Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Tau

Cara merawat tubuh agar kita terhindar dari penyakit atau yang biasa disebut sehat. Sehat adalah kondisi di mana segala sesuatu berjalan normal dan bekerja sesuai dengan fungsinya dan sebagaimana mestinya. Sederhananya, sinonim yang sehat dari kondisi tersebut tidak ada salahnya.


Agar kita hidup sehat dan terhindar dari penyakit, tentunya kita harus menjaga pola makanan sehat dan mengonsumsi makanan. Sekarang berikut ini adalah tanaman yang bisa menyehatkan tubuh kita yang disebut Bawang Dayak.

Bawang Dayak atau yang sering dikenal dengan nama bawang tiwai dan bawang sabrang adalah jenis bawang yang dibudidayakan di Pulau Kalimantan. Nama Bawang Dayak diberikan berdasarkan nama suku Dayak yang merupakan salah satu suku di Kalimantan. Orang Dayak memanfaatkan bawang Dayak ini untuk mengobati berbagai penyakit.

Ciri-ciri Bawang Dayak

Jika dilihat dari segi bentuk atau penampilan, bawang Dayak ini tidak jauh berbeda dari bawang biasa, tetapi bentuknya memang terlihat sedikit lebih lonjong dari bawang biasa.

Ciri-ciri lain yang dapat membedakan antara bawang Dayak dengan bawang merah biasa adalah bunga putih yang indah yang ditemukan di bawang Dayak.

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Dayak untuk kesehatan tubuh diperoleh dari kandungan bahan kimia alami yang ditemukan dalam tanaman ini seperti flavonoid, glikosida, tanin, alkaloid, steroid, phelonics, dan zat lain yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Nah, berikut ini manfaat atau manfaat Dayak Bawang Merah untuk kesehatan tubuh.

1. Dapat mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau istilah lain yaitu hipertensi adalah penyakit yang sangat umum dan dapat menyerang siapa saja. Manfaat bawang Dayak dapat mengurangi tekanan darah.

Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa yang disebut Alisin di Bawang Dayak. Alisin diklaim memiliki kemampuan mengurangi viskositas darah dan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, bawang Dayak juga dikenal memiliki sifat diuretik.


2. Anti-Kanker

Manfaat kedua dari bawang Dayak adalah bisa menjadi agen antikanker atau sebagai penjaga tubuh kita dari kanker.

Bawang Dayak mengandung banyak senyawa termasuk naphtokuinones yang dapat bekerja untuk mengurangi aktivitas sel Cyclin-E.

Dengan menurunnya aktivitas sel-sel Cyclin-E ini, dapat memicu kerusakan sel-sel kanker yang ditemukan dalam tubuh.

Ada juga penelitian yang menyatakan atau menunjukkan bahwa kemanjuran bawang Dayak dapat secara signifikan mengurangi ekspresi jalur Cyclin-E untuk jalur sel kanker serviks HeLa.

Ini membuktikan bahwa bawang Dayak bisa menjadi obat alternatif yang berkhasiat untuk kanker serviks. Namun studi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menemukan bukti khasiat terhadap penyakit ini.


3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kemanjuran Bawang Dayak untuk selanjutnya dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Beberapa senyawa dalam bawang Dayak yang berperan dalam mengurangi kadar gula darah termasuk flavonoid, alkaloid, glikosida, dan saponin juga.

Kegunaan bawang Dayak ini menjadikan bawang ini cocok untuk digunakan sebagai obat alternatif bagi penderita diabetes.


4. Mengobati Batu Ginjal

Manfaat Bawang Dayak untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat menjadi salah satu obat dari penyakit batu ginjal.

Hal ini dikarenakan khasiat adanya bawang juga mampu menurunkan pH urin dan mengurangi kadar kalsium, kemampuan ini dapat membantu proses penghancuran dan pengangkatan batu ginjal yang terkandung dalam tubuh.

Sifat diuretik juga memiliki peran penting dalam proses.


5. Perawatan Kulit

Manfaat bawang Dayak untuk kesehatan tubuh lebih lanjut adalah untuk kesehatan kulit untuk menghindari berbagai penyakit.

Kecantikan kulit secara alami berasal dari kulit yang sehat, sehingga sangat penting untuk menjaga kulit yang sehat agar mendapatkan kulit yang indah.

Berbagai senyawa yang terkandung dalam bawang Dayak mampu mencerahkan wajah dan mencegah flek hitam pada wajah atau kulit.

Kegunaan bawang Dayak untuk kesehatan Anda bisa didapat dengan membuat makanan ringan seperti manisan. Kering, atau dikemas dalam bentuk bubuk atau sebuk.

Khasiat yang diberikan sangat banyak yaitu bawang Dayak dan cukup menggiurkan, tetapi jangan mengonsumsi bawang dayak yang berlebihan.

Jika penyakit Anda cukup serius, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal alami ini.


6. Mencegah penyakit jantung koroner

Manfaat bawang Dayak untuk kesehatan tentu tidak hanya untuk mengobati penyakit serius seperti yang disebutkan di atas, tetapi khasiat bawang Dayak juga dapat digunakan sebagai obat pencegahan terhadap penyakit yang menyerang tubuh.

Salah satu penyakit serius yang bisa dicegah oleh bawang Dayak adalah penyakit jantung koroner.

Kandungan senyawa phelonic yang terkandung dalam bawang Dayak dapat membantu mencegah penyakit ini.


7. Baik Terhadap Sistem Reproduksi Wanita

Flavanoid dan saponin yang terkandung dalam bawang Dayak memiliki peran besar untuk melindungi sistem reproduksi pada wanita.

Khasiat bawang Dayak untuk wanita, termasuk untuk mencegah keputihan, siklus menstruasi yang teratur, dan mengurangi dismenore atau kram menstruasi.


8. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat terakhir dari bawang Dayak adalah untuk meningkatkan metabolisme. Kandungan alkaloid dalam bawang Dayak membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh, dan membantu sistem pencernaan.

Salain adalah khasiat bawang Dayak yang juga dapat mencegah sembelit, infeksi usus, dan masalah ginjal.


Demikianlah pembahasan tentang berbagai manfaat bawang Dayak untuk kesehatan tubuh beserta pemahaman dan karakteristiknya.


Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Tau
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Wajib Tau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel