Berikut 6 Tips Cara Mengatasi Saat Hidung Tersumbat

Pilek atau pilek adalah salah satu kondisi yang menyebabkan hidung tersumbat. Selain flu, penderita sinusitis juga sering mengalami hidung tersumbat yang sangat mengganggu. Ya, hidung tersumbat sering membuat penderita sulit bernapas dengan lega.


Ini akan membuat aktivitas Anda menjadi terganggu karena pekerjaan bernafas menjadi tidak stabil. Salah satu kegiatan yang membuat Anda merasa tidak nyaman dengan hidung tersumbat ini adalah saat tidur. Ya, Anda tidak akan bisa tidur nyenyak jika hidung Anda tersumbat.

Cara Mengatasi Saat Hidung Tersumbat

telah diringkas dari berbagai sumber beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar Anda tidur nyenyak meski hidung Anda tersumbat.

1. Tarik Napas Dengan Uap.


Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak ketika hidung Anda tersumbat adalah dengan menghirup uap dari rebusan herbal yang memiliki aroma khas, seperti thyme dan mint.


Cara membuat uap dari sup herbal ini sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan tiga sendok teh thyme kering dan tiga sendok teh peppermint ke dalam mangkuk. Kemudian menyeduh dengan air mendidih dan menghirup uap sampai hidung Anda terasa lebih baik.


Jika Anda kesulitan menemukan teh thyme, Anda bisa menggantinya dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke air mendidih.


2. Makan Makanan Hangat.


Cara selanjutnya untuk tidur nyenyak saat hidung Anda tersumbat adalah makan makanan hangat. Salah satu makanan yang bisa Anda coba adalah sup hangat. Sekarang, ketika Anda makan makanan hangat ini, pasti kepala Anda cenderung condong ke depan agar dekat dengan mangkuk sup.


Metode ini bisa langsung membuat lendir mudah keluar. Ini karena uap yang keluar dari sup dapat membantu mempercepat proses pengeluaran.


Selain itu, semangkuk sup hangat dapat memiliki efek sugesti emosional yang positif sehingga tubuh menjadi lebih rileks, pikiran menjadi lebih tenang. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat sup hangat, Anda bisa melakukan cara yang lebih mudah, dengan membuat secangkir teh hangat dicampur dengan masu atau campuran air jahe dan madu.


3. Kompres Hidung dengan Handuk Hangat.


Cara mudah lain yang bisa Anda lakukan adalah mengompres dahi dan hidung. Cara kompres hangat di dahi dan hidung adalah cara yang baik untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada hidung tersumbat.


Kompres hangat ini dapat menenangkan hidung dan membuat lendir lebih mudah dilepaskan. Selain itu, kompres hangat juga bisa membuat Anda lebih rileks.


Nah, untuk membuat kompres hangat ini Anda bisa membuatnya dengan jahe. Caranya, rebus beberapa iris jahe dan kemudian melan kain lembut ke dalam air rebusan. Kemudian letakkan kain di hidung yang tersumbat. Cara merendam kain dalam air rebusan jahe panas akan memberikan efek hangat yang bisa bertahan lebih lama dan bisa menghilangkan hidung tersumbat.


4. Pijat Hidung.


Pijat pada hidung adalah cara termudah untuk dilakukan. Memijat hidung dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu menghilangkan rasa sakit karena lendir yang tersangkut di dalamnya.


Anda bisa melakukan pijatan dengan jari telunjuk, lalu memberikan pijatan di ujung hidung selama 30 detik. Ulangi metode ini beberapa kali hingga bagian pijatan terasa lebih baik dan lendir mudah dikeluarkan.


5. Berkumur dengan Air Garam.


Berkumur menggunakan air garam juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menempel di belakang tenggorokan. Khusus bagi Anda yang berada dalam hidung tersumbat disertai dengan gejala sakit tenggorokan atau batuk, larutan garam ini dapat membantu menghilangkan kuman dan membantu mengurangi gejala.


6. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi.


Menempatkan kepala lebih tinggi dari tubuh saat tidur dapat membantu mempercepat saluran hidung yang tersumbat karena lendir. Anda dapat menggunakan satu bantal tebal atau beberapa tumpukan bantal tipis untuk membuat posisi kepala dan saluran pernapasan lebih nyaman saat tidur.


Hindari tidur dengan kepala dan tubuh lurus. Metode ini hanya akan membuat saluran tetap tersumbat, dan tidur Anda menjadi tidak nyaman.


nah itulah beberapa tips yang telah di rangkum semoga bermanfaat.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel