Dampak Akibat Mengganti Domain Blogspot Dengan Domain Kustom TLD

Setelah lama berpikir dan menimbang-nimbang tentang dampak yang akan muncul setelah mengubah domain dari blogspot ke TLD (Top Level Domaian), akhirnya saya memutuskan untuk mengganti dan memiliki domain sendiri.


Mengubah nama domain menjadi domain TLD (Top Level Domain) di Blogspot? pasti akan ada efek setelah mengubah domain dengan domain custom.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba mengganti domain blogspot ke custom domain atau TLD (Top Level Domain), karena dengan menggunakan domain saya sendiri nama blog menjadi lebih pendek dan lebih mudah diingat selain tidak perlu memikirkan sub domain blogspot.com.

Sebagai akibat dari Mengganti Domain Blogspot dengan Domain Kustom, Apakah Traffic blog akan turun drastis?

Hampir dipastikan setelah mengganti domain dengan domain custom akan traffic turun drastis. Untuk mengganti domain Blogger dengan TLD (Top Level Domain) sangat mudah karena hanya perlu menyesuaikan DNS dan tutorial sangat banyak jika kita mencari di Google, tetapi masalahnya tidak terselesaikan di sana, ternyata setelah mengubah domain blogspot menjadi TLD ada beberapa efek tidak menyenangkan termasuk traffic blog akan berkurang secara drastis menjadi 60% bahkan lebih dibandingkan sebelumnya seperti yang saya alami.

Beberapa Dampak Buruk Mengubah Blogspot ke TLD


  1. Posisi SERP di mesin pencari, terutama di Google, berubah, misalnya saat masih menggunakan blogspot dengan kata kunci tertentu, blog yang menempati posisi nomor satu ternyata turun ke posisi 3-4 bahkan lebih, tetapi yang muncul adalah nama domain baru bukan blogspot seperti sebelumnya.
  2. Alexa rank menjadi besar lagi, jumlah indeks berkurang karena masih menyesuaikan proses pengubahan domain.
  3. Pengunjung berkurang secara drastis, ini adalah yang paling tidak disukai dan sebagai hasilnya penghasilan Adsense berkurang hingga 50% bahkan lebih, dibandingkan sebelumnya.
  4. Iklan adsense akan tidak muncul atau blank total.


Tetapi jangan khawatir karena 4 efek negatif yang saya sebutkan di atas tampaknya bersifat sementara karena setelah memeriksa lagi, posisi SERP di Google telah mulai pulih dan sekarang beberapa kata kunci kembali ke nomor satu. Adapun lalu lintas setelah dua minggu tampaknya telah merangkak kembali ke normal.

Setelah Mengubah Blogspot ke Domain Kustom, Apa yang Saya Lakukan?


  1. Kirim ulang blog ke Google Webmaster yang sekarang berubah ke Google Search Console.
  2. Hapus peta situs lama dan ganti dengan peta situs menggunakan domain baru.
  3. Jika Anda menggunakan Adsense, masukkan domain ke situs yang diotorisasi
  4. Jika Anda menggunakan Feedburner, sesuaikan url di feedburner dengan yang baru.
  5. Untuk iklan adsense yang tidak muncul, anda harus upgrade akun adsense anda. Dan proses upgrade akan di tinjau atau di review ulang.


Kesimpulannya, semua efeknya buruk atau efek negatif karena mengubah domain blogspot ke domain cuatom atau TLD sepertinya tidak permanen atau hanya sementara jadi bagi Anda yang ingin melakukan hal yang sama karena saya tidak perlu takut Anda akan kehilangan lalu lintas selamanya.

Demikian penjelasan tentang dampak akibat setelah mengganti domain dengan domain custom.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Dampak Akibat Mengganti Domain Blogspot Dengan Domain Kustom TLD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel