Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Atau Jelantah Yang Sudah Keruh

Minyak goreng adalah bahan dapur yang sangat penting, karena setiap kali kita memasak atau menggoreng, kita menggunakan bahan yang satu ini.


Seperti kita ketahui, semakin lama harga minyak goreng naik. Agar tidak membeli minyak goreng baru secara terus menerus, kita juga bisa menghemat lebih banyak dengan menjernihkan minyak goreng bekas.

Minyak goreng umumnya digunakan antara 2-3 kali. Namun, biasanya hanya sekali minyak goreng menjadi keruh.


Banyak orang tidak menggunakan minyak ini dan memilih untuk membuangnya. Namun, tentu saja sayang jika minyak ini harus dihilangkan. Minyak goreng yang tidak jernih bisa digunakan lagi, yang terpenting minyak itu bening. Karena itu, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Nah, berikut adalah tips untuk mengatasi minyak goreng yang sudah tidak digunakan lagi.

1. Nasi



Apakah ada sisa nasi di rumah? Cukup gunakan untuk membersihkan minyak! Caranya mudah, yaitu mengambil segenggam nasi dan mengepalkannya sampai bulat. Masukkan ke dalam wajan yang diisi dengan minyak goreng panas dan gulung hingga semua kotoran menempel pada nasi. Metode ini harus dilakukan berulang kali dan membutuhkan lebih dari satu bola nasi.


2. Kentang



Dikatakan bahwa kentang juga bisa menyerap kotoran dalam minyak. Namun prinsipnya sama dengan bola nasi di atas. Kupas dan potong kentang berukuran sedang menjadi 5-6 bagian. Masukkan minyak goreng panas, lalu balikkan potongan-potongan kentang bolak-balik sampai bening.


3. Manfaatkan ampas Nanas 



Ampas nanas dipercaya bisa membantu membersihkan minyak goreng yang telah digunakan. Alasannya, ampas nanas memiliki kemampuan menyerap sisa makanan atau kotoran dalam minyak serta karbon.

Karena kemampuannya, ampas nanas secara efektif membersihkan minyak. Cara menggunakannya adalah, kumpulkan ampas nanas yang sudah Anda siapkan. Kemudian cuci ampas nanas dengan saksama.

Kemudian, keringkan sampai terbentuk karbon. Jika sudah kering, Anda bisa menghaluskan ampas nanas dengan menumbuk atau memblender ampas nanas tadi hingga ampas nanas menjadi serbuk.

Yaitu serbuk yang akan dimasukkan ke dalam minyak goreng yang telah digunakan selama kurang lebih 2-3 jam. Selanjutnya, Anda bisa langsung menyaring minyak tersebut.


4. Manfaatkan Buah Mengkudu



Cara membersihkan minyak goreng dengan buah mengkudu cukup mudah. Caranya adalah, siapkan buah mengkudu yang sudah matang.

Lalu, hancurkan buah mengkudu sampai benar-benar halus. Jika demikian, Anda bisa langsung mengambil jusnya. Jus mengkudu inilah yang akan digunakan untuk membersihkan minyak goreng yang tidak digunakan.

Campur jus mengkudu dalam minyak yang telah digunakan selama 5-10 menit. Kemudian, panaskan minyak dan saring minyaknya. Anda bisa menghilangkan endapannya.


5. Kulit pisang



Bagaimana kulit pisang bisa membersihkan minyak goreng bekas?
Caranya adalah dengan menghaluskan kulit pisang yang telah dipotong-potong.

Setelah itu, letakkan kulit pisang yang sudah di haluskan atau di blender di atas saringan dan letakkan wadah di bawahnya.

Tuang minyak goreng kotor di atas saringan dan biarkan jatuh ke dalam wadah.

Ampas kulit pisang yang telah dihaluskan akan memisahkan kotoran dengan minyak.


6. Arang Kayu



Arang kayu adalah sisa pembakaran kayu yang menghitam. Sifat arang kayu yang menyerap kotoran dan residu juga efektif untuk minyak goreng bekas. Caranya adalah dengan menumbuk arang kayu dengan cara ditumbuk. Pastikan benar-benar dalam bentuk bubuk. Selanjutnya, tambahkan dua genggam bubuk arang kayu ke 1 liter minyak goreng bekas. Aduk rata dan tunggu sampai warna minyak lebih jelas. Saring minyak 2yang mengandung arang kayu dan minyak baru ini siap digunakan!


7. Karbon aktif



Bahan ini biasanya berwarna hitam, selain bisa memurnikan air, karbon juga mampu memurnikan minyak goreng yang sudah keruh atau kotor. karbon mampu menyerap semua kotoran yang terkandung dalam minyak goreng.

Cara menjernihkannya sangat mudah, sama seperti di atas. Masukkan minyak goreng yang kotor ke dalam wadah.

Lalu masukkan karbon (benjolan) yang sudah dicuci sebelumnya ke dalam wadah minyak goreng selama sekitar 12 jam.

Kotoran akan menempel di sekitar karbon, dan minyak goreng yang sebelumnya keruh dan kotor dapat menjadi jernih dan bersih kembali.

Demikianlah berbagai cara memurnikan minyak goreng bekas menggunakan bahan-bahan yang mudah dan mudah ditemukan di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Atau Jelantah Yang Sudah Keruh
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Atau Jelantah Yang Sudah Keruh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel