Dampak Buruk Yang Terjadi Ketika Kita Mengalami Dehidrasi

Air adalah elemen penting dari tubuh, dan menjaga tubuh terhidrasi dengan cukup adalah suatu keharusan untuk memungkinkan tubuh berfungsi. 60% dari berat tubuh kita adalah air.



Sebagian besar air ditemukan di sel-sel tubuh (ruang intraseluler). Sisanya ditemukan di ruang ekstraseluler, yang terdiri dari pembuluh darah (ruang intravaskular) dan ruang antar sel (ruang interstitial).

Dehidrasi terjadi ketika jumlah air yang keluar dari tubuh lebih besar dari jumlah yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh sangat dinamis dan selalu berubah.

Ini terutama berlaku dengan air dalam tubuh. Kita secara tidak langsung kehilangan air secara teratur ketika kita sedang:


  • bernafas dan udara lembab meninggalkan tubuh (ini dapat dilihat pada hari yang dingin ketika Anda dapat melihat napas Anda di udara, yang hanya air yang telah dihembuskan);
  • berkeringat untuk mendinginkan tubuh
  • Buang kotoran dengan buang air kecil atau besar


Pada hari-hari normal, seseorang harus minum banyak air untuk mengganti kehilangan yang disebabkan oleh rutinitas ini.

Kebutuhan Cairan Harian

Untuk memenuhi kebutuhan cairan harian tergantung pada berat setiap individu, Inilah kebutuhan dasar cairan tubuh. Lebih banyak cairan diperlukan untuk menggantikan keringat berlebih karena olahraga atau demam, kehilangan cairan karena muntah, dan diare atau peningkatan produksi urin.

Penyebab Dehidrasi

Dehidrasi disebabkan oleh tidak minum cukup cairan atau kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda minum. Cairan hilang melalui keringat, air mata, muntah, buang air kecil, atau diare.


Tingkat keparahan dehidrasi dapat tergantung pada sejumlah faktor, seperti iklim, tingkat aktivitas fisik dan diet.

Ada beberapa penyebab dehidrasi termasuk:

1. Penyakit

Dehidrasi sering merupakan akibat dari suatu penyakit, seperti gastroenteritis, ketika cairan hilang melalui diare dan muntah yang persisten.


2. Berkeringat

Anda juga bisa mengalami dehidrasi jika berkeringat berlebihan setelah demam, berolahraga, atau melakukan pekerjaan berat dalam kondisi panas.

Dalam situasi ini, penting untuk minum secara teratur untuk mengganti cairan yang hilang. Tidak perlu cuaca panas bagi Anda untuk kehilangan banyak cairan karena berkeringat.

Anak-anak dan remaja khususnya beresiko karena mereka mungkin mengabaikan gejala dehidrasi, atau tidak tahu bagaimana mengenali dan mengobatinya.


3. Alkohol

Dehidrasi juga dapat terjadi karena terlalu banyak minum alkohol. Alkohol adalah diuretik, yang berarti itu membuat Anda lebih kurus.

Sakit kepala yang berhubungan dengan mabuk perjalanan menunjukkan bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Anda harus mencoba minum banyak air saat minum alkohol.


4. Diabetes

Jika Anda menderita diabetes, Anda berisiko mengalami dehidrasi karena Anda memiliki kadar glukosa yang tinggi dalam aliran darah Anda. Ginjal Anda akan berusaha untuk menyingkirkan glukosa dengan membuat lebih banyak urin, sehingga tubuh Anda menjadi dehidrasi dengan pergi ke toilet lebih sering.

Fakta tentang Dehidrasi


  • Sekitar tiga perempat tubuh manusia adalah air.
  • Penyebab dehidrasi termasuk diare, muntah dan berkeringat.
  • Orang-orang yang lebih berisiko mengalami dehidrasi termasuk atlet, orang-orang di ketinggian yang lebih tinggi, dan orang dewasa yang lebih tua.
  • Gejala awal dehidrasi termasuk mulut kering, lesu, dan pusing.


Gejala Dehidrasi

Dehidrasi bisa ringan, sedang atau berat, tergantung pada seberapa banyak berat badan Anda yang hilang melalui cairan.

Dua tanda pertama dehidrasi adalah haus dan urin berwarna gelap. Ini adalah cara tubuh untuk meningkatkan asupan air dan mengurangi kehilangan air.

Gejala lain mungkin termasuk:

• pusing atau pusing

• sakit kepala

• kelelahan

• mulut, bibir dan mata kering

• jarang buang air kecil (kurang dari tiga atau empat kali sehari)

Jika dehidrasi terjadi terus menerus (kronis), kondisi ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal Anda dan meningkatkan risiko batu ginjal. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan otot dan sembelit.

Apa itu komplikasi dehidrasi?

Komplikasi dehidrasi dapat terjadi karena dehidrasi, dan / atau karena penyakit atau situasi yang menyebabkan kehilangan cairan.

1. Gagal ginjal

Gagal ginjal adalah kejadian umum dan sering dapat kembali normal jika gagal ginjal disebabkan oleh dehidrasi dan diobati sejak dini.

Ketika dehidrasi terjadi, volume cairan dalam tubuh menurun, dan tekanan darah bisa turun. Ini dapat mengurangi aliran darah ke organ vital termasuk ginjal, dan seperti organ apa pun dengan aliran darah menurun; organ memiliki potensi gagal melakukan tugasnya.

Penelitian dari Universitas Colorado Denver dan Laboratorium Departemen Fisiopatologi dan Ginjal Nefrologi, INC. Ignacio Chavez, Meksiko menemukan bahwa dehidrasi ringan dapat menjadi faktor risiko dalam pengembangan semua jenis penyakit ginjal kronis.

2. Koma

Berkurangnya pasokan darah ke otak dapat menyebabkan kebingungan dan bahkan koma.

Menurut penelitian dari Radboud Nijmegen University Medical Center dan Weill Cornell Medical University, tanpa air, manusia dapat bertahan hidup hanya selama berhari-hari, dan dehidrasi yang parah menyebabkan disfungsi kognitif, delirium, dan koma.

3. Shock

Ketika kehilangan cairan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengkompensasi, aliran darah dan pengiriman oksigen ke organ vital tubuh menjadi tidak memadai dan fungsi sel dan organ dapat mulai gagal. Jika beberapa organ mulai mengalami kerusakan, tubuh akan mengalami kegagalan dan kematian dapat terjadi.

Home remedies untuk Dehidrasi pada Orang Dewasa

Cobalah untuk membuat orang yang mengalami dehidrasi (bahkan mereka yang telah muntah) untuk mengkonsumsi cairan dengan cara berikut:

• Minumlah air sedikit demi sedikit
• Minumlah minuman yang mengandung karbohidrat / elektrolit.
• Makan es loli yang terbuat dari jus dan minuman olahraga.
• Mengisap serpihan es.
• Minum dengan sedotan (baik untuk seseorang yang telah menjalani operasi rahang atau luka mulut)

Dampak Buruk Yang Terjadi Ketika Kita Mengalami Dehidrasi
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Dampak Buruk Yang Terjadi Ketika Kita Mengalami Dehidrasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel