Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

Pohon bidara juga disebut widara. Nama ilmiahnya adalah Zizipus mauritiana. Banyak orang mulai mengenal manfaat daun bidara.


Secara umum, tanaman ini mudah tumbuh dengan baik di daerah dengan lingkungan yang cenderung kering. Meskipun demikian, tanaman ini juga mudah ditemukan dan ditanam.

Pohon Bidara adalah tanaman keras. Pohon yang ditulis dalam Al-Qur'an dapat hidup di lingkungan dengan suhu hangat dan kering. Pohon ini asli ke Timur Tengah yang memiliki iklim hangat.

Pohon bidara telah banyak ditanam di Indonesia karena masyarakat telah mengetahui kemanjuran berbagai daun bidara dan buahnya. Selain alasan kesehatan.

Karakteristik Tanaman Pohon Bidara

Daun Bidara

Daun dan bentuk batang pohon bidara sangat unik. Ukuran pohonnya relatif kecil dan termasuk semak belukar. Cabang-cabang pohon cenderung pendek dengan daun hijau. Dengan lingkungan yang baik dan kondisi pertumbuhan, tanaman ini dapat mencapai ketinggian hingga 15 meter.


  • Perbungaan tumbuh di ketiak daun dengan panjang 1-2 cm. Untuk bunga ukuran kecil, dengan warna kekuningan dan sedikit wangi. Ada 5 kelopak bunga dengan bentuk cekung.
  • Buah dari tanaman ini bulat dan cenderung oval. Pohon bidara yang dibudidayakan di perkebunan umumnya memiliki ukuran buah 6 cm x 4 cm. Meski ada juga bidara buah berukuran kecil.
  • Karakteristik pohon bidara halus, berkilau, dengan kulit tipis. Warna buah ini kekuning-kuningan sampai kemerahan. Ada juga warna yang lebih gelap, terutama saat buah mencapai kematangan sempurna.
  • Daging buah berwarna putih dan banyak yang membuatnya menjadi makanan dan minuman. Buah bisa dijadikan jus dengan rasa yang cukup asam. Meskipun demikian ada juga rasa manis dari buah ini ketika buah pohon bidara matang.


Nilai Gizi Buah Bidara

Bidara dewasa memiliki rasa asam tetapi cenderung manis. Karena itu buah ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan minuman dari buah segar.

Selain rasanya, pohon bidara banyak dibudidayakan karena nilai gizinya yang tinggi.

Nilai gizi dalam buah ini (per 100 g) adalah sebagai berikut:


  • Energi 24,76 kJ (5,92 kkal)
  • Karbohidrat 17 g
  • Gula 5.4-10.5 g
  • 0,60 g serat makanan
  • 0,07 g lemak
  • 0,8 g protein
  • Air 81.6-83.0 g
  • Tiamin (Vit B1) 0,02-0,024 mg
  • Riboflavin (Vit B2) 0,02-0,038 mg
  • Niacin (Vit B3) 0,7-0,873 mg
  • Kalsium 25,6 mg
  • Zat besi 0,76-1,8 mg
  • Fosfor 26,8 mg


buah bidan paling banyak berasal dari budidaya perkebunan. Di beberapa daerah sehingga nilai jual buah bidara lebih tinggi, beberapa buah ini diproses dengan mengeringkan, mengawetkan, atau dikemas dalam kemasan khusus.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

Sebagai tanaman yang bisa dibudidayakan, tanaman ini menyimpan banyak manfaat, terutama khasiat daun yang sudah dikenal luas. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat dari pohon bidara:

1. Daun Bidara sebagai obat flu

Kandungan antibakteri daun bidara mampu secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan virus.

Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, sehingga daun bidara dapat digunakan sebagai obat flu, seperti pilek dan batuk.

Selain flu biasa, efek antibakteri daun bidara juga dapat menyembuhkan flu burung dan flu babi yang disebabkan oleh virus.


2. Manfaat Daun Bidara Mengobati Diabetes Mellitus

Daun bidara mengandung indeks glikemik yang sangat rendah. Glikemik adalah tingkat gula dalam jenis makanan atau tanaman.

Kandungan ini mampu menghambat peningkatan kadar gula darah. Itulah yang membuat bidara efektif dalam menyembuhkan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes mellitus gestasional.


3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat daun bidara yang cukup terkenal adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Unsur penyusun tulang dan gigi adalah mineral kalsium. Daun bidara dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi sehingga tidak mudah rapuh.


4. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah wanita menjadi dilema karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Kandungan antiseptik daun bidara muda dan segar dapat mengatasi masalah keputihan dan menstruasi.

Cara kerjanya adalah dengan menstabilkan hormon sehingga menstruasi kembali normal dan menekan bakteri yang menyebabkan keputihan.


5. Mengandung folat yang bermanfaat

Folat yang terkandung dalam daun bidara sangat baik untuk wanita hamil. Manfaatnya adalah memperkuat kandungan dan kesehatan janin. Selain itu, juga dapat membantu perkembangan dan pembentukan jaringan janin.


6. Membantu penyembuhan luka dengan cepat

Kulit yang terluka akibat terbakar dapat dibantu dengan perawatan daun bidara. Daun ini dapat meredakan rasa sakit, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan dengan cepat. Alasannya, pada daunnya mengandung zat antiinflamasi.


7. Meningkatkan daya tahan

Daun bidara dapat dikonsumsi dengan membuat jus atau minum jus. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri berbahaya. Di dalam daunnya mengandung antioksidan aktif.

Senyawa ini mampu menghilangkan radikal bebas dan kontaminasi bakteri eksternal. Selain itu, dapat mengurangi degradasi oksidatif. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.


8. Sebagai Anti-Jerawat

Tumbuhan ini mengandung zat antibakteri yang bisa menyembuhkan jerawat. Cara menggunakannya digunakan sebagai masker wajah.

Ambil beberapa daun daun Arab (sidr). Lalu, hancurkan daunnya sampai lunak. Setelah itu, tuangkan airnya hingga terlihat berlendir.

Lalu, oleskan secara merata pada wajah. Biarkan masker selama 20-30 menit. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan air atau sabun.


9. Mengatasi Masalah Kulit Kering

Daun Bidara tidak hanya menyembuhkan jerawat, tetapi juga merawat kulit kering. Tumbuhan ini mampu mengisi sel dengan cepat. Dengan demikian, kulit terlindungi dari keriput, kusam dan kering.

Cara menggunakannya, tumbuk daunnya sampai lunak. Lalu, oleskan ke seluruh wajah secara merata. Kemudian biarkan sekitar 15-30 menit.


10. Mengobati Keputihan

Properti daun bidara selanjutnya adalah mengatasi keputihan. Masalah ini memang normal untuk wanita usia subur. Namun, jika dibiarkan akan menyebabkan masalah lain, seperti bau tidak sedap.

Cara mendapatkan khasiat daun ini adalah dengan menggunakannya untuk mandi. Ulangi perawatan ini dua kali sehari sampai sembuh.


Tidak hanya manfaat daun bidara yang didapat, buah ini merupakan bonus yang didapat saat menanam pohon bidara.

Identifikasi juga jenis bidara yang akan ditanam. Ini karena ada banyak jenis bidara. Jadi, jangan salah memilih benih yang paling diinginkan untuk dibudidayakan.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh


Dirangkum dari berbagai sumber
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel