Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Cara menghilangkan karang gigi - Munculnya karang gigi dapat memicu salah satu masalah yang dapat mengganggu kesehatan gigi.


Mulai dari gigi akan terlihat kuning, gigi berlubang disertai rasa sakit hingga membuat bau mulut terasa tidak enak.

Bahkan bisa jadi ketika Anda berbicara dengan orang lain, membuat orang itu merasa tidak nyaman dan terganggu karena bau mulut Anda sehingga kehadiran plak pada gigi Anda dapat membuat kurangnya kepercayaan.

Dalam istilah medis tartar atau sering disebut kalkulus gigi adalah kumpulan plak yang mengeras pada gigi, karang gigi juga dapat terbentuk dari bawah gusi dan dapat menyebabkan iritasi pada gusi yang dapat mengganggu kesehatan gusi seperti gusi berdarah atau pembengkakan.

Oleh karena itu, tentu saja semua orang ingin mencoba untuk menyingkirkannya segera, dengan cara yang mudah dan alami meskipun kebanyakan orang membiarkan karang gigi lepas dengan sendirinya.

Bagaimana cara menghilangkan karang gigi

1. Garam



Ternyata manfaat garam banyak untuk kesehatan, selain sering digunakan untuk obat batuk dan sakit gigi, bahan dapur ini

juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi dengan garam. Karena kandungan tinggi sifat antiseptik dan antibakteri dalam garam, dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Jika karang gigi telah menyebabkan radang gusi. Bahkan garam juga dapat mencegah infeksi dan menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, metode ini sudah sangat teruji dan hasilnya sangat efektif.

Begini caranya:


  1. Sediakan satu gelas air hangat
  2. Kemudian campurkan 1 sendok teh garam ke dalam gelas yang disediakan tadi
  3. Setelah dicampur dan menjadi larutan rata
  4. kemudian bilas dengan larutan air garam sampai seluruh area di mulut terbuka
  5. Lakukan 3 kali sehari setiap 1 menit, terutama di daerah karang gigi.


2. Baking soda



Cara menghilangkan karang gigi yang membandel dengan baking soda, fungsi baking soda bisa melembutkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Soda kue juga efektif untuk menghilangkan noda membandel seperti noda kuning pada gigi dengan cepat, cara menjadikannya sebagai pasta gigi.


  1. Anda cukup minum 1 sendok makan soda kue, lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata
  2. Kemudian celupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi dalam campuran ini
  3. Sikat gigi Anda seperti biasa
  4. selama 2 menit kemudian Bilas
  5. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal


3. Kulit jeruk



Cara alami yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan karang gigi dengan cepat dengan menggunakan kulit jeruk, jeruk adalah jenis buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang bisa menghilangkan noda secara alami.


  1. Sebelum menggunakan, cuci kulit jeruk terlebih dahulu
  2. Kemudian gosok langsung pada gigi yang berisi plak
  3. Gosok sampai halus
  4. Jangan segera bilas, biarkan semalaman
  5. Dan berkumurlah seperti biasa keesokan harinya
  6. Lakukan setiap hari sebelum tidur untuk hasil maksimal


4. Daun sirih



Cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dengan menggunakan daun sirih, manfaat mengunyah daun sirih bagi kesehatan, selain membantu membuat nafas lebih segar dan menghilangkan bakteri. Ternyata daun sirih bisa membersihkan karang gigi yang sudah parah, dan menghilangkan bau mulut.


  1. Berikan daun sirih dan cuci bersih
  2. Kemudian campur dengan bubuk cengkeh
  3. Kemudian kunyah, sehingga hasil maksimal melakukan metode ini secara rutin


5. Konsumsi buah dan sayuran



Buah dan sayuran mengandung baik untuk tubuh, baik untuk kesehatan mulut. Dengan mengunyah buah dan sayuran secara teratur, dapat membuat cara yang efektif untuk mencegah tartar tumbuh kembali di antara gigi. Misalnya apel, melon, wortel, dan seledri.

6. Flossing



Selanjutnya, cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan benang gigi atau benang gigi, metode ini diyakini sebagai langkah tepat untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel di gusi dan gigi. Dengan menggunakan benang gigi sangat dianjurkan ketika setelah menyikat gigi, plak yang ada di antara gigi Anda akan lebih mudah diakses.

7. Apel



Cara menghilangkan karang gigi dengan mengonsumsi apel, ternyata apel memiliki sifat untuk menghilangkan plak pada gigi. Anda melakukan ini dengan memakannya langsung tanpa mengupas kulitnya, tetapi jangan lupa untuk mencuci apel dengan air bersih agar bebas dari kontaminasi bakteri.

Dengan sering mengonsumsi apel, Anda dapat menghindari plak gigi dan membuat gigi Anda lebih sehat dan kuat.

8. Obat kumur



Cara menyingkirkan karang gigi agar lebih efektif dengan mencuci mulut menggunakan obat kumur, metode ini adalah langkah terakhir saat membersihkan gigi. obat kumur termasuk perlindungan tambahan yang bisa dilakukan agar kebersihan ekstra, setelah menyikat gigi dan flossing bisa berakhir dengan maksimal.

Penyebab Timbulnya karang gigi

Kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu dapat menjadi penyebab munculnya plak atau karang gigi.

Seperti mengonsumsi makanan manis yang berlebihan (permen dan cokelat), minuman berkafein (kopi dan teh).

Karena sisa makanan yang telah ditinggalkan. untuk waktu yang lama, biarkan saja menempel di antara gigi dan gusi Anda.

kemudian membusuk dan membentuk plak atau karang gigi bertekstur keras.

Selain itu, gaya hidup tidak sehat juga bisa memicu munculnya karang gigi seperti merokok dan tidak menyikat gigi setelah makan.

Efek dan bahaya karang gigi yang tidak dibersihkan termasuk bau mulut, radang gusi, periodontitis, gigi berlubang, dan masalah kesehatan lainnya.

Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Di rangkum dari berbagai sumber
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Cara menghilangkan karang gigi secara alami"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel