Resep Cara Membuat Donat yang Super Lembut dan Mengembang

Donat adalah salah satu camilan paling populer untuk anak-anak. Selain memiliki rasa manis, donat juga memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga donat goreng menjadi camilan lezat yang dimakan dalam suasana apa pun.


Umumnya, resep donat dibuat dari tepung, ragi, telur, mentega dan juga gula. Namun, saat ini tidak jarang banyak juga yang menambahkan kentang kukus ke dalam campuran. Bukan tanpa alasan, karena donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur lebih lembut dibandingkan dengan donat gandum.

Tapi jangan salah, sekarang ada cara untuk membuat donat yang lembut, lembut bahkan tanpa kentang! Seperti resep dan cara membuat donat tanpa kentang yang dibagikan kali ini.

Kiat sukses membuat donat lembut dan halus tanpa kentang adalah campuran adonan yang tepat. Mengistirahatkan adonan dengan benar juga sangat mempengaruhi bentuk dan ekspansi donat. Jadi harus dipertimbangkan sekali bahan yang digunakan agar donat yang Anda buat sesuai keinginan.

Seiring perkembangan zaman, kini variasi donat sangat beragam, misalnya donat yang dilapisi fondant warna-warni, donat yang dihiasi karakter, atau donat dengan beragam topping.

Bentuknya juga dibuat dalam bentuk mini, karakter berbentuk kartun, atau berbentuk seperti kue. Untuk dapat menikmati donat, kita dapat membelinya di toko kue, toko donat, donat madu, atau bahkan kedai kopi. Donat sangat akrab di masyarakat kita, sekarang tidak sulit menemukan donat dengan berbagai rasa

Cara membuat donat sebenarnya sangat mudah. Jika kita memiliki waktu luang dan ingin menikmati donat sambil bersantai, ada ide bagus untuk membuat donat kita sendiri. Selain kita bisa kreatif dalam menghasilkan donat yang unik dan lezat, kita juga bisa menikmati donat ketika masih hangat, baru keluar dari wajan.

Membuat donat sangat mudah dan sederhana, hanya saja Anda harus benar dalam adonan. Agar tidak gagal, mari kita simak tips membuat donat yang enak dan enak di bawah ini!

Donat biasanya digunakan sebagai camilan saat berkumpul sambil ditemani minuman hangat. Bentuk, rasa dan topping donat sekarang sangat bervariasi, membuat roti goreng dengan lubang di tengah semakin disukai oleh banyak orang.

Sekarang, dari hanya ingin tahu, mari kita lihat bahan-bahannya dan Cara Membuat Donat Sederhana. Lembut dan halus seperti berikut ini.

Bahan untuk Membuat Donat Goreng:


  1. 500 gram tepung protein tinggi
  2. 250 mililiter air hangat
  3. 5 sendok makan gula pasir
  4. Kuning telur 2 butir telur
  5. 100 gram margarin, cairkan, dinginkan
  6. Ragi 6 gram instan
  7. 2 sendok makan susu bubuk (saya menggunakan susu bubuk Dancow)
  8. Minyak untuk menggoreng
  9. Cukup gula halus untuk ditaburkan


Cara Membuat Donat Lembut yang Tahan Lama:



  1. Siapkan wadah, lalu tambahkan 250 mililiter air hangat, 5 sendok makan tepung, ragi dan juga 5 sendok makan gula. Aduk perlahan searah jarum jam dengan sendok sampai campuran larut.
  2. Selanjutnya masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, jika tepung sudah masuk sekitar setengah dari ukuran, masukkan satu per satu telur, susu bubuk, dan juga margarin. Aduk lagi dan tambahkan sisa tepung sedikit demi sedikit sampai campuran tidak lengket lagi.
  3. Uleni adonan sampai halus dan elastis, lalu tutup dengan bungkus plastik, dan diamkan sampai adonan digandakan selama sekitar 45 menit.
  4. Langkah selanjutnya adalah menguleni adonan, lalu uleni sebentar, dan diamkan sampai mengembang.
  5. Bentuk donat sesuai selera, bisa menggunakan cetakan donat atau bisa juga bentuk donat secara manual dari donat lubang tengah berbentuk cincin atau donat berbentuk bulat tanpa isi atau bisa juga diisi dengan rasa manis seperti berbagai jenis selai , agar-agar, krim, cokelat dan juga custard.
  6. Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng donat dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan.
  7. Angkat, tiriskan, dan sajikan donat dengan gula atau topping lainnya secukupnya, seperti parutan keju atau cokelat / meises berwarna-warni.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

1 Response to "Resep Cara Membuat Donat yang Super Lembut dan Mengembang"

SABILISLOW said...

enak nih but ngemil brow

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel