Tips Cara Agar Tidak Malas Belajar

Cara untuk tidak malas belajar - Masalah utama yang paling sering ditemukan dalam belajar adalah masalah malas belajar.


Masalah seperti ini memang sangat alami yang kita temukan, tetapi itu akan menjadi masalah besar jika kita sendiri tidak mampu menguasai dan menahan rasa malas itu.

jika perasaan malas telah menguasai diri sendiri, maka sudah pasti dalam setiap tujuan kita hanya akan mengandalkan kesempatan atau keberuntungan semata. Padahal keberuntungan hanya beberapa persen dari 100% kesuksesan.

Ada banyak sekali efek negatif yang diberikan rasa malas, pertama-tama biasanya teman akan pindah perlahan. Ini karena banyak dari mereka berpikir bahwa dunia ini adalah persaingan, jadi jika kita hanya malas kita bisa yakin kita akan jauh tertinggal.

Lalu bagaimana mungkin saya tidak malas belajar lagi? Coba cara-cara berikut ini, semoga bisa membantu.

1. Buat Hadiah atau Hukuman


Cara untuk tidak malas belajar adalah dengan membuat hadiah atau hukuman Anda sendiri jika hasil yang diinginkan sesuai atau tidak nanti.

Dengan demikian dapat merangsang antusiasme untuk belajar dan tentu saja mempraktikkan sikap disiplin dalam diri Anda.

Merasa malas bisa dilawan dengan membiasakan diri atau melatih diri sendiri untuk didisiplinkan atau dengan kata lain bisa dilawan dengan menumbuhkan semangat belajar.


2. Mencoba Belajar Dengan Suasana Baru


Cara untuk tidak malas belajar yang kedua adalah menikmati suasana baru, bagaimana maksud Anda? Suasana baru yang dimaksudkan di sini adalah suasana yang tidak biasa kita rasakan. Bisa juga dengan pergi ketaman agar pikiran kita kembali fresh dalam melakukan aktivitas belajar.

Misalnya hanya ruangan yang berantakan maka cobalah sedikit merapikannya dan suasana baru akan membangkitkan minat belajar, kemudian dibandingkan dengan suasana sebelumnya.


3. Refreshing


Cara untuk tidak malas belajar adalah menyegarkan. Otak yang sudah mulai lelah akan menjadi segar dan bugar kembali ketika telah disegarkan.

Banyak cara untuk menyegarkan otak, bisa dilakukan dengan sedikit liburan atau dengan melakukan meditasi sederhana. Ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja otak sehingga dapat bekerja secara optimal lagi.


4. Belajar singkat tapi rutin


Yang membuat kita malas belajar kadang karena kebiasaan kita menggunakan sistem pembelajaran SKS atau lebih akrab disebut belajar sistem kerja semalaman.

Melakukan belajar sekaligus seperti ini sebenarnya memaksa kinerja otak sehingga bisa dipastikan Anda mudah bosan dan akhirnya kebiasaan ini bisa membuat Anda malas belajar.

Jadi cobalah untuk belajar dalam jadwal yang sama tetapi rutin atau tetapkan agar terbiasa untuk tidak menggunakan sistem kerja semalam.


5. Mencoba mencari hiburan

Dengan berusaha mencari sedikit hiburan, bisa juga dijadikan cara agar tidak malas belajar. Banyak jenis hiburan yang bisa kita pilih, mulai dari musik, menonton film motivasi, film hiburan atau sejenisnya, atau jika kita punya hobi yang menarik kita bisa melampiaskan kebosanan ketika malas melanda.

Demikian sedikit artikel tentang cara agar tidak malas belajar. Semoga bisa bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Tips Cara Agar Tidak Malas Belajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel