare kronis. Untuk bantuan dari disentri, buah dan kulit kering bubuk dan diambil.

3. Anti-inflamasi.



Telah digunakan sebagai agen anti-inflamasi selama bertahun-tahun di negara-negara Asia Tenggara. Ekstrak manggis memiliki sifat anti-alergi dan anti-inflamasi dan mereka menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh. Sebuah penelitian oleh Dr. Fabiola Gutierrez-Orozco, Universitas Negeri Ohio, Columbus, mengonfirmasi properti ini.

4. Merawat kulit.



Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan anti-oksidan dari manggis membantu dalam mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri. Penelitian telah dilakukan untuk memastikan berbagai manfaat buah ini pada kulit. Sebuah studi yang dikutip dalam jurnal Food and Chemical Toxicology menunjukkan bahwa manggis memiliki sifat yang dapat mencegah kanker kulit.

5. Meningkatkan Kekebalan.



Manggis kaya akan nutrisi, mineral, vitamin, dan santon yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Sebagai Antioksidan.



Manggis diketahui mengandung antioksidan kuat, yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh dan seluruh tubuh. Antioksidan ini mengandung penguat sel yang disebut xanthone, yang mengandung berbagai sifat yang memiliki nilai obat. Ini adalah alasan mengapa itu disebut buah penyembuhan dan dapat digunakan untuk membalikkan efek penyakit. Zhuohong Xie et al., Pengujian Kimia Internasional, Massachusetts, dalam sebuah penelitian menunjukkan konsumsi harian minuman manggis meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

7. Mempercepat Penyembuhan.
Manggis, dengan sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, bermanfaat sebagai minuman obat dan untuk penyembuhan luka dengan cepat. Daun dan kulit pohon dapat dicampur dengan tanaman obat lain dan dioleskan pada luka untuk pemulihan yang lebih cepat. Minuman obat dapat disiapkan dengan merebus daun dan kulit pohon.

8. Mengurangi Masalah Menstruasi.
Akar manggis membantu dalam mengatur siklus menstruasi pada wanita. Ini juga memudahkan gejala yang sering terjadi sebelum menstruasi dan membuat sulit bagi wanita untuk melakukan rutinitas mereka.

9. Astringent.
Kulit dan daun pohon manggis menunjukkan sifat astringen dan bermanfaat dalam menyembuhkan sariawan atau aphtha, yang merupakan luka kecil dan dangkal di dasar gusi.

10. Melindungi Kesehatan Jantung.


Manggis sangat membantu dalam mengurangi risiko stroke atau infark miokard. Temuan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Biokimia dan Molekul Toksikologi menunjukkan efek kardioprotektif manggis pada sistem pertahanan jaringan antioksidan dan peroksidasi lipid selama stroke.

11. Mengontrol Diabetes.



Tentang penggunaan manggis untuk membantu diabetes, karena efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

12. Penurunan berat badan.


Menambahkan manggis dalam menu diet sangat efektif dalam penurunan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah tropis ini juga memastikan kesehatan yang baik.


nah itulah beberapa dari manfaat buah manggis yang harus kita ketahui.

Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel