Cara Paling Efektif Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Otak adalah organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Organ ini berguna untuk berpikir hingga alam bawah sadar.


Sangat diakui, kinerja otak akan mengalami penurunan ketika orang telah lanjut usia. Maka dari itu sebabnya kakek nenek kita sering menderita penyakit pikun atau kelupaan.

Namun, tidak sedikit anak muda yang mudah lupa dengan kata lain kekuatan daya ingat yang menurun. Apakah Anda salah satunya?

Berikut ini tips cara yang dapat meningkatkan daya ingat anda

1. Berolahraga secara teratur

Meskipun hanya anggota olahraga yang digerakkan adalah organ fisik, ternyata otak termasuk ikut berperan dalam meningkatan kemampuannya.

Ketika manusia berolahraga, otak dapat bekerja dengan kapasitas maksimalnya, akan membuat penggandaan sel-sel saraf yang kemudian dapat memperkuat ikatan antara sel-sel otak dan menjaganya dari kerusakan.

Selain itu, sel-sel saraf termasuk mengeluarkan protein yang disebut neurotropic facto. Protein ini dapat memproses berbagai bahan kimia untuk otak yang lebih sehat dan juga meningkatkan daya kognitif, termasuk kekuatan belajar.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Neuroscience telah membuktikan bahwa olahraga teratur tidak hanya meningkatkan aliran darah ke otak, tetapi termasuk mampu menyelesaikan pekerjaan dua kali lebih cepat daripada mereka yang tidak berolahraga.

Latihan apa yang harus Anda lakukan? Tergantung pada preferensi dan ketentuan Anda. Diantaranya adalah berenang, jogging, gimnasium, atau bersepeda 3 kali seminggu.


2. Perhatikan asupan makanan

Untuk menambah energi otak untuk diingat, tentunya otak Anda harus diberi nutrisi yang baik untuk melindungi daya ingat. Sebenarnya cukup sederhana untuk melindungi asupan makanan untuk otak, seiring dengan lebih banyak langkah untuk mengonsumsi sayuran dan juga mengurangi makanan yang mengandung banyak gula.

Beberapa zat tambahan lain yang sangat baik untuk perkembangan otak adalah omega-3 dan MCT (medium chain triglycerides). Omega-3 sangat mudah didapat dari salmon, minyak ikan, kedelai, bayam, dan makanan laut. Sementara itu MCT adalah zat yang benar-benar tinggi kadarnya didalam minyak kelapa.


3. Terus Belajar Hal-hal Baru

Otak harus bekerja agar sel-sel di dalamnya terhubung selamanya. Salah satu langkah untuk memperkuat energi dalam mengingat dan konsentrasi adalah dengan mempelajari berbagai hal baru.

Mempelajari hal-hal baru yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti menjahit atau merajut menurut sebuah penelitian sebenarnya cukup berhasil dalam melindungi energi mengingat lansia.

Kuncinya hanya satu, yaitu menemukan kesibukan yang disukai dan merangsang otak. Berbagai pilihan dapat dilakukan jika membaca buku, mempelajari alat musik, merakit puzzle, berkebun, atau membuat kerajinan.


4. Hindari kegiatan yang dilakukan secara bersamaan

Kegiatan yang dilakukan secara bersamaan memang dibutuhkan dalam pekerjaan sehari-hari, terutama bagi ibu rumah tangga yang selalu sibuk di rumah setiap hari. Namun, ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara bersamaan dapat berdampak negatif pada memori.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia biasanya membutuhkan waktu sekitar 8 detik untuk menyimpan memori di otak. Jadi ketika seseorang menelepon sambil membawa bahan makanan dan meletakkan kunci, mungkin Anda tidak akan fokus dan beberapa menit setelah itu Anda tidak dapat mengingat salah satunya.

Sebaliknya, orang yang fokus menyelesaikan pekerjaan akan memiliki memori yang lebih baik. Karena itu, selesaikan satu pekerjaan sebelum Anda mulai melakukan pekerjaan lain.


5. Mempraktikkan Konsep Mnemonik

Konsep mnemonik dikenal sebagai jembatan keledai. Anda dapat belajar lebih mudah dengan membuat dampak pada jembatan keledai ini.
Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:


  • membuat akronim atau singkatan
  • memvisualisasikan objek untuk mengingat apa yang harus Anda lakukan
  • Memotong informasi untuk membuatnya lebih mudah diingat, seperti mencoba mengingat nomor telepon.



6. Tidur yang cukup di malam hari

Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard telah membuktikan bahwa manusia memiliki otak yang lebih kuat dalam ingatan ketika cukup tidur di malam hari. Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kekuatan Anda untuk hal-hal yang lebih menantang.

Tidur yang cukup juga berlaku untuk perkembangan otak balita. Balita yang terbiasa tidur siang terbukti memiliki kekuatan kognitif yang lebih baik ketika mereka dewasa.


7. Melakukan Permainan Yang Merangsang Perkembangan Otak

Cara lain untuk meningkatkan kekuatan memori adalah dengan melakukan permainan yang dapat merangsang perkembangan otak, yang dapat menyebabkan otak berpikir sedikit dan dengan demikian selamanya mengakses sel-sel di dalamnya. Jika seseorang tidak atau jarang mengasah kemampuan otak, sel-sel di otak merasa merosot sehingga mudah dilupakan.

Bermain permainan otak misalnya seperti bermain catur yang memerlukan beberapa langkah untuk membayangkan. Sekarang ada juga banyak situs web yang menyediakan permainan gratis seperti lumosity.com.

Cobalah secara rutin melatih otak bersama dengan melakukan permainan otak setidaknya selama 20 menit sehari. Jika Anda tidak terlalu menyukai permainan otak, Anda bisa belajar bahasa asing atau mengembangkan hobi dan kemampuan baru.


8. Repetisi Ingatan

Bahkan penghafal yang baik perlu mengulang hafalannya sehingga itu lebih sempurna. Pengulangan suatu hafalan adalah cara yang terasa sangat perlu jika Anda ingin menambah kekuatan otak untuk mengingat sesuatu.

Setelah mempelajari sesuatu, berikan sedikit jeda, kemudian jalankan kembali ulasan tentang apa yang telah Anda pelajari. Ini akan membawa dampak otak lebih terlatih untuk mengakses kenangan masa lalu sehingga tidak mudah melupakan hal-hal yang begitu penting.

Pengulangan ingatan dapat dilakukan dengan bantuan menuliskan hal-hal penting dalam buku catatan, mengulangi nama seseorang yang baru saja Anda temui berulang kali, dan mengulangi kalimat yang dikatakan seseorang kepada Anda.


9. Kehidupan yang teratur

Sering lupa acara, setahun yang lalu, atau janji dengan rekan kerja?

Mulailah hidup lebih terorganisir untuk mengurangi kepikunan karena kecerobohan diri. Buat agenda harian atau instal aplikasi agenda gratis yang dibagikan untuk digunakan pada ponsel cerdas Anda.

Memiliki agenda harian dapat memicu seseorang untuk fokus dan meningkatkan daya ingat. Jika Anda memiliki agenda, cobalah untuk membawa ke mana saja agenda berikut ini sehingga ketika ada hal-hal yang perlu diperhatikan, Anda siap dan jangan lupa untuk mencatat.


10. Visualisasikan

Bagi orang yang tidak memiliki ingatan fotografis, mengingat nama dan wajah orang bisa menjadi subjek yang sulit. Terkadang orang hanya mengenali wajah orang lain tanpa bisa mengingat nama mereka. Di lain waktu, ada orang yang hanya bisa mengingat nama dan tidak bisa membayangkan wajah mereka.

Untuk kasus ini, Anda harus melakukan visualisasi demi ingatan yang lebih baik mengenai orang lain. Visualisasi dapat dilakukan dengan, misalnya, foto grup ketika bertemu seseorang, dan menyimpannya di smartphone sebagai foto kontak, sehingga ketika dihubungi nanti, Anda sudah mengenali nama dan wajah orang tersebut.

Visualisasi juga dapat dilakukan dengan menyamakan nama seseorang dengan masalah lain. Misalnya, untuk seseorang yang bernama Alissa, bayangkan dalam asumsi Anda bahwa Alissa memiliki alis yang indah, sehingga ketika Anda bertemu lagi, Anda dapat segera fokus pada alisnya dan mengingat namanya bersama-sama dengan benar.


Demikian pembahasan tentang 10 langkah untuk meningkatkan daya ingat bagi Anda yang sering lupa atau tidak cukup fokus. Selamat mencoba dan semoga dengan meningkatkan daya ingat, hidup akan berjalan lebih baik.

Cara Paling Efektif Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Dirangkum dari berbagai sumber
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Cara Paling Efektif Untuk Meningkatkan Daya Ingat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel