Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan

Kesemek adalah jenis buah yang termasuk keluarga Diospyros. Kesemek memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Selain kesemek, buah ini juga dikenal kesemek oriental, kesemek Jepang, dan apel Jawa karena bentuknya yang menyerupai apel dan banyak tumbuh di daerah pulau Jawa.


Kesemek berwarna hijau saat muda, dan menjadi berwarna orange saat matang. Kandungan tanin dalam kesemek membuat buah ini memiliki rasa asam ketika masih muda, tetapi setelah buah menjadj matang, kadar tanin akan mengurangi rasa asam yang dikeluarkan dan menjadi manis.

Buah ini cukup penting dalam tradisi di Cina dan Jepang, sehingga buah ini memiliki nilai ekonomi tinggi. Karena memiliki nilai ekonomi yang tentunya tinggi, produksi buah ini telah menyebar dan meluas ke wilayah Selandia Baru, Australia, Israel dan sekitarnya. Ekspor dari Negara Israel ini disebut sebagai buah Sharon.

Di Indonesia, Thailand, Malaysia dan sekitarnya, produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Di antara daerah di Indonesia yang menghasilkan buah ini adalah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur, di mana buah ditanam di daerah yang memiliki dataran tinggi di pegunungan.

Manfaat Buah Kesemek

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sifat antioksidan yang ditawarkan oleh kesemek dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Buah ini juga mengandung vitamin C yang mampu mengisi 80 persen dari kebutuhan vitamin C harian.


2. Anti-Aging

Kesemek kaya akan vitamin A, beta-karoten, lutein, lycopene, dan cryptoxanthins, buah ini dapat mengurangi stres dan juga dapat mencegah penuaan dini, seperti keriput, bintik-bintik penuaan dan sebagainya.


3. Pertajam Mata

Beberapa senyawa yang terkandung dalam kesemek juga memiliki manfaat yang tentunya telah terbukti untuk kesehatan mata Anda. Kandungan zeaxanthin, vitamin B dan antioksidan dapat meningkatkan kesehatan mata kita.


4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah
Kalium dalam kesemek yang secara signifikan dapat mengontrol tekanan darah di tubuh kita.


5. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang terkandung dalam kesemek ini, yaitu sekitar 7,5 mg. Jika Anda mengonsumsi buah ini secara teratur, manfaat buah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan demikian, buah ini bertindak sebagai tameng terhadap masuk angin, infeksi paru-paru, asma, dan sebagainya.


6. Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah ini ternyata hanya memiliki total lemak sekitar 0,19 gram, artinya kesemek ini hampir tidak mengandung lemak di dalamnya. itu sebabnya buah ini bisa bermanfaat untuk membantu Anda menurunkan berat badan.


7. Membantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Dalam buah kesemek ini ada kandungan tembaga yang berfungsi membantu penyerapan zat besi, sehingga pada gilirannya dapat membantu dalam produksi sel darah merah. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang mengalami anemia.


8. Meningkatkan Stamina dan Energi

Untuk menghindari stres dan kelelahan, mengonsumsi segelas jus kesemek adalah pilihan yang sangat tepat, karena dapat meningkatkan stamina dan energi untuk melakukan aktivitas harian Anda.


9. Sebagai Sumber Fitokimia

Buah ini mengandung banyak phytochemical yang berfungsi sebagai agen antiinflamasi dan anti infeksi yang baik untuk tubuh, yang mampu mencegah peradangan dan infeksi berbahaya yang menyerang tubuh.


10. Anti-Hemoroid Alami

Buah ini diketahui telah digunakan dalam mengendalikan perdarahan yang berlebihan dari luka sejak zaman dahulu, karena buah ini memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit wasir atau sering disebut wasir.


11. Mencegah Kanker

Siapa sangka, kesemek itu juga mampu mencegah penyakit kronis seperti kanker. Manfaat kesemek untuk mencegah kanker dimungkinkan karena buah 'genit' mengandung antioksidan dan fitonutrien yang berfungsi memerangi radikal bebas sebagai pemicu pertumbuhan sel kanker.


12. Anti-Peradangan

Kesemek mengandung senyawa kimia yang disebut phytochemical yang anti-inflamasi dan anti-infeksi. Makan kesemek secara teratur dapat melindungi Anda dari risiko infeksi penyakit.


13. Mengatasi Ambeien

Manfaat kesemek lainnya adalah untuk mengobati wasir dan wasir. Ini karena kesemek mengandung zat anti-wasir yang fungsinya untuk mengobati kedua jenis penyakit tersebut.


14. Mengobati Diabetes

Kehadiran serat yang terkandung dalam kesemek membuatnya baik untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, serat dalam kesemek juga mampu memberikan efek penuh yang lebih lama sehingga baik untuk penderita diabetes (terutama diabetes tipe 2) yang sering dilanda rasa lapar.


15. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit kronis yang dapat mengancam keselamatan hidup. Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi kesemek secara teratur.

Manfaat kesemek bagi kesehatan jantung diperoleh dari antioksidan yang berfungsi untuk mendetoksifikasi racun, juga ditambah dengan serat yang berguna untuk memperlancar aliran darah ke area organ jantung.


16. Mencegah Stroke

Stroke adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar ke otak. Untuk mencegah hal ini terjadi pada Anda, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi kesemek. Bahkan, kesemek yang dipercaya bisa mengurangi risiko stroke hingga 50 persen.


Jangan sampai Anda melewatkan tentang khasiat kesemek hanya karena rasanya berbeda dengan buah lain. Semoga bermanfaat.


Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel