Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Hampir setiap orang pernah memgalami yang namanya gusi bengkak. Pasti taukan bagaimana rasanya jika kita mengalami gusi bengkak? Gangguan gigi dan mulut yang sering terjadi salah satunya adalah pembengkakan pada gusi.


Gusi adalah jaringan kokoh yang berwarna merah muda, ada pembuluh darah kecil dalam jumlah besar, gusi ini menempel pada gigi sambil membungkus tulang rahang atas dan bawah.

Gusi yang mengalami pembengkakan tentu akan sangat mengganggu dan menyakitkan bahkan rasa sakitnya bisa mencapai kepala. Sehingga gusi yang bengkak perlu penanganan cepat agar tidak menimbulkan rasa tidak nyaman.

Apa yang menyebabkan gusi bengkak? 

Gusi yang bengkak umumnya disebabkan oleh akumulasi plak atau karang gigi yang terbentuk selama proses makan dan minum sehingga plak mengandung banyak bakteri yang mengganggu kesehatan gusi.

Selain itu pembengkakan gusi juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau jamur, kekurangan vitamin C, kurang gizi, menggunakan gigi palsu atau peralatan gigi yang tidak tepat, penggunaan pasta gigi atau cairan untuk pembilas mulut, serta efek obat fenobarbital, dilantin, atau penghambat saluran kalsium.

Jika Anda pernah mengalami pembengkakan pada gusi dan sangat terganggu dengan kondisi seperti itu, Anda perlu mencoba cara mengatasi gusi yang bengkak menggunakan bahan alami dan tentu saja sangat mudah untuk dicoba.

Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat gusi bengkak hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut tips tentang cara menangani gusi yang bengkak.

1. Larutan garam

Buat larutan garam dengan mencampurkan 1 sendok makan garam dengan 1 gelas air hangat belimbing. gunakan untuk berkumur dua kali sehari.


2. Gunakan minyak cengkeh

Siapkan minyak cengkeh lalu oleskan sedikit ke gusi yang bengkak. Oleskan 3 kali sehari setelah atau setelah makan.


3. Air lemon

Siapkan lemon segar, ambil ¼ bagiannya lalu peras dan ambil airnya lalu tambahkan ½ cangkir air hangat aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur-kumur, lakukan metode ini 2 kali sehari secara teratur.


4. Minum banyak air

Cobalah perbanyak minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Dengan mengkonsumsi air putih setiap hari dapat bermanfaat dalam proses membersihkan gusi dan mulut, selain itu air putih juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan pencernaan dan kesehatan tubuh.


5. Pergi ke dokter

Jika langkah-langkah di atas dianggap tidak memiliki efek yang baik pada gusi, segera kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.


Demikianlah pembahasan tentang cara merawat gusi bengkak dengan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah. Bahan-bahan yang digunakan umumnya sangat sering kita jumpai sehingga mendapatkan bahan baku tidaklah sulit.

Sebelum pembengkakan gusi menimpa kita, Alangkah lebih baik jika Anda mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari gusi bengkak seperti menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi secara teratur setidaknya 2 kali sehari yaitu setelah makan dan pada malam hari sebelum tidur, pilih sikat bulu yang lembut untuk menghindari cedera. ke gusi.


Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel