Tips Cara Menghaluskan Telapak Tangan Yang Kasar

Kulit tangan sering menjadi bagian yang sering dilupakan dalam rangkaian perawatan kulit. Meskipun kulit tangan yang tidak dirawat bisa menjadi kasar.


Bayangkan ketika harus berjabat tangan atau menyentuh orang lain? Kondisi telapak tangan Anda yang kasar tentu saja dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda, bukan?

Telapak tangan yang kasar bisa menjadi pertanda jika kulit pada telapak tangan mengalami kekeringan. Selain itu, penyebab telapak tangan kasar juga menunjukkan sel-sel kulit mati yang menumpuk atau terpapar bahan kimia dari penggunaan deterjen atau sabun. Kulit telapak tangan juga bisa kasar karena sering terkena udara kering, misalnya karena anda tinggal di daerah dengan tingkat kelembaban rendah atau sering di ruang ber-AC.

Telapak tangan yang kasar adalah masalah yang sering ditakuti terutama bagi wanita. Bagaimana tidak, ketika anda bertemu atau berkumpul dengan banyak orang tentu saja anda akan berjabat tangan. Nah, dengan kondisi telapak tangan yang kasar tentu akan membuat Anda kurang percaya diri dan kurang nyaman bukan? Jika Anda mengalami ini, Anda harus mencoba beberapa tips tentang cara menghaluskan telapak tangan yang kasar

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut cara untuk menghaluskan telapak tangan yang bisa Anda coba. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah sehingga Anda dapat menghemat waktu dan uang

1. Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis selalu digunakan untuk perawatan kulit terutama untuk wanita. Nah, salah satu khasiat yang terkandung dalam jeruk nipis adalah kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga jeruk nipis dipercaya bisa menghaluskan kulit seperti telapak tangan yang kasar. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan irisan jeruk nipis ke telapak tangan dengan memijatnya dengan lembut. Diamkan beberapa saat hingga air jeruk nipis mengering kemudian bilas menggunakan air mengalir.


2. Oleskan dengan minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa ke telapak tangan yang kasar sambil dipijat - pijat lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin, biarkan sisa-sisa minyak masih menempel di telapak tangan sehingga nutrisi yang dikandungnya terserap. Lakukan aktivitas ini setiap hari secara rutin. Untuk minyak kelapa cobalah untuk memilih minyak kelapa yang tidak memiliki bau menyengat.


3. Daun pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan yang sangat berguna untuk menghaluskan kulit, memberi nutrisi dan menjaga elastisitas kulit. Cara menggunakannya dengan menggosok - gosok daun pepaya muda di telapak tangan Anda sampai rata dan diamkan sekitar 5 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.


4. Campuran gula dan madu

Campuran gula dan madu dapat digunakan sebagai scrub yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati. Campur gula dan madu lalu tambahkan sedikit air bersih, oleskan pada telapak saus yang dipijat lembut.


5. Larutan garam

Garam bisa berfungsi sebagai scrub yang bisa menghaluskan kulit. Buat larutan garam dengan mencampur cukup garam dan air hangat. Kemudian rendam tangan Anda dalam larutan garam selama sekitar lima menit lalu bilas dengan air bersih yang mengalir. Keringkan tangan Anda menggunakan handuk dan kemudian oleskan lotion atau pelembab kulit untuk mengurangi tangan kering yang disebabkan oleh perendaman sebelumnya. Anda harus melakukan kegiatan ini 3 kali seminggu.


6. Bubuk kopi

Bubuk kopi dapat digunakan sebagai scrub yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk pada telapak tangan kasar. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan bubuk kopi secukupnya hanya dengan sedikit air, aduk hingga merata lalu gosok-gosok pada telapak tangan kasar lalu diamkan sekitar 5 menit. Setelah itu, bilas tangan Anda menggunakan air bersih yang mengalir.


7. Gunakan pelembab

Pelembab bisa menghaluskan kulit telapak tangan Anda. Karena itu, gunakan pelembab agar kulit telapak tangan menjadi halus. Pilih pelembab yang mengandung shea butter.

Anda juga dapat memilih pelembab khusus untuk kulit kering karena biasanya mengandung kadar air yang tinggi. Anda dapat memeriksa informasi pada kemasan.


8. Hindari terkena air panas

Selain paparan sabun yang telah disebutkan, hindari juga telapak tangan Anda dari air panas. Air panas akan mengiritasi kulit sehingga kulitnya pecah dan menjadi kasar. Paranya, kulit tangan Anda juga bisa meradang dan membuatnya lebih kasar.


9. Hindari menggunakan pengering tangan

Apakah Anda terbiasa mengeringkan tangan dengan pengering tangan yang umum di restoran? Jika demikian, tinggalkan kebiasaan itu mulai sekarang. Pengering tangan dapat membuat kulit Anda kasar.

Air panas di mesin pengering memicu penguapan yang lebih tinggi, mengeluarkan cairan dari sel-sel kulit tangan dan akhirnya menjadi kasar. Karena itu, gunakan handuk atau tisu untuk mengeringkan tangan Anda.


10. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat yang bisa mengurangi iritasi pada telapak tangan Anda. Anda bisa menggunakan lidah buaya yang dicampur dengan minyak kelapa murni atau madu kemudian oleskan ke telapak tangan Anda.


11. Tingkatkan konsumsi air

Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu penyebab telapak tangan menjadi kasar. Karena itu, konsumsi banyak air dapat mengembalikan cairan tubuh dan membuat kulit telapak tangan menjadi halus.

Minumlah setidaknya 2 liter air sehari. Jika Anda berada di tempat yang cukup panas untuk banyak berkeringat maka Anda dapat mengkonsumsi lebih dari 2 liter air per hari.


Jika semua tips yang diberikan belum berhasil, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit. Ini bertujuan agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat sehingga penyakit yang menyebabkan kulit kasar dapat diobati.

Tips Cara Menghaluskan Telapak Tangan Yang Kasar 
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Tips Cara Menghaluskan Telapak Tangan Yang Kasar "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel