Tips Cara Mengatasi Hp Yang Terkena Air

Punya pengalaman seperti secara tidak sengaja hp smartphone terkena air atau kemasukan air?


Tentunya sangat menyebalkan bukan. Jika secara tidak sengaja ponsel kita terkena air ntah itu kehujanan, bermain santai di pantai tiba-tiba ada ombak yang menerjang anda, maka secara tidak sengaja ponsel jatuh di air yang tergenang atau lupa ketika pulang kerja, ponsel itu masih di kantong pakaian dan akhirnya terendam air dan sudah dicuci. Kasus seperti ini sering menyebabkan ponsel mati total jika ditangani dengan cara yang salah.

Apakah masih ada harapan untuk digunakan lagi?

Masih ada harapan untuk menyelamatkan ponsel Anda yang terkena air, jangan panik, tenang dan tenang, lakukan dengan tenang. Pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar, seperti jangan langsung hidupkan ponsel setelah ponsel terkena air, jangan terlalu banyak memindahkan ponsel Anda yang terkena air, ada banyak lagi yang harus dihindari ketika terkena air.


Lain lagi jika ponsel smartphone Anda canggih dan memiliki sertifikat tahan air. Meskipun ponsel ini terendam air, ponsel smartphone ini tidak akan mati dan masih bisa digunakan secara normal seperti biasa.

Ada tiga kemungkinan ponsel smartphone Anda yang tidak memiliki sertifikat tahan air, jika sewaktu-waktu smartphone Anda terkena air.


  1. Dapat menyala tetapi tidak normal seperti sebelumnya.
  2. Layar menjadi 'Blank', menyala tetapi layarnya putih.
  3. Mati total


Bagaimana cara mengatasinya ketika ponsel jatuh ke air atau terkena air?
Langkah demi langkah akan dijelaskan saat ponsel Anda terkena air. Berikut tutorial cara mengatasinya.


  1. Matikan Smartphone terlebih dahulu
  2. Langkah pertama diambil ketika ponsel smartphone Anda jatuh ke genangan air, segera matikan ponsel smartphone Anda untuk meminimalkan kerusakan jika masih hidup itu akan menyebabkan kerusakan besar, karena air itu bertentangan dengan perangkat elektronik.
  3. Keluarkan dari baterai, kartu SIM dan kartu memori
  4. Setelah mematikan smartphone, kemudian bongkar satu per satu mulai dari casing ponsel dan kemudian lepaskan baterai, kartu SIM, dan kartu memori.
  5. Membongkar ini membutuhkan keahlian, jika Anda memiliki keahlian untuk membongkar pasang, maka Anda harus membongkar semua casing ponsel Smarphone.
  6. Kering, Bagian Luar Smartphone
  7. Setelah selesai membongkar bagian dalam, lalu mengeringkan bagian luar smartphone. Khususnya pada LCD, bagian LCD ini paling rentan terhadap air karena LCD mengandung lapisan lunak yang tidak tahan terhadap kelembaban dan akan menyebabkan flek hitam. Jangan sering-sering memindahkannya, cukup bersihkan dengan tisu atau kain lain.
  8. Jangan di tiup
  9. Jika Anda meniup smartphone setelah terkena air saya sarankan tidak, karena nantinya air akan masuk menjadi lebih dalam jika Anda meniupnya. Cara lain adalah dengan menggunakan perangkat elektronik untuk mengeringkan, misalnya, seperti penyedot debu. Sehingga air smartphone bisa tersedot keluar.
  10. Pastikan smartphone kering
  11. Pastikan sebelumnya bahwa ponsel smartphone Anda benar-benar kering. Ada banyak cara mengeringkan salah satunya menggunakan beras.
  12. Kenapa menggunakan beras? Karena beras dianggap mampu menyerap kelembapan dengan cepat. Selain beras juga mudah didapat, biasanya tidak sulit ditemukan di dapur rumah Anda.
  13. Masukkan ponsel Anda ke dalam beras, diamkan selama dua hingga tiga hari.
  14. Atau mungkin Anda juga bisa menggunakan 'Silica Gel' untuk mengeringkan ponsel Anda yang terkena air.

Pasang kembali dan hidupkan
Ponsel smartphone Anda, apakah setelah di hidupkan kembali menyala normal seperti sebelumnya. jika tidak menyala normal kembali maka silakan datang ke service hp untuk melakukan perbaikan pada ponsel smartphone Anda.

Jangan Lakukan Saat Smartphone Smartphone Terkena Air


  1. Jangan mencoba untuk menghidupkan smartphone setelah terkena air, karena air itu bertentangan dengan elektronik.
  2. Jangan menghubungkan ponsel smartphone Anda ke sesuatu seperti pengisian ponsel atau menyambungkan kabel usb ke perangkat lain.
  3. Jangan menekan selain tombol ‘matikan’, jika Anda menekan tombol lain kemungkinan air akan masuk ke dalam.
  4. Jangan sering memindahkan smartphone Anda, sehingga air tidak masuk lebih dalam.
  5. Jangan memanaskan ponsel smartphone menggunakan oven, karena panas yang dihasilkan akan menambah kerusakan pada ponsel smartphone Anda.

Nah itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantu mengatasi ketika ponsel terkena air.


Tips Cara Mengatasi Hp Yang Terkena Air
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Tips Cara Mengatasi Hp Yang Terkena Air"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel