Manfaat Penting Air Putih Bagi Tubuh

Pekerjaan rutin yang tidak bisa ditunda menjadi salah satu penyebab Anda kekurangan air minum.


Idealnya, manusia minum dua liter air setiap hari. Ini dipicu oleh rata-rata penggunaan air seni orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan buang air besar.


Hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi air yang Anda minum akan melepaskan cairan tubuh yang hilang.


Di dalam tubuh setiap orang mengandung sekitar 60 persen cairan. Butuh bantuan dengan air Misalnya, manfaat air minum akan membilas racun dalam organ vital, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh, dan menghasilkan uap air untuk jaringan telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga organ tidak normal.

Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan pada 2019, yang membahas tentang pengaruh air minum pada manusia.


Studi Regional Hidrasi Indonesia (THIRST), yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir Hardinsyah MS, menemukan bahwa sebanyak 46,1 persen dari 1.200 orang Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan.


Sementara jumlah remaja yang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi dibandingkan orang dewasa, yaitu 49,5 persen dibandingkan dengan 42,5 persen. Ditemukan juga bahwa penyebab tingginya tingkat dehidrasi adalah karena rendahnya pengetahuan responden tentang fungsi air bagi tubuh.


Penelitian ini dibagi menjadi dua wilayah, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah. Mereka melihat perbedaan konsumsi air. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa urine mereka berwarna coklat tua dan coklat muda.


Ini menunjukkan mereka mengalami dehidrasi ringan, "kata Dr. Regina Karim, Direktur Pemasaran Kesehatan Danone, saat konferensi pers" AQUA Media Meeting 2010 "di Crowne Plaza Hotel, Jakarta, Rabu (13/1/2010).


Menurutnya, dehidrasi ringan ditandai dengan rasa kering di bibir, kemudian menyebar ke kerongkongan, tubuh menjadi lemah, dan kemungkinan pingsan jika tidak kuat lagi.


Beberapa remaja tidak minum dengan alasan malas pergi ke kamar mandi. Hasilnya bisa terjadi infeksi saluran kemih dan batu ginjal.


Karena anatomi wanita berbeda dengan pria. Bakteri akan lebih mudah masuk. Itulah sebabnya banyak wanita terpengaruh dengan itu, jelasnya.


Menurut dokter berkacamata ini, kurang minum tidak hanya menyebabkan dehidrasi dalam tubuh. Tapi itu bisa membuat otak kurang konsentrasi dan tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik.


Gejala lain lebih parah jika tubuh mengalami kekurangan asupan air, yaitu darah akan menebal sehingga kelelahan berlebihan, lesu, dan sering mengantuk. Ini karena cairan dalam darah dihisap untuk kebutuhan lain di dalam tubuh.


Misalnya, kekurangan air 2 persen menyebabkan tubuh manusia mengalami gangguan fungsi otak, seperti konsentrasi dan kemampuan berpikir.


Kehilangan 4-6 persen air menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala, kelelahan, lemah. Jika kekurangan air mencapai 12 persen, maka gerakan tubuh atau fungsi otot bisa terganggu.


Kekurangan 15-25 persen cairan tubuh berakibat fatal bagi tubuh manusia. Selain itu, kekurangan air dapat menyebabkan masalah ginjal, seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih.


Sehingga setiap orang dianjurkan untuk minum air yang cukup, menurut salah satu Pedoman untuk Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan.

10 Manfaat Air Minum untuk Kesehatan

Berikut adalah 10 manfaat dari minum banyak air serta alasan mengapa tubuh kita membutuhkan air:


1. Melumasi sendi

Tulang rawan ditemukan pada sendi dan diskus tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan menyerap goncangan, yang menyebabkan nyeri sendi.


2. Membentuk air liur dan lendir

Air liur membantu kita mencerna makanan kita dan menjaga mulut, hidung, dan mata kita tetap lembab. Ini mencegah gesekan dan kerusakan. Air minum juga menjaga mulut tetap bersih.


3. Menyediakan oksigen ke seluruh tubuh

Darah lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.


4. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini.


Manfaat air minum sebelum tidur juga sangat baik, termasuk mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, tubuh menjalani proses pembaruan sel, tidur nyenyak, dan detoksifikasi dari berbagai racun dalam tubuh.


5. Sebagai bantal untuk otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat mempengaruhi struktur dan fungsi otak. Ini juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmiter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.


6. Mengatur suhu tubuh

Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit muncul di permukaan kulit sebagai keringat ketika tubuh memanas. Ketika menguap, itu mendinginkan tubuh selama latihan.


Beberapa ilmuwan mengklaim bahwa ketika ada terlalu sedikit air dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas.


Jumlah air yang cukup dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika stres panas terjadi selama latihan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk efek ini.


7. Menghaluskan sistem pencernaan

Usus membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut terlalu asam. Ini meningkatkan risiko mulas.


8. Bersihkan sisa-sisa tubuh

Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan membuang urin dan feses.


9. Membantu menjaga tekanan darah

Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, meningkatkan tekanan darah.


10. Luncurkan saluran udara

Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini dapat memperburuk asma dan alergi.


Itulah keajaiban manfaat air yang bisa Anda rasakan jika Anda cukup minum. Ayo mulai sekarang untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh.

Manfaat Penting Air Putih Bagi Tubuh


sumber: doktersehat.com
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Manfaat Penting Air Putih Bagi Tubuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel