Manfaat Dan Cara Mengolah Biji Selasih

Halo sobat readers, Siapa sih yang tidak mengenal dengan namanya  biji selasih? Biji selasih adalah salah satu jenis bahan alami yang biasanya digunakan sebagai tambahan dalam membuat es atau minuman dingin.


Bentuk mentah biji selasih adalah hitam, maka jika direndam akan berubah menjadi mengemban putih dan ada bintik-bintik hitam di dalamnya.

Rasa biji selasih ini memang tidak enak jika dikonsumsi langsung. Akan lebih baik jika biji selasih juga dicampur dengan bahan lain.

Ada banyak cara untuk mengolah biji selasih, bisa dicampur dengan es campur, sirup es, serta berbagai minuman segar lainnya.

Dalam mengolah biji selasih tidak hanya bisa dicampur dengan minuman segar. Biji selasih yang masih mentah bisa direbus lalu diminum airnya.

Air rebusan biji kemangi tidak hanya menyegarkan tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Manfaat biji selasih untuk kecantikan serta kesehatan:

1. Membantu diet



Serat yang terkandung dalam biji selasih cukup banyak dan sehat. Bagi Anda yang sedang diet sangat disarankan untuk mengkonsumsi biji selasih.

Cara mengolahnya untuk minuman diet adalah dengan membuat biji selasih lalu minum air bersama bijinya.


2. Obati infeksi kulit

Biji selasih juga mengandung minyak alami yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit.

Hancurkan biji selasih lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi. Lakukan ini secara teratur sampai infeksi pada kulit sembuh.


3. Mengurangi kadar gula darah

Makan selasih juga dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Biji selasih mengandung insulin alami yang dapat menormalkan kadar gula darah pada pasien diabetes.


4. Mengurangi stress



Efek lain yang dapat disebabkan oleh biji selasih adalah efek menenangkan. Mengkonsumsi 2 sendok teh biji basil yang direbus setiap hari dapat membantu mengurangi stres dan mempercepat penyembuhan depresi.


5. Mengurangi gangguan pernapasan

Untuk mengurangi masalah pernapasan, Anda bisa mencampurkan biji selasin yang sudah direndam dalam air rebusan jahe. Ramuan ini sangat efektif untuk mengurangi sesak napas dan asma.


6. Mengurangi efek nikotin rokok

Jika Anda seorang perokok, sangat disarankan untuk sering mengonsumsi biji selasih karena mereka dapat membersihkan paru-paru dan darah dari efek nikotin yang berbahaya bagi tubuh.


7. Memperkuat kekebalan tubuh



Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam biji selasih cukup tinggi sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dengan memperkuat kekebalan tubuh.


Untuk mendapatkan khasiat dari biji selasin ini, tidak hanya bisa dilakukan dengan mengolah biji selasih seperti yang dijelaskan pada masing-masing khasiat.

Anda juga dapat mengolah biji selasih ini menjadi minuman segar dan sehat. Salah satu minuman segar yang dapat dibuat menggunakan biji selasih adalah biji selasih dan mentimun.

Biji selasih yang kaya akan khasiat dikombinasikan dengan mentimun yang juga memiliki banyak khasiat, semakin sehat minumannya.

Bahan dan cara membuat biji selasih dan mentimun

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat biji selasih dan mentimun adalah:


  • 200 gram mentimun
  • Cukup air
  • Es serut secukupnya
  • Biji selasih yang telah direndam dalam air sebanyak 2 sendok makan
  • Sirup melon atau sesuai selera, Anda juga bisa mengubah rasa sirup menjadi secukupnya


Cara membuat es biji selasih adalah:


  1. Buang biji mentimun, lalu parut mentimun dan sisihkan dalam wadah. Sebelum diparut, Anda harus mencuci mentimun terlebih dahulu.
  2. Tuang sirup ke dalam gelas lalu tambahkan air secukupnya dan aduk sampai rata.
  3. Masukkan parutan mentimun dan biji selasih dan es serut secukupnya sesuai selera.
  4. Sajikan biji selasih dan mentimun saat dingin.


Pasti sangat menyegarkan untuk minum biji selasih dan mentimun di tengah hari yang panas.

Selain menyegarkan tubuh, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari biji selasih dan mentimun.

Jangan ragu lagi untuk sering mengonsumsi biji selasih atau air biji selasih, karena khasiatnya sangat istimewa untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Dan Cara Mengolah Biji Selasih 
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Manfaat Dan Cara Mengolah Biji Selasih "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel