Tidak Di Sangka Ternyata karbon aktif Mempunyai Banyak Manfaat

Ada begitu banyak hal yang ada di sekitar kita dan mempunyai banyak manfaat untuk hidup kita.


Tetapi kita tidak menyadarinya, salah satunya adalah manfaat karbon aktif. Karbon aktif sering juga dikenal sebagai arang aktif.

Apa itu Karbon Aktif?

Ketika diantara kita mendengar tentang karbon aktif, beberapa dari kita pasti bertanya-tanya apa itu karbon aktif atau arang aktif dan apa bedanya dengan arang yang biasa ditemukan dan digunakan sebagai bahan bakar.

Nah, karbon aktif jelas berbeda dari arang biasa karena karbon aktif adalah zat karbon yang biasanya dalam bentuk bubuk atau pil dan manfaat karbon aktif sangat berbeda dari arang biasa.

Manfaat Karbon Aktif

Mungkin beberapa dari kita sering mendengar istilah arang aktif dari beberapa iklan untuk produk kecantikan dan kesehatan tanpa tahu persis apa manfaat karbon aktif untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari Anda.

1. Digunakan untuk menghilangkan racun dalam tubuh

Saat ini karbon aktif sering digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi keracunan. Ini karena kemampuan karbon aktif untuk menyerap zat berbahaya yang terkandung dalam tubuh. Tidak hanya kasus keracunan makanan, mengonsumsi karbon aktif secara teratur juga dapat membuang racun dalam tubuh.


2. Memutihkan Gigi



Tentu saja saat ini Anda sering melihat iklan di televisi menawarkan pasta gigi yang mengandung arang aktif tanpa mengetahui bagaimana arang aktif dapat membantu memutihkan gigi. Arang aktif ternyata dapat membantu mengembalikan warna gigi ke warna alami karena sering mengonsumsi teh dan kopi yang dapat mengubah warna gigi.


3. Membantu Meredakan perut kembung



Tidak hanya dapat mengikat logam berat dan zat beracun lainnya ternyata karbon aktif juga dapat meredakan perut kembung dengan mengikat zat yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi gas berlebih.


4. Mengatasi Bau Badan



Tahukah Anda apa yang menyebabkan bau badan? Ada yang bilang itu disebabkan oleh bakteri, tapi kenapa bau badan tidak juga hilang saat selesai mandi. Ini disebabkan oleh faktor-faktor yang mengganggu tubuh untuk melepaskan racun sehingga mandi saja tidak cukup untuk menghilangkan baunya karena masalahnya ada di sistem tubuh. Mengkonsumsi karbon aktif dapat membantu mengoptimalkan pembuangan racun dalam tubuh.


5. Mengatasi Masalah Jerawat



Penyebab utama jerawat adalah infeksi bakteri pada kulit. Bakteri yang menempel biasanya disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pori-pori. Menggunakan karbon aktif yang dicampur dengan lidah buaya sebagai masker dapat membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menangani bahan alami.


6. Mengatasi Gigitan Serangga

Salah satu manfaat arang tempurung kelapa dikenal sebagai obat anti-kaleng. Demikian pula karbon aktif di mana gatal, sakit, bengkak dan bahkan kemerahan akibat gigitan serangga yang disebabkan oleh racun serangga yang masuk melalui kulit. Menerapkan karbon aktif akan menyerap racun ini sehingga efek negatif dari racun serangga dapat diatasi.


7. Bersihkan saluran pencernaan



Diare terjadi karena infeksi bakteri. Mengkonsumsi karbon aktif juga dapat secara alami membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan dan salah satunya adalah diare. Tidak hanya itu semua jenis zat yang tidak berguna untuk pencernaan juga dapat diserap oleh karbon aktif dan kemudian dibuang.


8. Mengatasi Masalah Penuaan Dini



Mirip dengan manfaat antioksidan, karbon aktif juga dapat mengatasi masalah penuaan dini yang disebabkan oleh polusi, gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dan junk food. Karbon aktif dapat menghilangkan zat berbahaya yang masuk ke tubuh untuk dibuang nanti.


9. Menjernihkan Air



Dalam kehidupan sehari-hari, karbon aktif juga dapat digunakan untuk memurnikan air karena kemampuannya menyerap zat berbahaya. Saat ini sulit untuk menemukan air bersih dan penggunaan karbon aktif dapat menjadi solusi.


10. Baik untuk Kesehatan Kulit

Bayangkan berapa banyak kotoran yang menumpuk di kulit Anda dan pori-pori tersumbat pada kulit Anda, belum lagi paparan sinar matahari yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk di kulit. Menggunakan karbon aktif sebagai masker atau produk kecantikan berbasis karbon aktif dapat membantu menjaga kesehatan kulit.


11. Membantu Mengurangi Kolesterol

Hampir mirip dengan manfaat serat bagi kesehatan, karbon aktif juga dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan kemudian dibuang. Ini tentu saja dapat membantu mengurangi kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh.


12. Mengatasi Mual Setelah Mabuk

Mengkonsumsi karbon aktif setelah mengonsumsi banyak alkohol akan mengurangi rasa tidak enak yang biasanya dirasakan setelah mengonsumsi alkohol. Ini disebabkan kemampuan karbon aktif untuk menyerap alkohol yang masuk ke dalam tubuh.


Secara umum manfaat arang bagi kesehatan, terutama arang aktif utama atau manfaat karbon aktif adalah kemampuannya untuk menyerap logam berat dan zat beracun lainnya setelah zat dalam karbon aktif akan mengubah bahan kimia berbahaya sebelum tidak lagi berbahaya bagi tubuh.

Jadi jangan heran jika karbon aktif juga sering digunakan sebagai pertolongan pertama.

Tidak Di Sangka Ternyata karbon aktif Mempunyai Banyak Manfaat


Sumber: manfaat.co.id
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Tidak Di Sangka Ternyata karbon aktif Mempunyai Banyak Manfaat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel