Jangan Ragu Lagi, Banyak Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

buah Bit atau Beets mempunyai manfaat yang paling kuat termasuk kemampuan buah ini untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan, meningkatkan tenaga, dan mencegah kanker.


Manfaat Sehat Buah Bit juga membantu dalam memberikan bantuan dari degenerasi makula, meningkatkan sirkulasi darah, membantu perawatan kulit, mencegah katarak, membangun kekebalan, dan meringankan masalah pernapasan. Manfaat bit ini dapat dikaitkan dengan kekayaan nutrisi, vitamin, dan mineral.

Apa itu Buah Bit?

Bit, termasuk keluarga Chenopodiaceae. Bit adalah salah satu varietas dari spesies Beta vulgaris. Buah ini sering ditambahkan sebagai bahan untuk salad, sup, dan acar dan juga digunakan sebagai zat pewarna alami. Meskipun mereka tersedia sepanjang tahun dan dapat dimakan setiap hari, mereka masih dianggap sebagai sayuran musiman.

Manfaat Sehat Buah Bit

Bit atau Beetroot tidak hanya penuh dengan nutrisi penting sehari-hari seperti vitamin B, zat besi, mangan, tembaga, magnesium, dan kalium, buah bit ​​ini juga merupakan tambang nutrisi penambah kesehatan yang mungkin tidak Anda dapatkan di tempat lain.


Bit, telah mendapatkan popularitas sebagai makanan super baru karena penelitian terbaru mengklaim bahwa bit dan jus bit dapat meningkatkan stamina, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah.


Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam segala jenis telah lama dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup.


Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan nabati, seperti bit, mengurangi risiko obesitas, kematian secara keseluruhan, diabetes, dan penyakit jantung dan mencerahkan warna kulit dan rambut yang sehat, peningkatan energi, dan berat keseluruhan yang lebih rendah.


Manfaat Sehat Buah Bit:

1. Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah.


Sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan di Hipertensi meneliti efek menelan 500 mililiter jus bit pada sukarelawan sehat dan menemukan bahwa tekanan darah secara signifikan diturunkan setelah konsumsi.


Para peneliti berhipotesis ini kemungkinan karena kadar nitrat yang tinggi yang terkandung dalam jus bit dan bahwa sayuran nitrat yang tinggi terbukti menjadi cara yang murah dan efektif untuk mengobati kondisi kardiovaskular dan tekanan darah.


Studi lain yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan hasil yang sama, menyimpulkan bahwa minum jus bit menurunkan tekanan darah secara signifikan berdasarkan dosis.


2. Demensia.


Para peneliti di Wake Forest University telah menemukan bahwa minum jus dari bit dapat meningkatkan oksigenasi ke otak, memperlambat perkembangan demensia pada orang dewasa yang lebih tua.


Menurut Daniel Kim-Shapiro, direktur Wake Forest's Translational Science Center, aliran darah ke daerah-daerah tertentu di otak berkurang seiring bertambahnya usia dan mengarah pada penurunan kognisi dan kemungkinan demensia. Mengkonsumsi jus bit sebagai bagian dari diet nitrat tinggi dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke daerah-daerah yang kurang.


3. Diabetes.


Bit mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah perubahan oksidatif yang diinduksi stres pada pasien dengan diabetes.


Studi tentang asam alfa-lipoat juga menunjukkan penurunan gejala neuropati perifer dan neuropati otonom pada orang dengan diabetes.


Namun, meta-analisis menunjukkan bahwa manfaat asam alfa-lipoat untuk neuropati perifer simtomatik mungkin terbatas pada pemberian asam intravena. Para penulis menyimpulkan: "Tidak jelas apakah perbaikan signifikan terlihat setelah 3 sampai 5 minggu pemberian oral dengan dosis lebih dari 600 miligram sehari secara klinis relevan. "


4. Memperlancar Sistem Pencernaan.


Karena kandungan seratnya yang tinggi, bit membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.


5. Peradangan.
Kolin adalah nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam bit yang membantu tidur, pergerakan otot, belajar, dan daya ingat. Kolin juga membantu mempertahankan struktur membran seluler, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis.


6. Meningkatkan Tenaga.


Suplemen jus bit telah terbukti meningkatkan oksigenasi otot selama latihan, menunjukkan bahwa peningkatan asupan nitrat makanan berpotensi meningkatkan toleransi olahraga selama latihan ketahanan jangka panjang. Kualitas hidup bagi mereka yang menderita penyakit kardiovaskular, pernapasan, atau metabolisme, yang merasa aktivitas sehari-hari sulit secara fisik karena kekurangan oksigenasi, dapat ditingkatkan.

Nutrisi Buah Bit

Bit dan jus bit adalah sumber nutrisi yang baik.


Kandungan Nutrisi Buah Bit dalam Satu cangkir bit mentah mengandung:

  • 58 kalori 
  • 13 gram karbohidrat, 
  • termasuk 9 gram gula 
  • 4 gram serat 
  • 2 gram protein
Bit atau Beetroot menyediakan 1 persen kebutuhan harian untuk vitamin A, 2 persen kalsium, 11 persen vitamin C dan 6 persen zat besi.


Vitamin C, antioksidan, memainkan peran penting dalam menciptakan kolagen dan beberapa neurotransmiter, dan dalam metabolisme protein. Zat besi adalah bagian penting dari hemoglobin, protein yang mentransfer oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Ini diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel. Kekurangan zat besi menyebabkan jenis anemia tertentu.


Ini adalah sumber yang kaya folat dan mangan. Ini juga mengandung tiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kolin, betain, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga dan selenium.


Folat penting untuk metabolisme yang sehat, mendorong kulit dan rambut yang sehat, dan melindungi mulut dari rasa sakit dan bisul. Asam folat direkomendasikan selama kehamilan dan penelitian menunjukkan bahwa ia berkontribusi terhadap berat lahir yang sehat dan mencegah cacat jantung bawaan dan masalah lain seperti cacat tuba saraf pada bayi baru lahir.


Mangan terjadi dalam jumlah kecil dalam tubuh, tetapi diperlukan untuk berbagai fungsi. Kurangnya mangan dapat berkontribusi pada infertilitas, malformasi tulang, kelemahan, dan kejang.


"Bit mengandung nitrat diet tinggi, yang diyakini bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan dapat melindungi dari kanker."


Diet:

Bit dapat dipanggang, dikukus, direbus, diasamkan, atau dimakan mentah.

• Buat jus bit Anda sendiri dengan mengupas bit dan blender dengan kombinasi jeruk segar, mint dan nanas atau apel, lemon, dan jahe. Blend dan saring.

• Parut bit mentah dan tambahkan ke salad favorit Anda.

• Tambahkan bit acar iris ke salad favorit Anda dan tambahkan keju.

• Iris bit mentah dan sajikan dengan jus lemon dan taburan bubuk cabai.


Ketika memilih bit, pastikan berat untuk ukurannya dan tanpa kerusakan permukaan. Jika atasan hijau masih muda, mereka harus terlihat segar, tidak layu. Ini juga bisa dimakan.


Bit tidak hanya berwarna merah. Ada juga bit emas dan bit putih. Buah ini banyak tersedia di swalayan dan pasar tradisional.


Untuk menyimpan bit selama beberapa hari, masukkan ke dalam kantong yang tertutup rapat.


Jika Anda menanam bit dan perlu menyimpannya lebih lama, potonglah daun dan tangkainya, sisakan sekitar 2 inci panjangnya. Simpan di dalam kotak pasir di garasi atau gudang, di tempat yang sejuk tetapi tidak beku.


Risiko:

• Jika disimpan dengan tidak tepat, jus sayuran yang mengandung nitrat dapat menumpuk bakteri yang mengubah nitrat menjadi nitrit dan mencemari jus. Tingkat nitrit yang tinggi dapat berpotensi berbahaya jika dikonsumsi.

• Diet tinggi nitrat dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu seperti nitrat organik (nitrogliserin) atau obat nitrit yang digunakan untuk angina, sildenafil sitrat, tadalafil, dan vardenafil.

• Minum jus bit dapat menyebabkan urin merah atau feses.


Ini adalah pola makan keseluruhan yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik makan makanan dengan variasi daripada berkonsentrasi pada makanan individu sebagai kunci untuk kesehatan yang baik.

Berbagai produk bit tersedia untuk dibeli secara online, termasuk suplemen, bubuk, jus, ekstrak, dan bit acar.


Demikian ulasan singkat kami tentang manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh kita. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa membaca artikel lain yang tidak kalah menarik di blog kami.


Di rangkum dari berbagai sumber 
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel