Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Rambut kering dan mengembang hampir setiap orang pernah mengalami hal ini. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi rambut yang kering dan mengembang.


Dengan menerapkan perawatan yang tepat, rambut bisa lebih mudah diatur dan terlihat lebih sehat. Untuk menghadapi rambut kering dan memgembang, Anda harus menemukan sampo dan kondisioner yang tepat.

Selain itu, Anda dapat menggunakan bahan perawatan rambut alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, untuk membuat rambut lebih lembab dan mudah diatur.

Penyebab Rambut Kering dan Berbulu

Rambut kering terjadi ketika kulit kepala tidak dapat menghasilkan minyak yang cukup untuk melembabkan rambut, atau rambut kehilangan kelembabannya karena kerusakan pada kutikula (lapisan pelindung rambut).

Selain itu, hal-hal berikut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang:


  • Cuci rambut Anda terlalu sering atau gunakan sampo dengan bahan-bahan
  • Kebiasaan mengeringkan rambut dengan hairdryer.
  • Styling sering menggunakan pelurus rambut atau pengeriting rambut.
  • Meninggalkan rambut yang terkena sinar matahari, angin, dan udara kering tanpa perlindungan yang memadai. 
  • Sering-seringlah merawat rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti pewarnaan, pengeritingan, atau pelurusan rambut secara permanen.


Berikut ini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang;

1. Hindari mencuci rambut terlalu sering Bagi Anda yang memiliki rambut kering dan mengembang, hindari mencuci rambut setiap hari karena kebiasaan ini justru dapat membuat rambut kering dan rusak. Anda harus mencuci rambut 1-2 kali seminggu, atau mencucinya ketika rambut terasa kotor.

2. Pilih sampo jenis yang tepat dengan rambut anda Saat keramas, gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Anda disarankan untuk menggunakan sampo ringan yang khusus dibuat untuk merawat rambut kering dan mengembang.

Hindari menggunakan sampo berbahan dasar sulfat, dan pilihlah sampo yang hanya mengandung sedikit deterjen.

Selain itu, hindari juga produk sampo yang mengandung alkohol, karena dapat membuat rambut lebih kering.


3. Gunakan kondisioner setelah keramas. Gunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo. Kondisioner dapat menjaga rambut ikal tetap sehat dan mempertahankan tingkat minyak alami di rambut Anda.

Selain itu, kondisioner juga bisa membuat rambut menjadi lembab dan sehat.


4. Oleskan minyak alami Selain menggunakan kondisioner, Anda juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut kering dan mengembang.

Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami yang dapat menjaga kelembaban rambut, dan melembutkan serta menguatkan rambut sampai ke akarnya.

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi rambut kering dan mengembang.

Minyak kelapa dipercaya dapat melembabkan rambut sekaligus melindungi rambut dari kerusakan.


5. Berikan perlindungan yang cukup untuk rambut Lindungi rambut Anda dari panas dan paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

Jika cuaca panas, kenakan topi saat Anda berada di luar ruangan. Anda juga bisa menggunakan tutup kepala saat mandi atau berenang di kolam renang atau laut, untuk melindungi rambut Anda dari klorin dan air garam.


6. Batasi penggunaan alat penata rambut Untuk mengatasi dan mencegah rambut kering dan mengembang.

Anda disarankan untuk membatasi penggunaan alat penata rambut, seperti pengering rambut, pengeriting, dan pengeriting yang memberikan panas pada rambut.

Penggunaan alat penata rambut yang terlalu sering dapat merusak rambut Anda, lho.


7. Konsumsi makanan sehat Tidak hanya melakukan perawatan dari luar, Anda juga harus merawat rambut dari dalam, dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti salmon.

Konsumsi salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, Anda bisa makan bayam untuk mengatasi rambut rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.


Silahkan anda coba berbagai cara di atas untuk mengatasi rambut yang kering dan mengembang. Namun, jika masalah rambut kering tidak kunjung hilang, berkonsultasilah dengan dokter Anda agar penyebabnya dapat diidentifikasi dan perawatan diberikan sesuai dengan kondisi rambut Anda.


Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang
Satria Sebelumnya perkenalkan nama saya Satria. Saat ini saya menginjak usia 30th dan masih bekerja di perusahaan swasta. Saya anak ke 4 dari 5 bersaudara, dari dulu saya suka yang namanya mencoba hal baru. Dengan mencoba hal-hal yang baru maka kita akan penuh dengan pengalaman yang sangat berharga.

0 Response to "Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel