Ternyata Seperti Ini Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu, Sementara namanya mungkin jarang terdengar.


Buah mengkudu berasal dari buah tanaman cemara kecil yang disebut mengkudu juga dikenal sebagai murbei India.

Mengapa Buah Mengkudu Kaya Akan Manfaat?

Biasanya ditemukan di subtropis dan tropis global, manfaat kesehatan yang berlimpah pada buah mengkudu dapat membantu melindungi fungsi hati.


Pemeliharaan kesehatan kardiovaskular, dan mengontrol gula darah, dan mencegah dari kepikunan.


Potensi antioksidan yang sangat besar dari buah mengkudu, juga memberikan efek antipsikotik, antijamur, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Dalam memberikan perlindungan dari kondisi seperti radang sendi dan beberapa gangguan sistem saraf pusat.


Buah ini telah terbukti karena kemampuannya untuk menjaga kulit tetap sehat, meningkatkan energi, dan mencegah kelemahan tubuh secara umum.


Buah mengkudu mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apa itu Buah Mengkudu? 

Nama botani Mengkudu adalah Morinda citrifolia, dan itu milik keluarga Rubiaceae.


Awal yang bersejarah dan penyebaran geografis dari buah mengkudu di kepulauan Pasifik telah ditelusuri hingga ribuan tahun.


Sebelum bagian akhir abad kedua puluh, tanaman ini hanya digunakan untuk mewarnai pakaian.


Ketika manfaat dalam pengobatan alternatif diakui, sebagai fokus dari pengobatan konvensional Polinesia dan dianggap sebagai penyembuh.


Dalam beberapa tahun terakhir, buah mengkudu telah menjadi bagian dari diskusi dan spekulasi global yang dikaitkan dengan karakteristik penyembuhan yang unik.


Namun, potensi terapeutik sebenarnya belum ditemukan. Pohon mengkudu ini lebih mirip semak atau pohon kecil dengan ketinggian berkisar 3-10 m.


Memiliki cabang bulat, daun mengkilap gelap, biji coklat kemerahan, dan pengelompokan kecil bunga putih yang dapat dimakan yang pada akhirnya berkembang menjadi beberapa inci panjangnya.

Kandungan Gizi Buah Mengkudu

Buah mengkudu menawarkan berbagai vitamin, mineral, dan fitonutrien lainnya yang mengesankan.


Kandungan vitamin buah mengkudu termasuk vitamin B, seperti - vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6, dan vitamin B12, serta vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin E (alfa-tokoferol), dan beta-karoten.


Kandungan mineral yang terkandung dalam jus noni termasuk kalsium, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor.


Pusat Penelitian Produk Alami Nasional di Universitas Mississippi, menyatakan bahwa buah mengkudu juga mengandung unsur kimia alami dan sejumlah antioksidan yang menginspirasi seperti quercetin, vanillin, pinoresinol, proxeronine, kaempferol, dan banyak lagi.


Manfaat kesehatan dari buah mengkudu, mengkudu adalah tanaman dengan berbagai manfaat.


Mulai dari penggunaan tradisional kayunya untuk membuat alat hingga buahnya digunakan sebagai pertolongan pertama atau untuk memberikan bantuan dari penyakit kritis.


Manfaat Buah Mengkudu Untuk Berbagai Kondisi Medis Meliputi:

1. Sebagai Antioksidan.



Sebuah studi tahun 2005 telah mengkonfirmasi bahwa buah mengkudu memiliki potensi anti-oksidatif yang luar biasa.


Ini berarti buah mengkudu menangkal radikal bebas oksigen dan menetralkan efek negatifnya.


Penelitian yang dilakukan pada pasien dengan kebiasaan merokok berat yang membuat mereka rentan terhadap banyak penyakit.


Telah menganjurkan efek perlindungan buah mengkudu dalam meningkatkan potensi radikal dari tubuh mereka dan memberikan manfaat dari penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.


2. Mencegah Kanker.



Kualitas anti-kanker buah mengkudu telah disebut-sebut sebagai bagian dari pengobatan tradisional selama ribuan tahun.


Berbagai penelitian klinis dan laboratorium telah menyarankan sifat kemo-preventif buah mengkudu dalam pencegahan berbagai kanker seperti kanker paru-paru, hati, dan ginjal karena banyaknya antioksidan penyembuhan.


Wang, dalam penelitiannya tentang "Efek pencegahan kanker dari Morinda citrifolia (mengkudu)" menunjukkan efektivitas buah mengkudu dalam mengurangi risiko kanker pada kemampuannya untuk memblokir ikatan karsinogen-DNA dan mencegah pembentukan Lebih lanjut.


Potongan bukti telah mengungkapkan kemanjuran buah mengkudu dalam memperlambat pertumbuhan tumor pada kelenjar susu dengan menurunkan berat dan volume tumor secara signifikan pada subjek.


3. Meredakan Gejala Asam Urat.



Morinda Citrifolia atau buah mengkudu memperpanjang efek terapeutiknya dalam menyembuhkan asam urat.


Keefektifan jus noni dalam menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut dikaitkan dengan tindakan penghambatannya pada enzim xanthine oksidase yang terlibat dalam asam urat dan masalah terkaitnya.


Penelitian ilmiah yang dilakukan pada tahun 2009 juga mendukung efek kuratif jus noni yang telah dipraktekkan selama ribuan tahun.


4. Mengurangi Spasme Otot.



Konsumsi buah mengkudu dapat membantu menciptakan efek relaksasi pada otot.


Studi penelitian telah mengungkapkan sifat antispasmodik buah mengkudu yang mungkin dikaitkan dengan blokade saluran kalsium yang bergantung pada tegangan dan sekresi kandungan kalsium intraseluler dalam tubuh.


Dalam hal ini membantu menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait.


5. Melindungi Kesehatan Jantung.



Buah mengkudu terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung Ini memberikan efek melebarkan pada pembuluh darah sehingga menghasilkan aliran darah yang lebih baik di arteri.


Efek vasodilatasi buah mengkudu ini membantu mengatur tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.


Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Illinois di Rockford, AS telah menunjukkan bahwa minum buah mengkudu membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat), kadar kolesterol total, homosistein, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh.


6. Menghilangkan Rasa lelah.



Buah mengkudu adalah obat yang digunakan dari waktu ke waktu dan secara tradisional digunakan oleh orang Polinesia.


Untuk memerangi kelemahan tubuh secara umum dan meningkatkan kualitas hidup dan tingkat energi.


Berbagai penelitian telah menunjukkan kualitas ergogenik jus noni yang membantu meningkatkan toleransi, elastisitas, dan kinerja fisik keseluruhan tubuh.


7. Melindungi Hati.



Buah mengkudu juga dikenal karena efektivitasnya dalam melindungi terhadap penyakit hati.


Sebagaimana didukung oleh penelitian tahun 2008, buah mengkudu memberikan efek hepato-protektif pada hati yang membantu melindungi organ dari paparan bahan kimia eksogen kronis dan bertahan melawan penyakit besar seperti kerusakan hati.


8. Kualitas Anti-psikotik.
Buah mengkudu secara historis telah digunakan untuk mengurangi keparahan berbagai penyakit termasuk gangguan yang berkaitan dengan sistem saraf pusat.


Studi yang menyelidiki efek antipsikotik jus ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan pada subjek terutama sehubungan dengan masalah perilaku mereka dan telah menunjukkan potensi besar untuk digunakan dalam menyembuhkan gangguan kejiwaan.


Selain itu, juga telah disarankan untuk memiliki efek terapi pada kerusakan otak yang dikaitkan dengan kekuatan penyembuhan komponen kimia alami.


Ini dapat membantu dalam mencegah stres iskemik serebral tanpa mempengaruhi kemanjuran fungsi enzim dan antioksidan yang baik dalam tubuh.


9. Meredakan Nyeri Artritis atau Radang Sendi.



Kekuatan penyembuhan buah mengkudu membantu menyembuhkan kondisi peradangan seperti radang sendi.


Evaluasi ilmiah telah memberikan bukti kualitatif mengenai sifat analgesik buah mengkudu yang membantu mengurangi rasa sakit dan sensitivitas.


Sehingga mengurangi kerusakan sendi yang berimplikasi pada kondisi nyeri artritis yang menyakitkan.


Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemanjuran perbaikan buah mengkudu setara dengan beberapa obat analgesik yang tersedia secara komersial.


10. Membantu Meningkatkan Fungsi Ingatan.



Buah mengkudu dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan ingatan.


Studi penelitian yang dilakukan pada subjek dengan fungsi ingatan yang lemah telah menyarankan bahwa konsumsi buah mengkudu mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi otak.


11. Mengontrol Diabetes.



Penderita diabetes juga dapat mengambil manfaat dari kekuatan penyembuhan dari ekstrak Morinda citrifolia atau mengkudu.


Ini telah dibuktikan oleh penelitian, yang telah menunjukkan efektivitas buah mengkudu sebagai ramuan remedial untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.


Bukti ilmiah telah membuktikan bahwa konsumsi jus mengkudu membantu mengurangi kadar hemoglobin glikosilasi, trigliserida serum, dan kolesterol lipoprotein densitas rendah dalam tubuh.


Selain itu, ini bekerja untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan merangsang penyerapan glukosa.


12. Perawatan kulit.



Buah mengkudu dapat dianggap sebagai bantuan alami dalam kecantikan dan perawatan kulit.


Studi menunjukkan bahwa mengkudu kaya akan unsur kimia pelindung, antrakuinon yang memberikan efek stimulasi kolagen dan mencegah pembentukan keriput pada kulit.


Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari mengkudu bekerja pada tingkat sel dan berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi kulit alergi, dan gatal-gatal secara holistik.


Kehadiran asam lemak esensial dan konsentrasi tinggi komponen biokimia proxeronine, yang merupakan prekursor alkaloid xeronine dalam buah mengkudu.


Mendukung berfungsinya membran sel secara efisien, cenderung menormalkan sel-sel abnormal, dan membantu mengembalikan kulit muda dan sehat.


13. Mengobati Masalah Lambung.



Buah mengkudu terbukti bermanfaat melalui dampaknya pada proses pengosongan lambung di mana makanan keluar dari lambung dan memasuki duodenum.


Hasil penelitian yang dilakukan pada buah mengkudu mengungkapkan bahwa fitonutrien yang ada dalam buah mengkudu menunda pengosongan lambung yang memperlambat pencernaan yang mengakibatkan pelepasan gula yang lambat dalam aliran darah.


Penelitian ini juga menunjukkan bahwa buah mengkudu merangsang pelepasan enzim pencernaan, cholecystokinin tanpa mengubah volume urin, feses, dan transit usus.


14. Mempercepat Penyembuhan.
Jus dari Morinda citrifolia atau mengkudu efektif dalam mempercepat penyembuhan luka.


Sebuah penelitian yang mengevaluasi sifat penyembuhan luka buah mengkudu telah mengungkapkan hasil positif sehubungan dengan peningkatan berat jaringan granulasi, fungsi kolagen, hidroksiprolin, dan kandungan protein.


Seperti yang disebutkan di atas, noni membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh yang juga dapat dihubungkan dengan proses penyembuhan luka yang dipercepat.


15. Meningkatkan Kekebalan.



Sistem kekebalan yang diperkuat adalah manfaat lain dari buah mengkudu yang menekankan kredibilitasnya.


Sejak jaman dulu, buah mengkudu telah dihargai karena efektivitasnya dalam memerangi infeksi dan penyakit lain yang dikaitkan dengan keberadaan polisakarida yang berharga.


Komponen yang bermanfaat ini merangsang aktivitas sel darah putih yang memainkan peran penting dalam mengerahkan efek perlindungan seperti itu.


Scopoletin hadir dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, antimutagenik, anti-inflamasi, antijamur, dan anti-histamin yang secara signifikan berkontribusi untuk mempertahankan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

Efek Samping dari Mengkudu 

Penelitian yang mengevaluasi keamanan dan kemanjuran buah mengkudu telah memberikan hasil positif mengenai konsumsinya berdasarkan dosis.


Beberapa masalah telah disebutkan di bawah:

• Kandungan kalium tinggi: Buah Mengkudu mengandung konsentrasi kalium yang baik.


Dapat mengganggu berbagai obat yang digunakan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi seperti diuretik hemat kalium dan penghambat reseptor angiotensin.


Keduanya secara kolektif dapat menghasilkan kadar kalium dalam tubuh yang sangat tinggi sehingga menimbulkan gejala seperti mual dan aritmia jantung.


• Masalah ginjal: Berdasarkan alasan yang disebutkan di atas, buah mengkudu tidak boleh diminum oleh individu yang sudah mempunyai masalah ginjal karena mungkin cenderung memperburuk kondisi yang ada.


Meskipun beberapa penelitian telah menganjurkan keamanan buah mengkudu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anda.


Sebelum mempertimbangkannya untuk tindakan perbaikan terutama selama kondisi khusus seperti kehamilan dan menyusui.

Ringkasan Buah Mengkudu

Buah Mengkudu telah dihargai karena sifat obatnya selama lebih dari 2000 tahun di Polinesia, Cina, dan India dan merupakan bagian utama dari tren kesehatan yang muncul.


Sementara buah dan jusnya cukup populer untuk kualitas terapi mereka, bagian lain dari tanaman mengkudu seperti kulit kayu, daun, dan akar juga memiliki sejarah penggunaan tradisional di Polinesia.


Kulit dan akar tanaman mengkudu telah secara tradisional digunakan untuk tujuan pewarnaan yang dikaitkan dengan adanya bahan kimia kuning yang dikenal sebagai antrakuinon.


Terlepas dari kelebihan yang disebutkan di atas, proxeronine yang terkandung dalam buah mengkudu adalah enzim antiinflamasi yang efektif yang juga meredakan gejala nyeri haid dan endometriosis pada wanita.


Buah mengkudu membantu meningkatkan suasana hati dengan merangsang produksi serotonin dan mencegah kondisi kecemasan dan depresi.


Bekerja sebagai penguat untuk seluruh sistem endokrin yang positif untuk berfungsinya kelenjar timus, kelenjar pineal, kelenjar adrenal, dan organ seks untuk pria dan wanita.


Di rangkum dari berbagai sumber





Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel