Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Daun Afrika yang memiliki nama Latin vernonia amygdalina telah dibuktikan oleh penelitian dalam dan luar negeri sebagai tanaman obat. Tumbuhan ini diduga berasal dari wilayah Afrika Barat tetapi sekarang dapat ditemukan di semua bagian Afrika.


Daun Afrika adalah tanaman tropis yang memiliki banyak manfaat menarik. Tanaman ini tidak beracun sehingga aman dikonsumsi dan berpotensi menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun Afrika disebut juga bitter leaves karena rasanya pahit. Di Afrika, daun ini biasanya digunakan sebagai campuran sup dan masakan utama sebagai budaya asli masyarakat setempat.

Nutrisi pada Daun Afrika

Menurut hasil penelitian, banyak daun Afrika mengandung nutrisi dan senyawa kimia. Nutrisi yang terkandung meliputi: Protein, Serat, Karbohidrat, Lemak, Asam, Fosfor, Kalium, Belerang, Natrium, dan lainnya.

Sedangkan senyawa kimianya adalah: Saponin, Flavonoid, Kumarin, Asam Fenolik, Lignin, dan lainnya.

1. Mempelancar sistem pencernaan

Manfaat pertama daun Afrika adalah megatasi masalah pencernaan. Konsumsi rutin daun Afrika dikatakan memperlancar sistem pencernaan sambil mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Namun, meskipun orang sering menggunakan daun Afrika untuk mencegah dan mengobati gangguan pencernaan, bukti medis yang mendukung klaim manfaat daun Afrika untuk kesehatan tidak cukup kuat.


2. Mengatasi Malaria

Oleh orang-orang di benua Afrika, daun Afrika sering digunakan untuk mengobati malaria, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk anopheles.

Manfaat daun Afrika untuk mengobati malaria adalah karena mengandung senyawa plasmodik.


3. Sebagai Obat Luka

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin Vol. 4, daun Afrika diklaim mempercepat proses pengeringan luka pada kulit.

Tidak hanya itu, daun Afrika juga dipercaya memiliki efek menenangkan ketika Anda mengkonsumsinya, membantu menjaga tubuh tetap rileks saat terluka.


4. Sembuhkan flu

Flu bukan penyakit berbahaya. Namun, kondisi ini masih membuat kita tidak bergerak.

Untuk menyembuhkan flu, salah satu cara mudah dan efektif yang dapat Anda terapkan adalah dengan mengonsumsi daun Afrika.

Kandungan senyawa flavonoid dalam daun Afrika dianggap efektif untuk membasmi virus penyebab flu.


5. Mengobati Tifus

Tifus disebabkan oleh infeksi patogen bakteri yaitu Salmonella typhi. Untuk mengurangi gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan tifus, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun Afrika.

Manfaat kesehatan daun Afrika dihasilkan dari sifat antibakteri dan antibiotik yang efektif melawan bakteri jahat.


6. Obati peradangan

Ekstrak daun Afrika diperkaya oleh sejumlah zat yang bersifat antiinflamasi. Ini kemudian menghasilkan manfaat daun Afrika untuk mengobati peradangan, salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan senyawa peradangan yang disebut prostaglandin.

Atau, dalam kasus peradangan sendi yang disebabkan oleh kurangnya asupan mineral magnesium, daun Afrika juga dapat digunakan sebagai solusi pasti untuk mengatasi masalah kesehatan ini karena salah satu bahan utama daun Afrika adalah magnesium.


7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh, bahkan melebihi batas normal.

Selain pengobatan dengan obat-obatan kimia, Anda penderita diabetes juga dapat mengambil daun Afrika dan manfaatnya untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh sehingga mereka selalu dalam jumlah normal.


8. Minimalkan Risiko Penyakit Jantung

Serangan jantung terutama dipicu oleh penyempitan pembuluh arteri jantung sehingga mempengaruhi kurangnya pasokan darah dan oksigen ke jantung.

Mengkonsumsi daun Afrika secara teratur juga diyakini dapat meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular, yang merupakan serangan jantung.

Ini karena daun Afrika diperkaya dengan antioksidan dan zat antiseptik, yaitu asam lemak omega-3 dan omega-6.

Kedua zat - menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Current Pharmaceutical Design - efektif dalam mengobati fungsi arteri.


9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Arteri yang menyempit juga dipicu oleh faktor lain, yaitu penumpukan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Sebuah studi yang dirilis oleh Jurnal Kesehatan Vaskular dan Manajemen Risiko mengungkapkan bahwa daun Afrika telah terbukti mengurangi kadar lemak LDL hingga 50 persen.

Meskipun demikian, objek penelitian yang masih berupa hewan tikus membuat manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang satu ini tidak dapat dikatakan kuat dan masih perlu penelitian lebih lanjut dengan objek manusia.


10. Menurunkan Tekanan Darah

Daun Afrika mengandung kalium. Adanya kandungan mineral kalium menurut sejumlah penelitian menghasilkan manfaat daun Afrika untuk mengurangi tekanan darah diastolik dan sistolik, masing-masing sebesar 2,5 mmHg dan 4,4 mmHg.


11. Mengobati Asam Urat

Apakah Anda menderita asam urat? Jika ya, maka satu cara untuk mengatasi asam urat yang dialami adalah dengan mengambil daun Afrika dan manfaatnya ternyata, juga bisa merangsang pembuangan asam urat berlebih melalui urin.


12. Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang harus selalu dijaga agar berfungsi dengan baik. Daun Afrika adalah solusi jitu untuk mencegah penyakit ginjal.

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan ginjal dihasilkan oleh kandungan vitamin, asam lemak, dan asam fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan.


13. Mencegah Kanker

Mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker adalah manfaat lain yang tak terduga dari daun Afrika.

Kehadiran zat anti-kanker dalam daun Afrika adalah alasan mengapa daun ini diperlukan untuk Anda konsumsi untuk menghindari risiko kanker di masa depan.

Daun Afrika dan manfaatnya diungkapkan oleh jurnal dari Experimental Biology and Medicine.

Jurnal tersebut menyatakan bahwa daun Afrika efektif dalam mencegah kanker payudara berkat peran antioksidan yang bekerja untuk menangkal kerusakan sel DNA karena aktivitas oksidatif yang dipicu oleh radikal bebas.


15. Merawat kesehatan dan kecantikan kulit

Khusus untuk Anda wanita, kesehatan dan kecantikan kulit adalah poin utama yang perlu diperhatikan untuk mendukung penampilan.

Dari sekian banyak cara untuk memelihara dan merawat kecantikan kulit, menggunakan daun Afrika adalah salah satunya.

Manfaat daun Afrika untuk kecantikan kulit berasal dari kandungan androfolite dan andrographin, keduanya efektif dalam mencegah penuaan dini, dan mencegah infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit.

Selain itu, manfaat daun Afrika untuk kecantikan kulit adalah mengatasi berbagai masalah kulit lainnya.

Perlu juga di ingat, mengingat daun Afrika adalah tanaman herbal, jadi menggunakan tanaman ini dapat memiliki efek samping pada daun Afrika.

Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping setelah mengonsumsi daun Afrika.


Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel