Mengenal Manfaat Porang Untuk Kesehatan

Mungkin masih banyak yang tidak tahu atau bahkan masih jarang mendengar tanaman porang, jadi kali ini akan membahas lebih jelas tentang tanaman porang dan manfaatnya.


Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang tanaman porang, Silahkan di baca sampai selesai.

Apa Itu Tanaman Porang

Tanaman Porang yang memiliki nama latin Amorphophallus Muelleri Blume adalah sejenis tanaman umbi milik keluarga Araceae dan kelas Monokotiledoneae, tanaman ini sendiri menghasilkan umbi yang mengandung glukomanan yang terlihat hampir mirip dengan tepung.

Budidaya Tanaman Porang

Tanaman porang sekarang banyak dibudidayakan, salah satu pusat budidaya tanaman terbesar terletak di Desa Klangon yang terletak di Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Hasil dari budidaya tanaman porang sendiri telah banyak diekspor ke beberapa negara untuk digunakan sebagai bahan kosmetik, mie, lem, dan banyak lainnya.

Salah satu negara yang paling banyak menerima ekspor dari tanaman porang adalah Jepang dan Cina karena nilai ekonomi yang dimiliki oleh tanaman ini cukup tinggi sehingga penduduk desa setempat tertarik untuk mulai mengembangkan tanaman porang.

Bentuk Tanaman Porang


Tanaman itu sendiri memiliki bentuk bulat tidak beraturan.

Manfaat Porang

Tanaman Porang menghasilkan umbi yang mengandung Glukomanan berbentuk tepung.

Glukomanan sendiri adalah serat alami yang larut dalam air dan diekstrak dari akar ubi gajah, yang juga dikenal sebagai konjac mannan.

Glukomanan biasanya digunakan sebagai aditif makanan sebagai pengemulsi dan pengental.

Selain itu umbi porang juga memiliki mineral tinggi yang penting untuk metabolisme, yaitu kalium, magnesium, dan fosfor serta unsur-unsur seperti selenium, seng, dan tembaga.

Umbi porang dapat dibuat menjadi keripik, keripik setelah di olah menjadi tepung dibuat dengan berbagai makanan, termasuk mie, tahu dan beras buatan rendah kalori. Selanjutnya, porang dapat diolah menjadi keripik dan tepung glukomanan.

Porang yang banyak diburu oleh investor bukan tanpa alasan. Karena tanaman yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat.

Sejumlah manfaat porang meliputi:


  1. Sebagai bahan pembuatan lem yang ramah lingkungan.
  2. Sebagai bahan campuran kertas membuatnya sangat kuat dan lemas.
  3. Penggantian media pertumbuhan mikroba.
  4. Glukomanan pada tanaman dalam bentuk gel dapat digunakan sebagai pengganti gel silikon yang sangat baik sebagai isolator listrik.
  5. Mencampur bahan untuk komponen pesawat terbang dan pesawat.
  6. Di Jepang, bahan-bahan ini lebih disukai untuk mie Shiratake atau Konyaku.
  7. Sebagai pemurni air
  8. Formulasi pengikat tablet.
  9. Sebagai pengental sirup dan lem pada es krim sehingga tidak mudah / tidak meleleh dengan cepat.
  10. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengosongan lambung dan mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes.
  11. Porang adalah serat yang larut secara alami dalam air dan tembus cahaya dan bersifat agar-agar dan tidak berbau sehingga dapat digunakan sebagai pengganti agar.
  12. Mengandung vitamin A dan B lebih tinggi dari kentang.
  13. Kandungan karbohidrat lebih dari 80 persen.
  14. Campuran pembuatan kain, perekat kertas, cat, kain katun dan wol, dan bahan imitasi yang memiliki sifat lebih baik daripada milum dan harganya lebih murah.
  15. Mengganti gelatin sebagai bahan dalam film negatif, isolator, dan seluloid karena sifatnya yang mirip selulosa. Sehingga bisa menjadi pengganti selulosa dalam film.
  16. Larutan Mannan bila dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida dapat dibuat kedap air.
  17. Mannan juga digunakan untuk memurnikan air dan memurnikan bagian terapung dari keloid dalam industri bir, gula, minyak dan serat.
  18. Porang digunakan dalam industri tekstil sebagai pengganti pati sehingga kapas, linen, wol dan kain imitasi lebih mengkilap.

Nah itulah pembahasan tentang tanaman porang yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan kita sehari-hari. Semoga informasi yang di berikan bisa bermanfaat bagi anda.

Mengenal Manfaat Porang Untuk Kesehatan


Dirangkum dari berbagai sumber
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Mengenal Manfaat Porang Untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel