Fakta Menarik Hutan Amazon Yang Harus Anda Ketahui

Hutan terletak di Amazon, ini adalah hutan tropis paling luas di dunia. Memiliki total luas hingga tujuh juta kilometer persegi yang terletak di sembilan negara.


Brasil (dengan 60 persen hutan), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis dinamai "Paru-paru Dunia "karena menghasilkan 30 persen dari semua oksigen di bumi.

Tidak hanya itu, Hutan Amazon juga dinamai "Green Hell" karena setiap tahun sungai selalu meluap.

Hutan lebat membuat semuanya terlihat sama dan akhirnya karena banyak serangan dari serangga liar, yang sebagian besar belum disebutkan namanya.

Tiga puluh persen dari jumlah total hewan dan setengah dari semua spesies tanaman ada di hutan ini. Beberapa spesies hewan di hutan ini adalah Jaguar, Tapir, Anaconda, Boa, Blue Morpho Butterfly, Harpy Eagle, Sloth, Cainman, Boar, Fish, dan banyak lagi.

Sedangkan berbagai jenis tanaman yang ada di sini adalah pohon kapuk, pohon telinga gajah, lotus raksasa, anggrek, jarda, sawo, sawo, pisang, dan lainnya.

Hutan Amazon juga berkontribusi sekitar 54 persen dari total hutan hujan yang tersisa di bumi.

Amazon Ecosystem adalah rumah bagi ribuan spesies tumbuhan dan hewan. Selain itu, masih ada berbagai fakta unik dan menarik tentang hutan terbesar di dunia.

Ada banyak fakta menarik dari hutan ini. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Sungai Amazon, denyut nadi kehidupan Amazon, membentang sekitar 4.007 mil dari hulu ke hilir di Samudera Atlantik.


Sungai Amazon memiliki 1.100 anak sungai, dengan panjang 17 mil lebih dari 900 juta.

Sebagai salah satu sungai terbesar di dunia, Amazon memiliki aliran udara sekitar 3,4 juta galon setiap menit.


2. Hutan hujan Amazon memiliki iklim panas dan lembab, dengan suhu rata-rata sekitar 27 derajat Celcius sepanjang tahun.

Wilayah Amazon jarang mengalami perubahan drastis dalam pola iklim. Panas akan menguapkan air dan kembali lagi dalam bentuk hujan yang mengguyur Amazon.


3. Tingkat curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, disertai dengan air yang dibawa oleh sungai-sungai salju yang mencair dari Pegunungan Andes di Peru, menyebabkan hutan mengalami banjir di musim panas.

Saat itu, ketinggian air naik antara 9-12 meter, menciptakan rawa-rawa yang menggenangi jutaan hektar wilayah Amazon.


4. Sekitar 438.000 spesies tanaman telah diidentifikasi di Amazon. Bukan tidak mungkin bahwa jumlah ini akan terus meningkat sebagai eksplorasi Amazon yang lebih menyeluruh.


5. Sekitar 2.180 ikan, 1.294 burung, 427 mamalia, 428 amfibi, dan 378 reptil telah diidentifikasi di Amazon.

Selain itu, hutan lebat Amazon adalah rumah bagi 2,5 juta spesies serangga.

Jumlah invertebrata, bahkan lebih sulit untuk dipastikan, diyakini berada dalam kisaran 96.660 hingga 128.843 spesies.


6. Sekitar seperlima dari total spesies burung dan ikan yang menghuni planet ini ditemukan di ekosistem Amazon.

Sungai dan rawa Amazon adalah rumah bagi spesies seperti pirarucu - dianggap sebagai salah satu spesies ikan air tawar terbesar di dunia (2,5 meter), dan piranha - salah satu spesies paling mematikan di dunia.

Jaguar, cougar, dan ocelot adalah predator besar yang menghuni Amazon, sementara buaya caiman hitam adalah predator utama di habitat perairan.


7. Sungai dengan air mendidih di Hutan Amazon


Tidak jauh dari sungai utama Amazon, ada sungai 4 mil yang terletak di Situs Suci Ashaninka. Air sungai ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Sungai ini memiliki air mendidih dari panas bumi Mayantuyacu.

Sungai dengan kedalaman 6 meter dikeringkan dengan air panas yang bisa digunakan untuk menyeduh teh. Di sisi lain sungai ada bagian dengan suhu panas yang lebih tinggi.

Seorang peneliti pernah mencoba memasukkan jarinya ke dalam air ini dan dalam sepersekian detik jarinya segera mengalami luka bakar tingkat tiga.

Tidak heran misteri Sungai Amazon yang mendidih dikatakan membunuh semua jenis makhluk hidup dengan sangat cepat.

Demikian pembahasan tentang fakta hutan amazon yang harus kita ketahui. Semoga informasi yang di berikan bisa bermanfaat.


Di rangkum dari berbagai sumber
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Fakta Menarik Hutan Amazon Yang Harus Anda Ketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel