Ciri ciri puyuh yang terkena tetelo

Tentang tips-Kali ini saya akan membahas tentang ciri ciri puyuh yang terkena penyakit tetelo.
Penyakit ini di sebabkan oleh virus ND pada unggas seperti Puyuh,Ayam,Bebek dll.
Penyakit tetelo atau Nd ini menular dari puyuh ke puyuh lain nya.
Karena penyakit yang di sebabkan oleh virus Nd ini sangat berbahaya.
Penularan bisa melalui udara,alat transportasi,petugas kandang,peralatan kandang.


Keterlambatan atau tidak melakukan vaksinasi merupakan penyebab kegagalan dalam berternak puyuh.bisa di katakan virus Nd ini berbahaya seperti virus Ai.
Oleh karena itu sebagai seorang peternak harus mematuhi jadwal vaksinasi pada puyuh yang sudah di tetapkan oleh petugas kesehatan ternak.
Secara umum pemberian vaksin Nd di lakukan dengan tetes mata atau hidung anakan puyuh atau DoQ umur seminggu.
Dan pemberian vaksin ulang bisa dilakukan 3 bulan sekali dengan pemberian melalui air minum atau via tetes.tapi saya lebih memilih melakukan pemberian vaksin melalui tetes pada mulut puyuh.karena dosis yang di berikan bisa sesuai yang di anjurkan.tapi dengan cara tetes kita pasti memang agak ribet sebenarnya,tapi itu lah yang saya lakukan saat melakukan vaksinasi.


Ciri ciri puyuh yang terkena penyakit tetelo ini sebagai berikut:
-Sesak nafas
-Bercak darah pada kotoran
-Leher meluntir
-puyuh berjalan mundur

Jika ada puyuh yang terdapat gejala seperti itu sebaiknya di potong saja,dan daging nya bisa di konsumsi dengan catatan harus di masak benar benar matang.dan sisa pemotongan tadi di kubur dengan jarak cukup jauh dari kandang.dan puyuh yang belum terkena sebaiknya di beri vaksinasi ulang dengan Nd clone 45.
Dan melakukan sterilisasi kandang.

Demikian tentang penyakit tetelo

Semoga bermanfaat....



Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Ciri ciri puyuh yang terkena tetelo"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel