Cara mengatasi berak kapur pada puyuh

Kali ini saya akan membahas tentang cara
penangan puyuh yang terserang penyakit berak kapur atau pollurum.

Kalo puyuh sudah terkena berak kapur pasti pemelik nya akan di buat pusing karena penyakit ini dapat menular ke puyuh yang lain.

Penyakit berak kapur bukan hanya puyuh saja yang diserang, melainkan unggal lainnya seperti ayam, burung, kalkun, angsa dan lainnya.  Penyakit berak kapur ini disebabkab oleh bakteri samonella pullorum dan bakteri gram negatif yang dapat bertahan hidup lebih dari 1  tahun di dalam tanah.

Secara umumnya, penyakit berak kapur merupakan penyakit yang sangat banyak ditemui, mesikipun menyerang pada berbagai umur.


Penularan berak kapur pada ayam
Penularan berak kapur pada umumnya, melalui dua cara yaitu :
  • Menularkan dari induknya melalui anaknya, misalnya telur.
  • Menularkan melalui kontak langsung, misalnya peralatan, kandang, litter dan pakaian dari pegawai kandang yang sudah terkontaminasi.
Gejala klinis penyakit berak kapur pada unggas
  • Feses atau kotoran akan berwarna putih, seperi kapur pada umumnya.
  • Feses akan menempel di bagian dubur yang akan berwarna keputihan.
  • Kloaka akan terkena kotoran hingga kering dan lengket.
  • Jengger akan berwarna keungguan
  • Mata akan tertutup dan nafsu makan akan berkurang atau menurun.
  • Kondisi ayam akan lemah dan memiliki gerakan lambat.
  • Kedua sayap akan mengantung dan terlihat kusam.


Pencegahan berak kapur ayam
Pencegahan untuk mengantisipasi penyakit berak kapur menyerang pada ayam dapat dilakukan dengan cara membersihkan kandang, peralatan, membersihkan sisa makanan dalam kandang, melakukan sanitasi kandang, dalam pembersihan sebaiknya menggunakan antiseptic untuk membantu mengurangi bakteri atau jamur yang menempel dalam kandang. Selain itu, melakukan pemberian pakan yang bergizi, dan melakukan penyuntikan antibiotik dengan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam dari serangan berbagai macam penyakit.
Pengobatan penyakit berak kapur ayam
Pengobatan dapat bisa dilakukan dengan menyuntikan antibiotik, misalnya
-Trimizyn
-Neo meditril
-medoxy LA
-Dll

Jika puyuh sudah kritis, sebaiknya lakukan pemusnahan untuk memutuskan siklus bakteri yang menyebabkan berak kapur kembali. Pemusnahan sebaiknya, dilakukan penimbunan yang jauh dari kandang maupun puyuh lainnya untuk menghindari kontaminasi bakteri yang ada di dalam puyuh yang terkena penyakit tersebut.

Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Cara mengatasi berak kapur pada puyuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel