Manfaat ampas kopi yang jarang diketahui

Bubuk kopi yang dihasilkan dari secangkir kopi di rumah biasanya akan dibuang. Kami akan mengubah kebiasaan ini jika kami tahu bahwa bubuk kopi memiliki banyak manfaat.


Berbagai manfaat bubuk kopi berkisar dari kecantikan kulit hingga kebersihan rumah.

Memanfaatkan bubuk kopi juga dapat membantu mengurangi limbah. Padahal, dengan menggunakan bahan alami ini, kita bisa menghemat pengeluaran rumah tangga. Penasaran apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan?

Berikut ulasannya:

1. Kopi bisa menghilangkan bau tidak sedap

Apakah Anda memiliki pengalaman mencium bau tak sedap yang berasal dari lemari es (atau mungkin kamar tidur Anda)? Alih-alih menyiksa hidung Anda, Anda bisa mengatasi ini dengan meletakkan sekantung bubuk kopi di sekitar sumber bau. Aroma kopi pasti bisa mengalahkan bau yang tidak sedap.


2. Kopi dibuat lilin aromaterapi



Tidak hanya mengusir rasa kantuk, aroma kopi juga menenangkan pikiran. Cobalah untuk membuat lilin aromaterapi dari kopi, siapa tahu, Anda dapat meningkatkan mood Anda. Apalagi jika pikiran Anda sering bosan.


3. Kopi dapat digunakan sebagai pengganti sabun



Anda yang suka memasak pasti telah terpampang dengan bau amis di tangan Anda. Meskipun Anda telah mencuci tangan dengan sabun, biasanya bau amis itu sulit. Untuk mengatasinya, cobalah mencuci tangan dengan bubuk kopi. Tidak hanya menghilangkan bau, tangan Anda juga bisa lebih halus


4. Usir serangga yang mengganggu dengan aroma kopi



Di musim hujan, biasanya rumah sering dimasuki serangga. Jika Anda merasa terganggu dengan kehadirannya, taburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang sering dikunjungi serangga. Metode alami ini tidak hanya murah, tetapi juga baik untuk lingkungan.

Tapi jangan menaburkannya di lantai segera. Simpan bubuk kopi dalam wadah.


5. Membersihkan alat dapur

Selain aromanya yang kuat, teksturnya yang sedikit kasar juga dapat membantu membersihkan noda membandel pada peralatan dapur. Gunakan bahan-bahan berwarna alami ini sebagai alternatif dari sabun cuci untuk menghilangkan kerak dari wajan.

Bau amis di wajan juga bisa diminimalkan dengan menggunakan ampas kopi. Simpan di tempat tertutup agar dapat digunakan kapan saja.


6. Sebagai Pupuk tanah



Kandungan kopi, ternyata ada kalium, tembaga, dan fosfor dan magnesium yang bisa menyehatkan tanah. Inilah sebabnya mengapa dapat digunakan sebagai alternatif pupuk.

Tapi caranya adalah dengan mengeringkan ampas kopi terlebih dahulu. Setelah itu, bubuk kering ditaburkan di tanah di mana tanaman tumbuh. Selain sebagai pupuk alternatif, kopi juga dipercaya bisa mencegah kedatangan hama.


7. Memperkuat dan meningkatkan warna rambut

Selain kecantikan wajah, ampas kopi juga bisa bermanfaat untuk rambut. Perawatan rambut dengan kopi sudah ada sejak peradaban kuno di Mesir. Kandungan kafein dalam kopi dapat mendorong pertumbuhan rambut untuk mengatasi kebotakan, terutama bagi pria.

Warna kopi gelap juga cocok untuk Anda yang ingin menjaga warna rambut tetap gelap dan berkilau. Caranya adalah dengan mengoleskan bubuk kopi segar ke rambut setelah keramas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas sampai bersih.


8. Menghaluskan Kulit.

Masker wajah tidak hanya menggunakan jus buah segar, kita juga bisa membuat larutan bubuk berlebihan untuk mempercantik wajah dan menghaluskan kulit.

Penggunaan bubuk kopi ini akan menciptakan sensasi yang berbeda dan hasil efek revitalisasi pada wajah manfaat bubuk kopi nantinya bisa terlihat jika Anda menggunakan bubuk kopi ini.

Manfaat ampas kopi yang jarang diketahui

Dirangkum dari berbagai sumber
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Manfaat ampas kopi yang jarang diketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel