Inilah Manfaat Sehat dari Manis Dan Asamnya Buah Markisa Untuk Kesehatan Tubuh

Buah yang berasal dari daerah tropis-subtropis di Amerika ini ternyata sungguh menajubkan.


masih banyak orang yang belum mengetahui atau mengenal buah markisa. Hal ini disebabkan karena buah markisa memang agak sulit untuk kita temui.

Buah markisa di ketahui mempunyai kandungan nutrisi dan vitaminnya yang kaya, terutama pada bijinya yang sarat dengan vitamin A, vitamin C, serat makanan, magnesium, kalium, zat besi, riboflavin, karotenoid, asam nikotinat, dan flavonoid.

Markisa bisa diolah menjadi bahan dasar membuat minuman, namun ada baiknya mengonsumsi langsung bijinya meski memiliki rasa asam, rasa asam ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme hingga merawat kulit.
Markisa mempunyai nama latin Passiflora edulis.


Berikut Beberapa manfaat buah markisa :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat pertama buah markisa adalah mnguatkan sistem imun pada tubuh.buah markisa telah dibudidayakan karena fungsinya bagi sistem kekebalan tubuh manusia.

markisa mempunyai kandungan vitamin C, cryptoxanthin dan karoten yang bekerja sebagai antioksidan. Yang berfungsi untuk mengikat zat-zat radikal bebas dari tubuh lalu menetralkannya sebelum zat-zat tersebut dapat membahayakan sistem organ tubuh.

Hal ini akan membantu tubuh mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker hingga penuaan dini.

Vitamin C yang di kandung oleh  buah markisa juga berfungsi untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan juga merangsang aktivitas sel darah putih.

2. Bagus Untuk Saluran Pencernaan
buah markisa juga baik bagi kesehatan pencernaan kita.

Banyaknya kandungan serat sebagai salah satu komponen penting dalam pencernaan dalam buah markisa akan sangat baik bagi sistem pencernaan manusia.

Serat larut yang ada dalam buah markisa berfungsi sebagai pencahar yang dapat mengurangi racun dalam usus serta memindahkan makanan melalui saluran pencernaan.

Sistem kerja tersebut dapat menghindarkan kita dari tanda-tanda sembelit dengan cara mengurangi kolesterol berlebih pada pembuluh darah, mengatur gerakan usus serta mencegah kanker kolorektal

3. Bagus untuk Kesehatan Tulang
kandungan magnesium, tembaga, zat besi hingga fosfor dalam buah markisa membuatnya baik untuk dikonsumsi terlebih dalam meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.

kandungan yang ada dalam buah markisa tersebut merupakan faktor-faktor penting dalam penguatan materi tulang yang ada, menciptakan materi tulang tambahan, maupun mempercepat perbaikan tulang.

Rutin mengkonsumsi buah markisa juga dapat mengurangi, mencegah atau bahkan menghilangkan gejala osteoporosis.

4. Mencegah Anemia
Zat besi yang terkandung dalam buah markisa dapat memperlancar pembentukan sel darah merah yang ada dalam tubuh.

Tubuh yang kekurangan sel darah merah cenderung akan mudah kelelahan ataupun sering merasakan pusing secara tiba-tiba.

Rajin mengkonsumsi buah markisa dapat mencegah kita dari anemia.

5. Mengatur Tekanan Darah
rutin mengkonsumsi satu buah markisa setiap hari dapat membantu kita untuk memenuhi seperempat dari kalium yang dibutuhkan manusia.

Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia karena perannya sebagai vasodilator.

Kalium juga akan menenangkan ketegangan yang kerap dialami pembuluh darah serta dapat meningkatkan aliran darah.

Selain itu, kalium juga dibutuhkan dalam menjaga keseimbangan cairan dari sel-sel yang ada di dalam tubuh.

6. Mencegah Insomnia
Kandungan senyawa alkaloid di dalam buah markisa dapat berfungsi sebagai obat penenang.

Perlu diketahui, senyawa ini dapat mengurangi kegelisahan, kecemasan saraf hingga insomnia sehinggakita dapat tidur dengan lebih baik.

7. Buah Markisah baik untuk Diet.
Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak.

8. Mencegah Infeksi.
kandungan vitamin C pada buah markisa mempunyai antioksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi, dan juga dapat mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.


Markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.

Demikian pembahasan tentang manfaat buah markisa, semoga informasi yang di berikan bisa bermanfaat.....
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel