Mengupas Tuntas Manfaat, Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Tin

Mengupas Tuntas Manfaat, Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Tin. Buah Tin atau Ara banyak dan termasuk penggunaannya dalam pengobatan disfungsi seksual, sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk, bronkitis, dan asma.


Buah Tin atau Ara juga digunakan sebagai cara cepat dan sehat untuk menambah berat badan setelah menderita penyakit.

Mengupas Tuntas Manfaat, Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Tin. Apa itu buah tin? Buah tin atau ara adalah buah manis dengan banyak biji dan kulit lunak, yang dapat dimakan matang atau dikeringkan. Buah tin juga disebut permen alami karena tinggi gula alami.

Buah Tin adalah buah dari pohon ara (Ficus), yang merupakan anggota keluarga mulberry, biasanya ditemukan di Asia. Di India, buah ini disebut anjeer. Berbagai varietas buah dapat memiliki warna yang berbeda dari ungu, merah, hijau, dan kuning keemasan. Jenis buah ara yang paling populer meliputi:

Bentuk kering buah tin mudah tersedia hampir di mana-mana, sepanjang tahun. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of American College of Nutrition, buah, terutama yang dikeringkan, harus ditambahkan dalam diet reguler karena tingginya kadar antioksidan fenol, serat, dan nutrisi.

"Mengupas Tuntas Manfaat, Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Tin"

Penggunaan Buah tin atau ara manis dan lembut dan pasta mereka sering digunakan sebagai pengganti gula. Penyebaran buah tin digunakan sebagai pilihan yang lebih sehat daripada sirup jagung dan sukrosa. Ini dimasukkan ke dalam pai, puding, kue, berbagai macam makanan yang dipanggang, dan diawetkan. Buah ara dianggap sebagai camilan sehat.


Kandungan Nutrisi Buah Ara, Mentah

Nilai Nutrient Air [g] 79.11 

Energi [kkal] 74 

Protein [g] 0,75 

Total lipid (lemak) [g] 0,3 

Karbohidrat, berdasarkan perbedaan [g] 19,18 

Serat, makanan total [g] 2.9 

Gula, total [g] 16,26 

Kalsium, Ca [mg] 35 

Besi, Fe [mg] 0,37 

Magnesium, Mg [mg] 17 

Fosfor, P [mg] 14 

Kalium, K [mg] 232 

Sodium, Na [mg] 1 

Seng, Zn [mg] 0,15 

Vitamin C, asam askorbat total [mg] 2 

Thiamin [mg] 0,06
Riboflavin [mg] 0,05 

Niasin [mg] 0,4 

Vitamin B-6 [mg] 0,11 

Folat, DFE [µg] 6 

Vitamin B-12 [µg] 0 

Vitamin A, RAE [μg] 7 

Vitamin A, IU [IU] 142 

Vitamin E (alfa-tokoferol) [mg] 0,11 

Vitamin D (D2 + D3) [ug] 0 

Vitamin D [IU] 0
Vitamin K (phylloquinone) [ug] 4.7 

Asam lemak, total jenuh [g] 0,06 

Asam lemak, total tak jenuh tunggal [g] 0,07 
Asam lemak, total tak jenuh ganda [g] 0,14 

Asam lemak, total trans [g] 0 

Kolesterol [mg] 0

Kafein [mg]

Kandungan Nutrisi

Buah Tin kaya akan serat, magnesium, mangan, vitamin B6, kalium, dan kalsium, menurut USDA National Nutrient Database. Mereka meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan tekanan darah.

Buah Tin kering mengandung asam lemak fenol, omega-3, dan omega-6 yang membantu meningkatkan kesehatan.


Manfaat Sehat Buah Tin:
Buah Tin memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Mari kita bahas secara rinci di bawah ini.

1. Menurunkan Berat Badan.



Serat dalam buah ara membantu mengurangi berat badan dan sering direkomendasikan untuk orang gemuk. Menurut sebuah studi oleh Journal of American College of Nutrition, buah-buahan kering, terutama buah ara, adalah sumber nutrisi yang nyaman dan unggul.

Namun, jumlah kalori tinggi mereka juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Beberapa buah tin cukup untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang disarankan, jadi jangan berlebihan.

2. Obati Disfungsi Seksual.



Selama berabad-abad, buah ara telah direkomendasikan sebagai cara untuk mengurangi masalah disfungsi seksual termasuk sterilitas, daya tahan rendah atau disfungsi ereksi. Buah manis, berkulit tipis telah menjadi bagian utama dari mitologi dan budaya, dan sebagian besar, mereka disebut sebagai kesuburan yang kuat atau suplemen seksual.

3. Mengontrol Tekanan Darah.



Orang biasanya mengonsumsi natrium dalam bentuk garam, tetapi kalium rendah dan kadar natrium tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Buah ara tinggi kalium dan rendah natrium, sehingga mereka merupakan pertahanan sempurna terhadap efek hipertensi. Mengurangi tekanan darah Anda dapat membantu relaksasi, menenangkan saraf, dan membawa ketenangan pada hari Anda.

4. Perkuat Tulang.



Studi mengatakan bahwa buah ara kaya akan kalsium, yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Mereka juga kaya akan fosfor, yang mendorong pembentukan tulang dan memacu pertumbuhan kembali jika ada kerusakan atau degradasi pada tulang. Selai ara juga merupakan cara yang lezat untuk mendapatkan dosis kalsium dan drastis - nilai tambah yang besar bagi mereka yang menderita penyakit ini.

5. Kontrol Diabetes.



American Diabetes Association merekomendasikan anjeer sebagai suguhan serat tinggi yang membantu meningkatkan kontrol fungsional diabetes. Daun ara mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh pasien diabetes yang harus secara teratur mengambil suntikan insulin. Mereka kaya akan kalium, yang membantu mengatur jumlah gula yang diserap tubuh setelah makan. Potasium dalam jumlah besar dapat memastikan lonjakan dan penurunan gula darah lebih jarang.

6. Sebagai Antioksidan.



Seperti disebutkan, buah ara merupakan sumber polifenol yang kaya. Polifenol adalah antioksidan yang melindungi tubuh manusia dari stres oksidatif. Selain itu, daun ara memiliki efek penghambatan pada trigliserida, membuat jumlah keseluruhannya turun. Trigliserida adalah faktor utama lain di balik berbagai penyakit jantung.

7. Cegah Sembelit.
Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh tim peneliti dari The University of Scranton, AS, buah-buahan seperti buah ara mengandung jumlah serat yang baik. Serat konsentrasi tinggi ini membantu meningkatkan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah sembelit. Serat berfungsi untuk menambah massa dan massa pada pergerakan usus, sehingga tidak hanya mencegah sembelit tetapi juga menghilangkan diare dan pergerakan usus yang tidak sehat atau tidak teratur.

8. Kadar Kolesterol Lebih Rendah.
Buah ara mengandung pektin, serat larut yang merangsang pergerakan usus yang sehat. Mereka dapat memiliki efek pencahar, seperti yang disebutkan karena mereka adalah salah satu makanan padat serat yang tersedia. Ketika serat bergerak melalui saluran pencernaan, ia membersihkan kelebihan rumpun kolesterol dan membawanya ke sistem ekskretoris untuk dihilangkan dari tubuh. Menurut penelitian tentang pektin, itu juga terkait dengan menurunkan kadar kolesterol dan aktivitas antikanker.

9. Kurangi Gejala Alzheimer.
Buah ara dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk meredakan peradangan saraf. Sebuah penelitian pada hewan yang dilakukan oleh Prof. Guillemin GJ, Ilmu Saraf, Departemen Ilmu Biomedis, Pusat Riset Penyakit Neuron Motor Universitas Macquarie, telah mengungkapkan bahwa buah ini mampu mengurangi peradangan sitokin selama penuaan. Dengan kata lain, itu memiliki efek menguntungkan pada penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer untuk manusia.

10. Obati Bronkitis.
Bahan kimia alami dalam daun ara membuatnya menjadi komponen yang ideal untuk pangkalan teh. Teh daun ara telah populer diresepkan untuk berbagai kondisi pernapasan seperti bronkitis dan juga digunakan sebagai cara untuk mencegah dan mengurangi gejala asma.

11. Cegah Kehilangan Kalsium.
Orang yang mempertahankan diet tinggi natrium dapat dipengaruhi oleh peningkatan kehilangan kalsium urin. Kandungan kalium yang tinggi pada buah ara membantu menghindari kondisi itu dan mengatur kandungan limbah dalam urin Anda, menurut The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Ini meminimalkan kehilangan kalsium sambil semakin menghilangkan jumlah asam urat dan racun berbahaya lainnya dari tubuh Anda.

12. Mencegah Degenerasi Makula.
Penyebab utama kehilangan penglihatan di kalangan orang tua adalah degenerasi makula. Buah ara organik baik dalam membantu Anda menghindari gejala penuaan yang umum ini.

13. Meringankan Sakit Tenggorokan.
Kandungan lendir yang tinggi pada buah ara membantu menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan. Sifat buah-buahan ini yang menenangkan dan jus alami mereka dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara juga.

14. Kesehatan Kulit & Rambut.
Buah ara kaya akan flavonoid dan polifenol, yang merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Mereka memiliki tingkat alkana yang tinggi dan karenanya, membantu mengatur pH tubuh. Buah-buahan digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

Manfaat lain Buah Tin adalah alat bantu pencernaan yang efektif dan dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan pencahar dan juga rendah lemak dan gula. Mereka membantu dalam merawat berbagai kondisi kesehatan yang meliputi:
  • Gangguan pernapasan seperti batuk rejan dan asma 
  • Sembelit, gangguan pencernaan, sakit perut, dan berbagai kondisi usus lainnya Demam
  • Sakit telinga 
  • Bisul
  • Abses
  • Penyakit hati

Peringatan: Mengkonsumsi terlalu banyak buah tin dapat menyebabkan diare. Selain itu, bentuk kering mengandung gula yang tinggi dan berpotensi menyebabkan kerusakan gigi. Juga, ada orang yang alergi terhadap buah tin atau komponen kimia tertentu di dalamnya, dan reaksi alergi yang dihasilkan bisa ringan hingga berat. Seperti biasa, sebelum melakukan perubahan besar dalam diet Anda, bicarakan dengan dokter Anda.

Sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan dalam beberapa minggu pertama menjelang pembedahan karena terkadang dapat menyebabkan pendarahan pada saluran pencernaan pada orang yang sensitif.


nb: Postingan yang ada di blog ini hanyalah sebuah informasi saja. untuk informasi yang lebih lanjut silahkan konsultasikan dengan dokter anda. Informasi ini di dapatkan dari berbagai sumber yang di rangkum.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel