Tips Cara Menampilkan Layar Hp ke Tv

Fitur menampilkan smartphone di TV memang sedang tren akhir-akhir ini. Terutama setelah YouTuber memanfaatkan fitur ini untuk menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih HD daripada vlog atau game yang mereka mainkan. Tidak diragukan lagi banyak orang yang ingin berpartisipasi dalam mencicipi fasilitas ini.


Fitur yang disebut mirroring ini tidak dapat digunakan oleh semua jenis smartphone. Hanya beberapa smartphone yang memiliki karakteristik tertentu yang dapat Anda tampilkan melalui TV.


Penasaran dengan karakteristiknya? Bisakah ponsel Anda terhubung ke perangkat TV?

1. Memiliki OS yang Relatif Baru

Sistem operasi (OS) adalah elemen paling penting yang memastikan jalannya fitur pada smartphone.


Jika fitur yang diinginkan tidak kompatibel dengan sistem operasi yang diinstal, tentu saja Anda tidak akan dapat menggunakan fitur itu.


Ini adalah aturan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu jika Anda ingin mirror smartphone Anda.


Untuk Anda yang menggunakan Android, Anda dapat menikmati fitur mirroring jika ponsel cerdas Android Anda menggunakan versi Jelly Bean 4.2 atau lebih tinggi.


Itu pun Android Jelly Bean sudah ketinggalan zaman, karena sekarang sudah memasuki era Android 8.1 Oreo dan akan segera memasuki Android P.


Sedangkan jika Anda menggunakan sistem operasi yang memiliki tampilan seperti Android tetapi bukan Android murni (hanya ROM yang berbeda seperti MiUI di Xiaomi), maka sesuaikan versi OS Anda dengan versi Android asli.


Sementara itu, jika Anda menggunakan iPhone, iOS 5 adalah sistem operasi minimal yang Anda perlukan untuk menjalankan fitur mirroring ini.


2. Kompatibel dengan Miracast

Miracast adalah bentuk koneksi nirkabel yang memungkinkan pengiriman audio dan video ke atau dari tablet, ponsel, desktop, dan perangkat lainnya.


Miracast adalah alat utama yang harus dimiliki ponsel Anda jika Anda ingin menampilkannya di TV.


Sekarang masalahnya adalah tidak semua smartphone sudah memiliki fitur Miracast meskipun itu adalah rilis terbaru.


Terutama untuk ponsel yang berada di level menengah ke bawah. Biasanya fitur ini sengaja dihapus agar harga ponsel bisa ditekan lagi.


Karena itu, Anda harus memastikan bahwa fitur ini benar-benar dimiliki oleh ponsel Anda.


Memeriksa fitur Miracast sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, Anda dapat memeriksa bilah notifikasi ponsel cerdas Anda.


Lihat semua matikan yang tersedia di sana. Jika Anda dapat menemukan Tampilan Nirkabel, Pencerminan Layar, atau sejenisnya, maka Anda dapat yakin bahwa ponsel Anda sudah mendukung Miracast dengan baik.


Tetapi jika Anda tidak dapat menemukan sakelar, beralih untuk memasuki menu Pengaturan. Cari opsi Display Nirkabel atau sejenisnya di menu pengaturan ini.


Umumnya terletak di Layar atau Nirkabel dan Jaringan. Jika Anda adalah pengguna Samsung Galaxy Series, fitur Miracast ini disebut All Share.


Sementara itu, jika Anda menggunakan iPhone, fitur ini disebut AirPlay. Aplikasi ini pada dasarnya juga Miracast, dengan beberapa modifikasi.


Jika Anda tidak dapat menemukan fitur ini sama sekali, kemungkinan ponsel cerdas Anda belum dapat menggunakan fasilitas mirroring ini.


Ini bisa jadi karena perangkat keras yang tidak kompatibel atau sesuatu yang lain. Meski begitu Anda masih dapat memeriksa satu fitur lagi.


3. Mendukung Fitur MHL

MHL (Mobile High-Definition Link) adalah antarmuka yang memungkinkan koneksi antara telepon pintar dan TV melalui kabel adaptor yang menghubungkan port USB pada ponsel ke port HDMI di TV secara langsung.


Fasilitas ini memungkinkan koneksi yang cepat dan stabil karena tidak memerlukan jaringan tertentu. Untuk memeriksa apakah ponsel cerdas Anda dapat menjalankan fitur ini atau tidak, lakukan cara untuk mengetahui dukungan hp MHL di situs www.mhltech.org.


Melalui situs ini Anda juga dapat memeriksa apakah TV Anda mendukung layanan MHL atau tidak.


Jika Anda masih tidak dapat menemukan seri ponsel Anda di situs, itu berarti ponsel Anda tidak dapat digunakan untuk mirroring layar.


Tetapi jika Anda tidak menemukan seri ponsel Anda di situs MHL sementara itu kompatibel dengan Miracast itu berarti Anda masih dapat menjalankan mirroring.


Teknologi MHL sebenarnya mirip dengan HDMI yang bertujuan untuk memberikan output audio-video dengan memanfaatkan saluran micro USB yang tersedia di ponsel.


Dalam hal ini, perangkat adaptor yang disebut adaptor / kabel MHL atau "microUSB ke HDMI" diperlukan, yang banyak dijual di toko online. Gadget yang dapat mendukung fitur MHL akan mendapatkan banyak


manfaatnya karena dia dapat melakukan panggilan telepon, chatting, browsing, menonton video / Youtube, untuk bermain game dengan resolusi tinggi.

Manfaatkan Fitur Canggih HP Anda

Bagi Anda yang sudah memiliki ponsel dengan fitur-fitur di atas, Anda dapat mulai mencoba menghubungkan ponsel cerdas Anda dengan TV Anda!


Anda dapat mengakses panduan lengkap di sini. Sayang sekali jika Anda tidak menggunakan fitur ini meskipun ponsel Anda cocok.


Anda tahu banyak orang yang ingin melakukan mirroring tetapi ponselnya belum mendukungnya.
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Tips Cara Menampilkan Layar Hp ke Tv"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel