Cara Mengatasi Rambut Yang Rontok Secara Alami

Jika setelah keramas atau saat menyisir rambut anda dan anda menemukan rambut rontok dalam jumlah banyak tentu akan membuat anda yang mengalaminya menjadi cemas. Meski sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang.


Tapi yang harus diwaspadai adalah jika rambut rontok berlebihan, itu bisa menyebabkan kebotakan nantinya.

Bagaimana cara mengatasi rambut yang rontok?

Penyebab Rambut Rontok
Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut, yaitu karena penuaan, kondisi medis, faktor keturunan, atau karena proses kimia yang telah dilakukan, seperti mewarnai dan meluruskan rambut secara permanen.

Sebelum menangani kerontokan rambut, mari cari tahu apa yang menyebabkan kerontokan rambut berikut:

1. Kekurangan Nutrisi Pada Rambut
Asupan nutrisi yang buruk menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh.

Mengakibatkan rambut rontok. Hati-hati bagi Anda yang sedang diet, karena diet ekstrem dapat menyebabkan rambut rontok. Anda mungkin kekurangan seng dan protein yang dibutuhkan oleh rambut.


2. Perubahan Hormon
Perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil dapat menyebabkan rambut rontok.


3. Efek Samping Obat
Obat-obatan yang Anda minum juga bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut Anda. Contoh obat yang biasa digunakan untuk mengobati depresi, masalah jantung dan tekanan darah tinggi.


4. Pengaruh Psikologis
Kondisi psikologis seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang parah, misalnya setelah menjalani operasi besar, atau setelah melahirkan akan menyebabkan kerontokan rambut.

Namun, karena kondisi psikologis tidak akan membuat orang mengalaminya botak, dan dapat dikurangi dengan sendirinya tanpa perawatan medis.

Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

1. Aloe Vera



Lidah buaya dikenal karena khasiatnya untuk menutrisi rambut. Vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalamnya dapat mengatasi kerontokan rambut.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan gel yang terkandung dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

Lakukan perawatan rambut ini secara teratur setiap hari agar rambut rontok berkurang, ya.


2. Minyak Zaitun



Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi kerontokan rambut. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat perlahan lalu diamkan selama setengah jam.

Setelah itu, bersihkan menggunakan sampo seperti mencuci rambut Anda yang biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.


3. Santan



Anda juga bisa menggunakan santan untuk membuat rambut halus dan mudah diatur, sehingga tidak rontok saat disisir.

Caranya adalah dengan cukup mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut ke kulit kepala dan diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas menggunakan shampo dan air bersih.


4. Yogurt



Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang ditemukan dalam yogurt dapat memberikan nutrisi dan membantu memperkuat akar rambut.

Anda cukup mengoleskan yogurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti krim, diamkan selama 5 menit, lalu cuci rambut dengan sampo dan air bersih.


  1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
  2. Hentikan kebiasaan menarik dan memuntir rambut.
  3. Ubah kebiasaan menggosok rambut dengan keras saat mencuci rambut sehingga rambut menjadi lebih lembut. Maka hindari juga menggunakan kuku saat menggaruk kulit kepala.
  4. Gunakan sisir bergigi lebar.
  5. Biasakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari.


Semoga tips yang diberikan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut di atas, dapat bermanfaat. Jika rambut rontok terus dan jumlahnya semakin banyak, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.


Cara Mengatasi Rambut Yang Rontok Secara Alami
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Cara Mengatasi Rambut Yang Rontok Secara Alami"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel