Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

Cara mempertahankan gaya hidup sehat yang baik dan benar adalah cara Anda berusaha meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, terutama pada kesehatan.


Banyak orang lupa menyisihkan waktu untuk makan, memilih untuk menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam, sehingga jam tidur tidak lagi 7-8 jam per hari.

Jika gaya hidup seperti itu berlanjut, itu akan berdampak negatif pada tubuh. Untuk memiliki tubuh yang sehat, ada banyak cara yang bisa Anda terapkan, tetapi tidak mudah mengubah gaya hidup yang tidak teratur menjadi gaya hidup sehat.

Memang benar bahwa ada banyak kendala yang akan Anda hadapi untuk berubah dan mempertahankannya dengan gaya hidup sehat.

Kendala terbesar adalah perasaan malas yang muncul dalam diri Anda dan meremehkan pentingnya kesehatan.

Karena itu dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam, jika sudah ada niat maka selanjutnya adalah memiliki kemauan, sehingga gaya hidup sehat yang Anda inginkan akan terwujud.

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit

1. Rutin konsumsi sayuran hijau



Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda mempertahankan diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut sebuah percobaan pada tikus, makan sayuran krisifer, seperti brokoli, kembang kol.

Dan kol, dapat membantu mengirim sinyal kimiawi ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang dibutuhkan untuk membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal.

Dalam studi ini, tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau mengalami penurunan protein permukaan sel sebesar 70-80 persen.


2. Konsumsi vitamin D



Jika tubuh kita kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik termasuk kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi.

Anda juga dapat membeli suplemen vitamin D dan memilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.

Tetapi sebelum mengambil suplemen, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.


3. Olahraga teratur



Tetap aktif dengan berolahraga secara teratur. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan. Olahraga teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, dan mempercepat sirkulasi sel darah putih dalam memerangi penyakit.


4. Rutin Minum teh hijau



Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan dari teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid.

Sehingga bisa mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Karena itu, karena mudah dilakukan cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sudah banyak dilakukan.


5. Tidur yang cukup



Tidur yang cukup adalah salah satu kunci sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur setidaknya delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari virus dan kuman bakteri.

Sementara itu, orang yang kurang dari 6 jam semalam memiliki kemungkinan 4 kali lebih tinggi untuk terserang virus daripada orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Ini disebabkan oleh sitokin yang dilepaskan oleh tubuh saat tidur panjang. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


6. Mengontrol stres Anda



Stres telah terbukti melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang mudah terserang penyakit.

Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon yang konstan pada orang yang mengalami stres kronis sebenarnya dapat mengurangi kemampuan hormon ini.

Ini dapat menyebabkan tubuh menjadi meradang dan rentan terhadap penyakit.

Jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik adalah dengan mengendalikan stres.

Anda dapat mencoba melakukan yoga atau latihan meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stres.


7. Bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar



Kesepian sering dikaitkan sebagai pemicu beberapa penyakit, terutama pada orang yang baru pulih dari operasi jantung.

Penelitian yang diterbitkan di American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, yang memperlambat respons kekebalan tubuh dan kemampuan untuk sembuh dengan cepat.


8. Menjaga kebersihan



Cara lain untuk menjaga kesehatan adalah menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan di sekitarnya.

Dengan begitu, Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kebersihan:


  • Mandi setiap hari
  • Cuci tangan Anda sebelum • makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.
  • Cuci tangan Anda sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut.
  • Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosokkan di bawah kuku Anda.
  • Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin.


9. konsumsi probiotik



Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami stres yang mendapatkan probiotik, mengalami rasa sakit dalam periode waktu yang lebih singkat.


10. Hindari alkohol



Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol dapat merusak sel dendritik, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Seiring waktu, sering minum alkohol dapat meningkatkan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Vaccine Immunology membandingkan sel-sel dendritik dan respon sistem kekebalan pada tikus yang diberi alkohol dan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol.

Alkohol menekan kekebalan pada tikus sampai tingkat yang berbeda-beda. Dokter mengatakan bahwa penelitian ini membantu menjelaskan mengapa vaksin kurang efektif untuk orang yang kecanduan alkohol.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel