Manfaat Buah Pisang, Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Bila Kebanyakan Makan Pisang

Pisang sangat sehat dan lezat. Buah Pisang mengandung beberapa nutrisi penting dan memberikan manfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung dan penurunan berat badan. Selain sangat bergizi, pisang juga merupakan makanan ringan yang sangat enak rasanya.


Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia karena alasan yang baik. Makan pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker dan asma.

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Bila Kebanyakan Makan Buah Pisang
Saat ini, pisang ditanam di setidaknya di 107 negara. Hampir setiap Orang mengonsumsi lebih banyak pisang daripada apel dan jeruk. Dengan sering mengkonsumsi begitu banyak pisang, tidak mengherankan jika kadang muncul suatu pertanyaan: apakah pisang baik untuk Tubuh?

Artikel ini
akan membahas potensi manfaat kesehatan pisang, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan keteraturan. Ini juga memeriksa kemungkinan risiko kesehatan yang terkait dengan mereka.

Fakta Tentang Pisang



• Pisang kaya akan kalium dan serat.

• Pisang dapat membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah pencernaan.

• Orang yang menggunakan beta blocker seharusnya tidak tiba-tiba meningkatkan asupan pisang.

Kandungan Nutrisi Pisang

Ukuran Porsi:

Nilai Nutrient

Air [g] 74,91

Energi [kkal] 89

Protein [g] 1,09

Total lipid (lemak) [g] 0,33

Karbohidrat, berdasarkan perbedaan [g] 22,84

Serat, makanan total [g] 2.6

Gula, total [g] 12,23

Kalsium, Ca [mg] 5

Besi, Fe [mg] 0,26

Magnesium, Mg [mg] 27

Fosfor, P [mg] 22

Kalium, K [mg] 358

Sodium, Na [mg] 1

Seng, Zn [mg] 0,15

Vitamin C, asam askorbat total [mg] 8,7

Thiamin [mg] 0,03

Riboflavin [mg] 0,07

Niasin [mg] 0,67

Vitamin B-6 [mg] 0,37

Folat, DFE [μg] 20

Vitamin B-12 [µg] 0

Vitamin A, RAE [μg] 3

Vitamin A, IU [IU] 64

Vitamin E (alfa-tokoferol) [mg] 0,1

Vitamin D (D2 + D3) [ug] 0

Vitamin D [IU] 0

Vitamin K (phylloquinone) [ug] 0,5

Asam lemak, total jenuh [g] 0,11

Asam lemak, total tak jenuh tunggal [g] 0,03

Asam lemak, total tak jenuh ganda [g] 0,07

Asam lemak, total trans [g] 0

Kolesterol [mg] 0

Kafein [mg] 0

Sumber termasuk: USDA

Manfaat Sehat Buah Pisang:

Di bawah ini tercantum kemungkinan manfaat kesehatan yang terkait dengan pisang. Penting untuk dicatat bahwa lebih banyak penelitian berkualitas tinggi diperlukan sebelum hubungan manfaat kesehatan ini terbukti definitif.

1. Mengatur Tekanan Darah.



Penelitian yang dilakukan di Hypertension Institute, AS menyatakan bahwa potasium memainkan peran kunci dalam mengelola tingkat tekanan darah yang sehat.


Karena pisang merupakan sumber kalium yang kaya, pisang membantu mengurangi tekanan darah. Potasium membantu meredakan ketegangan di arteri dan vena, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dan memberi oksigen pada berbagai organ untuk meningkatkan fungsinya.


Ini dapat membantu menghilangkan aterosklerosis dan stroke serta serangan jantung selanjutnya yang sering dikaitkan dengannya.

Serat dalam pisang juga mengikis kelebihan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah dan selanjutnya mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.


2. Meredakan Gejala Asma.



Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 di Institut Jantung dan Paru Nasional, Imperial College London, London, Inggris, pisang dapat melindungi anak-anak dari batuk dan banyak gejala asma yang terkait.


3. Mengatasi Masalah Sembelit.



Pisang mengandung serat makanan dalam jumlah yang signifikan dan karenanya membantu pergerakan usus halus.


Serat itu menenangkan proses ekskresi dan meringankan seseorang dari sembelit. Studi menunjukkan bahwa pisang juga membantu dalam mengobati gangguan terkait lambung lainnya.


4. Membantu Penderita Diabetes.



Sebuah penelitian yang dilakukan di Departemen Kedokteran dan Radiologi, Universitas Negeri New York, telah mengungkapkan bahwa pektin, dalam pisang, dikatakan sebagai nutrisi yang membantu meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.


Pisang menyediakan sekitar 3 gram serat makanan, yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe-1 dan tipe-2. Penderita diabetes tipe-1 mungkin telah menurunkan kadar glukosa darah dan tipe-2 mungkin telah meningkatkan kadar glukosa darah.

5. Mempertahankan Daya Ingat dan Meningkatkan Mood.



Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, asam amino triptofan dan antioksidan seperti dopamin, dalam pisang, memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati dan menjaga daya ingat. Selain itu, magnesium membantu mengendurkan otot dan vitamin B6 membantu Anda tidur nyenyak.


6. Mencegah Masalah Anemia.



Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Olga P. García, Universitas Otonom Queretaro, Meksiko, menyatakan bahwa pisang mengandung kandungan zat besi yang tinggi dan, oleh karena itu, pisang membantu dalam mengobati anemia karena zat besi adalah bagian penting dari sel darah merah.


Pisang juga memiliki kandungan tembaga yang signifikan, yang merupakan elemen penting dalam pembentukan sel darah merah.


Pisang juga memiliki kandungan tembaga yang signifikan, yang merupakan elemen penting dalam pembentukan sel darah merah.


Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah Anda, Anda tidak hanya mencegah anemia, tetapi Anda juga dapat meningkatkan sirkulasi ke seluruh bagian tubuh, sehingga memberi oksigen pada mereka dan mengoptimalkan fungsinya.


7. Menurunkan Berat Badan.



Pisang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena satu pisang memiliki sekitar 90 kalori saja. Mereka mengandung banyak serat juga dan mudah dicerna.


Selain itu, mereka tidak mengandung lemak. Oleh karena itu, orang yang kelebihan berat badan tidak harus makan terlalu banyak jika diet mereka mengandung pisang karena mereka sangat mengenyangkan.


Serat tersebut juga tidak akan membuat orang merasa lapar dengan menghambat pelepasan hormon lapar, ghrelin.


Ini akan mengurangi makan berlebih dan juga membantu penurunan berat badan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 juga menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu dalam penurunan berat badan.


8. Memperkuat Tulang.



Kehadiran fructooligosaccharide, suatu prebiotik, adalah bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan kita yang meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh.


Pisang juga terkait dengan peningkatan penyerapan kalsium. Kalsium adalah unsur terpenting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang di dalam tubuh. Ini mengurangi kemungkinan kita terkena osteoporosis dan kelemahan alami.


9. Sebagai anti-inflamasi.
Penelitian kolektif di Departemen Farmasi, Universitas Aston, Birmingham, Inggris dan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Olahraga, Universitas London Utara, Inggris, menunjukkan bahwa senyawa di dalam pisang bersifat anti-inflamasi, yang berarti bahwa mereka dapat mengurangi pembengkakan, peradangan, dan iritasi dari kondisi seperti radang sendi dan asam urat.


10. Meningkatkan Pengelihatan Mata.



Pisang, seperti banyak buah-buahan lainnya, dikemas dengan antioksidan dan karotenoid, serta campuran mineral yang sehat yang dapat secara serius meningkatkan kesehatan mata Anda. Degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukoma semuanya telah terbukti berkurang dengan asupan normal pisang dan buah-buahan serupa lainnya.


11. Meningkatkan Berat Badan.



Pisang bisa bermanfaat untuk menambah berat badan. Ketika dikonsumsi dengan susu, pisang membantu meningkatkan berat badan seseorang dengan cepat. Susu menyediakan protein yang diperlukan dan pisang menyediakan gula.


Selain itu, karena pisang mudah dicerna, orang yang kekurangan berat badan dapat menelan 5-6 pisang dalam sehari selain dari makanan biasa tanpa mengalami gangguan pencernaan.


Ini mengarah pada asupan tambahan 500-600 kalori, yang sangat diperlukan untuk penambahan berat badan. Karena pisang memiliki kemampuan untuk menyediakan energi instan, olahragawan makan pisang selama istirahat di sela-sela permainan untuk tambahan energi.


12. Mengatasi Masalah Buang Air Besar (Wasir).
Pisang telah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah buang air besat. Karena kandungan seratnya yang tinggi memudahkan buang air besar.


Efek pencahar mencegah segala jenis ketegangan, sehingga memberikan bantuan dan menyembuhkan wasir (pembengkakan pembuluh darah di sekitar daerah anus).


13. Meredakan Sakit Perut.



Secara tradisional, pisang telah digunakan sebagai makanan antasida untuk meredakan sakit perut karena pisang juga dapat menekan sekresi asam.


Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology mengklaim bahwa pisang memiliki sifat anti-ulcerogenik. Inhibitor protease dalam pisang menghilangkan bakteri berbahaya yang telah dikaitkan dengan perkembangan sakit maag.

14. Mencegah Gangguan Ginjal.



Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa potasium dan berbagai antioksidan dalam pisang membantu meredakan ketegangan pada ginjal dan mendorong buang air kecil. Ini dapat membantu menjaga agar racun tidak menumpuk di dalam tubuh.

15. Meredakan Masalah Menstruasi. Aplikasi obat tradisional pisang termasuk penggunaannya sebagai bantuan menstruasi. Bunga pisang yang dimasak membantu meredakan pendarahan yang menyakitkan dan berlebihan selama siklus menstruasi dan juga dapat meringankan tekanan haid lainnya.

16. Diet Pisang.
Diet Pisang Pagi untuk menurunkan berat badan menjadi begitu populer sehingga menyebabkan kekurangan pisang di toko makanan Jepang. Rencana diet ini melibatkan konsumsi pisang tanpa batas dengan air di pagi hari, makan siang dan makan malam tanpa batas tetapi tidak ada gurun. Dan tidak makan setelah jam 8:00 malam.

"Kesimpulan Tentang Manfaat Buah Pisang"

Pisang adalah buah yang populer yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Antara lain, mereka dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan jantung karena kandungan serat dan antioksidannya. Mereka bahkan dapat membantu penurunan berat badan, karena mereka relatif rendah kalori dan padat nutrisi.


pisang dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan dan dapat mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.


Pisang cukup kaya serat dan pati resisten, yang dapat memberi makan bakteri usus ramah Anda dan melindungi terhadap kanker usus besar.


Pisang dapat membantu penurunan berat badan karena rendah kalori dan nutrisi serta serat.


Pisang adalah sumber makanan yang baik untuk kalium dan magnesium - dua nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung.


Pisang mengandung banyak antioksidan, yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa penyakit. Tergantung pada kematangannya,


pisang mengandung pati atau pektin tahan yang tinggi. Keduanya dapat mengurangi nafsu makan dan membantu membuat Anda kenyang.


Pisang mentah merupakan sumber pati resisten yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian. Makan pisang beberapa kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50%.


Pisang dapat membantu meringankan kram otot yang disebabkan oleh olahraga. Mereka juga menyediakan bahan bakar yang sangat baik untuk latihan ketahanan.


Pisang merupakan makanan ringan, pencuci mulut, atau sarapan yang luar biasa. Fleksibilitasnya membuat mereka mudah ditambahkan ke dalam diet Anda.

Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel