Asam Manis dan Segar, Manfaat Buah Mangga Untuk kesehatan

Buah Mangga atau pelem, "Raja buah-buahan," buah mangga adalah salah satu buah yang paling populer, kaya nutrisi dengan rasa, aroma, rasa, dan kesehatan yang meningkatkan kualitas, menjadikannya nomer-satu di antara makanan fungsional baru, sering disebut sebagai "buah super. "


Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan, Mangga merupakan salah satu buah musiman lezat yang ditanam di daerah tropis. Pohon itu diyakini berasal dari dataran sub-Himalaya di anak benua India. Secara botani, buah eksotis ini milik keluarga Anacardiaceae, keluarga yang juga mencakup banyak spesies pohon buah tropis di tanaman berbunga seperti jambu mete, pistachio.

"Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan"

Mangga adalah pohon tropis yang dibudidayakan di banyak daerah, dan sekarang pertaniannya telah meluas ke seluruh dunia di banyak benua. Setelah berbunga, buahnya tumbuh di ujung tangkai panjang yang menyerupai tali, dengan terkadang lebih dari satu buah untuk dikonsumsi.


Setiap buah berukuran panjang 5 hingga 15 cm dan lebarnya sekitar 4 hingga 10 cm, dan memiliki bentuk "mangga" yang khas, atau terkadang berbentuk oval atau bulat. Bobotnya berkisar dari 150 g hingga sekitar 750 g. Kulit luar (pericarp) halus dan berwarna hijau pada mangga yang belum matang tetapi berubah menjadi buah-buahan matang menjadi kuning keemasan, merah tua, kuning atau oranye-merah tergantung pada jenis kultivar. Musim mangga segar berlangsung dari bulan April hingga Agustus.


Mangga datang dalam berbagai bentuk dan ukuran tergantung pada jenis kultivar. Secara internal, dagingnya (mesocarp) berair, berwarna oranye-kuning dengan Rasanya yang asam manis dan kaya dan rasanya manis dengan kelembutan ringan. Biji mangga bisa memiliki embrio tunggal atau kadang-kadang polyembryonic.


"Kandungan Gizi Mangga"


Mangga sangat rendah lemak jenuh, kolesterol, dan natrium. Mangga merupakan sumber serat makanan dan vitamin B6 yang sangat baik, serta sumber vitamin A dan vitamin C yang baik. Sesuai dengan USDA National Nutrient Database, mereka kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga, dan merupakan salah satu dari sumber quercetin, beta-karoten, dan astragalin terbaik.


Kandunga Nutrisi Mangga, mentah
Ukuran Porsi: 100 g

Nilai Nutrisi


  • Air [g] 83,46

  • Energi [kkal] 60

  • Protein [g] 0,82

  • Total lipid (lemak) [g] 0,38

  • Karbohidrat, berdasarkan perbedaan [g] 14,98

  • Serat, makanan total [g] 1.6

  • Gula, total [g] 13,66

  • Kalsium, Ca [mg] 11

  • Besi, Fe [mg] 0,16

  • Magnesium, Mg [mg] 10

  • Fosfor, P [mg] 14

  • Kalium, K [mg] 168

  • Sodium, Na [mg] 1

  • Seng, Zn [mg] 0,09

  • Vitamin C, asam askorbat total [mg] 36,4

  • Thiamin [mg] 0,03

  • Riboflavin [mg] 0,04

  • Niasin [mg] 0,67

  • Vitamin B-6 [mg] 0,12

  • Folat, DFE [μg] 43

  • Vitamin B-12 [µg] 0

  • Vitamin A, RAE [μg] 54

  • Vitamin A, IU [IU] 1082

  • Vitamin E (alfa-tokoferol) [mg] 0,9

  • Vitamin D (D2 + D3) [ug] 0

  • Vitamin D [IU] 0

  • Vitamin K (phylloquinone) [ug] 4.2

  • Asam lemak, total jenuh [g] 0,09

  • Asam lemak, total tak jenuh tunggal [g] 0,14

  •  Asam lemak, total tak jenuh ganda [g] 0,07

  • Asam lemak, total trans [g] 0

  • Kolesterol [mg] 0

  • Kafein [mg] 0


Sumber: USDA


Manfaat Mangga bagi Kesehatan:

1. MenJaga Kesehatan Tubuh.


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, mangga memiliki kandungan vitamin yang mengesankan yang berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan. Mereka kaya kalium (4 % dalam 156 mg) dan magnesium (2 % dalam 9 mg) dan merupakan obat yang bagus untuk tekanan darah tinggi. Mangga adalah pembangkit tenaga vitamin, kaya akan vitamin B, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Komponen-komponen ini membantu Anda menghindari sejumlah penyakit yang dapat berasal dari defisiensi mikronutrien ini. Antioksidan kuat dalam mangga dapat membantu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung, penuaan dini, kanker, dan banyak penyakit degeneratif lainnya.


2. Cegah Kanker.


Mangga memiliki jumlah pektin yang tinggi, serat makanan larut yang secara efisien berkontribusi terhadap penurunan kolesterol. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat. Baru-baru ini, penelitian di Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 - protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker. Investigasi Kanker Prospektif Eropa juga telah muncul dengan hubungan yang kuat antara makan mangga dan menurunkan risiko kanker pada saluran pencernaan.


Selanjutnya, penelitian komprehensif yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Research menunjukkan bahwa polifenol dalam mangga memiliki potensi kemoterapi terhadap kanker payudara.


3. Membantu Meningkatan Berat Badan.


Makan dan menggabungkan mangga ke dalam hidangan lain adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan berat badan - jika itu yang Anda inginkan. Kurang dari satu cangkir mangga (150 gram) memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Mangga mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Milkshake mangga akan mempercepat proses kenaikan berat badan karena mengandung gula, serta lemak dan protein dari susu, dan terkenal lezat!


4. Mengatasi Gangguan Pencernaan.


Sesuai penelitian tahun 2018 di Journal Food and Function, mangga mengandung diet pektin yang membantu mengatur pencernaan.


Mangga memainkan peran penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan keasaman berlebih. Enzim pencernaan dalam mangga (seperti enzim amilase mangiferin) bekerja untuk meningkatkan pencernaan yang alami dan efisien. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehyde berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan, dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.


5. Obati Anemia.


Mangga kaya akan zat besi, yang membuatnya bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Asupan moderat yang teratur dapat membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tonik yang terbuat dari mangga dalam pengobatan herbal Tiongkok dikenal banyak orang sebagai yin tonik, dan digunakan untuk mengobati anemia, pendarahan gusi, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.


6. Bagus Untuk Kehamilan.


Mangga bermanfaat bagi ibu hamil yang diberi kandungan zat besi, seperti yang disebutkan di atas. Dokter sering meresepkan vitamin prenatal atau tablet zat besi selama kehamilan, namun, mangga dapat membantu Anda melengkapi diet sehat. Selera perasa selama kehamilan biasanya kehilangan beberapa kepekaannya, jadi mangga pasti akan terbukti menyenangkan hari Anda, lebih dari sekadar manfaat kesehatannya.


7. Mengatasi Jerawat.


Mungkin Anda terkejut mengetahui bahwa mangga terkait erat dengan perawatan kulit. Selain membawa cahaya sehat ke wajah Anda, mereka juga membantu mencerahkan warna kulit. Anda dapat dengan mudah meningkatkan kecantikan Anda dengan memasukkan buah lezat ini ke dalam diet Anda secara teratur.


Mangga dianggap sebagai obat buatan sendiri yang efektif untuk mengobati jerawat. Dengan mengoleskan bubur ke kulit, dapat membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Setelah pori-pori ini dibuka, pembentukan jerawat pada akhirnya akan berhenti. Membersihkan pori-pori kulit adalah cara paling efektif untuk menghilangkan jerawat. Untuk menikmati manfaat ini, tidak perlu memakannya setiap hari; Anda perlu mengeluarkan pulp dan mengoleskannya pada kulit sekitar 10 menit, lalu bilas.


8. Sebagai Anti-Aging.


Mangga mengandung vitamin A dan C dalam jumlah tinggi, yang membantu menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan alami. Karena itu, mangga dapat disebut makanan anti penuaan.


9. Bagus Untuk Kesehatan Otak.


Mangga memiliki banyak vitamin, seperti C, B6, dan folat, yang merupakan beberapa nutrisi penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu dalam penggabungan neurotransmiter utama yang berkontribusi untuk menentukan suasana hati dan modifikasi pola tidur. Dengan mangga sebagai bagian dari makanan Anda, Anda dapat diyakinkan akan otak yang sehat dan fungsi saraf yang efektif. Kandungan asam glutamin dalam mangga juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.


10. Tingkatkan Kekebalan.


Mangga kaya akan beta-karoten, karotenoid yang kuat. Unsur ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kelebihan beta-karoten juga ditransformasikan menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A adalah antioksidan lain yang memberi Anda perlindungan tambahan terhadap radikal bebas yang merusak sistem internal Anda.


11. Diabetes.


Terlepas dari rasanya yang manis dan kandungan gula yang tinggi, beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mangga dapat berdampak positif bagi mereka yang menderita diabetes. Sudah lama dikatakan bahwa penderita diabetes harus menghindari mangga karena rasanya yang manis dan kadar gula yang tinggi; sekarang beberapa penelitian mendukung fakta bahwa senyawa mangiferin - baik dalam buah dan daun mangga - memiliki sifat anti-diabetes, antihyperlipidemic, dan antiatherogenic.


Tempatkan 10 atau 15 daun mangga dalam air hangat dan tutup dengan tutup sebelum tidur. Di pagi hari, minum air dengan perut kosong setelah menyaring daun. Praktek teratur metode ini telah menunjukkan hasil positif dalam pengelolaan kadar gula darah penderita diabetes.


Apa itu Alergi Mangga?


Beberapa orang bisa peka terhadap mangga karena mereka milik keluarga Anacardiaceae, menjadikan mereka kerabat jauh dari poison ivy. Mangga mengandung sejumlah kecil zat yang disebut urushiol, yang merupakan resin beracun yang dapat menyebabkan dermatitis. Tingkat keparahan alergi kulit ini bervariasi di antara individu. Namun, kulit dan jus mangga lebih bertanggung jawab atas alergi ini, sedangkan daging buah memiliki peluang yang relatif rendah untuk memicu reaksi alergi ini.



dari berbagai sumber yang di rangkum
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel